Tips Mendapatkan Rumah Impian Pertama Dengan Sukses

Tips Mendapatkan Rumah Impian

Keinginan mempunyai rumah impian kini bisa anda realisasikan segera, mau tahu bagaimana tips mendapatkan rumah impian?

KPR merupakan salah satu produk jasa yang ditawarkan oleh bank atau lembaga lainnya yang berfungsi dalam membantu masyarakat yang hendak mewujudkan keinginannya memiliki rumah impian meskipun dengan biaya yang masih minim.

Bagi masyarakat yang mengikuti program KPR ini, maka mereka harus berupaya agar cicilan KPR lancar.

Dalam menggunakan program KPR ini, tidak sedikit masyarakat yang nampaknya belum membuat perencanaan dan perhitungan yang baik, sehingga cicilan KPR yang telah disepakati dengan pihak penyedia layanan tidak berjalan dengan lancar.

Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan kerugian bagi nasabah sendiri. Sebab, bisa jadi aset yang dijadikan sebagai jaminan dalam mengajukan KPR dapat ditarik oleh pihak bank.

Selain mendapatkan kerugian dari hilangnya aset yang dijadikan sebagai jaminan, maka rumah impian yang hendak dibeli dengan KPR tidak akan terwujud.

Tidak perlu takut anda bisa simak tips mendapatkan rumah impian dengan KPR dibawah ini.

Pengertian Kredit Pemilikan Rumah atau KPR

cara menabung untuk membeli rumah idaman

Kredit pemilikan rumah atau yang biasa disingkat menjadi KPR merupakan salah satu produk jasa yang ditawarkan oleh pihak bank atau lembaga tertentu yang berfungsi dalam membantu masyarakat membeli suatu rumah.

Dalam hal ini, pihak bank atau lembaga penyedia KPR akan membelikan rumah yang diinginkan nasabah.

Baru kemudian nasabah akan mengganti biaya pembelian rumah kepada pihak bank atau lembaga terkait dengan cara kredit atau cicilan, sesuai dengan kesepakatan antara pihak bank sebagai penyedia layanan KPR dan nasabah yang menggunakan layanan KPR tersebut.

Untuk mengikuti layanan yang ditawarkan oleh pihak bank ini, calon nasabah harus melengkapi dan menyetujui berbagai persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh bank.

Setelah mendapatkan persetujuan, baru kemudian kedua belah pihak mengadakan negosiasi terkait dengan uang muka, besarnya cicilan tiap bulan, jangka waktu kredit, dan sebagainya.

Pada tahap ini, jika ingin KPR lancar, ketahui dan pahami berbagai hal terkait dengan pengajuan KPR kepada pihak bank tersebut.

Tips Mendapatkan Rumah Impian

cara cepat punya rumah dan mobil

Rumah adalah bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal, tempat berkumpul, termpat berlindung, serta tempat membangun keluarga.

Setiap orang yang telah mapan tentu saja memiliki keinginan untuk segera mendirikan atau membeli rumah untuk keluarganya kelak.

Salah satu program jasa yang ditawarkan oleh pihak bank dapat membantu masyarakat dalam mewujudkan keinginannya memiliki rumah tersebut.

Para developer saat ini pun telah melakukan inovasi, yakni dengan melakukan kerjasama dengan pihak bank agar bisa mempermudah calon pembeli rumah dari developer yang ingin mengajukan program KPR kepada pihak bank.

Dengan ini, maka developer dan masyarakat akan mendapatkan keuntungan masing-masing.

Kredit pemilikan rumah atau KPR lancar adalah keinginan tiap orang yang menggunakan jasa KPR dari pihak bank.

Dengan KPR lancar, maka keinginan mendapatkan rumah impian juga akan semakin cepat terwujud.

KPR yang lancar, artinya cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya dapat dibayarkan sesuai dengan waktu dan nominal yang telah disepakati dalam penandatanganan perjanjian pengajuan KPR.

Beberapa tips mendapatkan rumah impian melalui KPR agar bisa berjalan dengan lancar antara lain sebagai berikut:

Menyesuaikan KPR dengan Keuangan

Dalam mengajukan KPR kepada pihak bank, akan lebih baik apabila telah dilakukan penghitungan yang cermat terkait dengan kondisi keuangan. Besarnya pendapatan harus disesuaikan dengan besarnya cicilan tiap bulannya.

Cicilan atau KPR tiap bulannya dapat diperkecil dengan memperbesar uang muka, atau juga bisa dengan memperpanjang jangka waktu cicilan.

Penghitungan ini dapat dikonsultasikan dengan bantuan pihak bank. Perhitungkan pemasukan rata-rata, bukan pemasukan tertinggi, sehingga cicilan tiap bulan akan disesuaikan dengan rata-rata pemasukan tersebut.

Umumnya bank akan mengizinkan cicilan dari nasabah sekitara 30 sampai dengan 50 persen dari penghasilan tersebut. Hal ini bertujuan agar KPR lancar, tidak macet atau bahkan berhenti.

Melengkapi Persyaratan Sesuai dengan Profesi

Dalam mengajukan KPR, calon nasabah akan dimintai sejumlah persyaratan umum. Pihak bank akan meminta data diri, data keluarga, data yang berkaitan dengan pekerjaan, NPWP, dan lain sebagainya.

Bagi karyawan, maka harus menyertakan surat keterangan jabatan kepada pihak bank. Apabila calon nasabah adalah pekerja lepas, maka bank akan meminta kontrak-kontrak kerja dengan klien yang mempekerjakannya, bukti pembayaran setoran pajak, serta mutasi rekening 6 bulan sampai dengan 1 tahun terakhir.

Memilih Properti yang Tepat

cara cepat punya rumah idaman

Pengajuan KPR akan diperlancar dan diterima oleh pihak bank apabila syarat pengajuan dan calon nasabahnya memiliki kejelasan dan bisa meyakinkan pihak bank.

Salah satu hal yang mempengaruhi diterima atau ditolaknya KPR adalah kualitas properti atau rumah yang ingin dibeli.

Pihak bank akan menghindari properti yang masih belum jelas status kepemilikannya, sertifikat tanahnya dan beberapa status hukum lain yang belum pasti.

Oleh karena itu, agar pengajuan KPR bisa diterima dan pengajuan KPR lancar, maka harus dipastikan terlebih dahulu bahwa properti yang akan dibeli memiliki kualitas yang baik, serta memiliki kelengkapan surat yang jelas.

Tips mendapatkan rumah impian dengan KPR, jangan lupa untuk memastikan beberapa kelengkapan surat suatu properti di antaranya adalah sertifikat hak milik atau SHM, sertifikat hak guna bangunan atau SHBG, memiliki izin mendirikan bangunan atau IMB, serta telah memenuhi kewajiban membayar pajak bumi dan bangunan atau PBB.

Kalau anda pasangan yang baru saja menikah namun belum ada persiapan akan tinggal dimana, karena bingung harus pilih rumah atau apartemen. Ini dapat menjadi referensi tambahan untuk kalian, silahkan baca lengkapnya disini.

Memilih Produk Jasa KPR yang Terbaik

Saat ini telah banyak bank dan lembaga lain yang menyediakan jasa KPR bagi para nasabahnya.

Produk jasa KPR yang ditawarkan oleh bank satu dengan yang lainnya tentu saja berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi konsumen untuk mencari dan memilih produk jasa KPR yang ditawarkan oleh beberapa bank.

Tanyakan berbagai persyaratan dan ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan pengajuan KPR di bank tersebut.

Dengan mengetahui produk jasa KPR yang berbeda-beda dari beberapa bank, calon nasabah dapat menentukan mana bank yang lebih mudah dan menguntungkan untuk membantu mewujudkan rumah impian.

Calon nasabah juga harus bisa memilih bank yang memiliki kredibilitas tinggi.

Memilih Bank yang Bekerjasama dengan Developer yang Bersangkutan

cara punya rumah dengan gaji kecil

Salah satu cara agar KPR lancar adalah dengan memilih bank yang telah bekerjasama dengan pengembang atau developer dari properti yang akan dibeli.

Hal ini tentu saja dapat mempermudah administrasi serta kelancaran dalam proses pengajuan KPR kepada bank.

Selain itu, dari pihak developer tentunya telah menentukan bank yang paling tepat untuk bisa bekerjasama, sehingga kredibilitasnya tidak diragukan lagi.

Dengan memilih bank yang bekerjasama dengan developer, umumnya developer juga akan membantu proses kelancaran pengajuan KPR calon pembeli propertinya.

KPR merupakan salah satu cara dalam mewujudkan rumah impian meskipun masih dengan dana yang terbatas.

Inti dari tips mendapatkan rumah impian adalah dengan merencanakan pengajuan kredit pemilikan rumah tersebut dengan matang-matang.

Perencanaan pengajuan KPR harus disesuaikan dengan kemampuan finansial atau kondisi keuangan. Selain itu, juga harus bisa memilih bank dan produk jasa KPR-nya yang paling baik dan kredibel.

Ingat jangan selalu tergiur dengan harga rumah murah, kalaupun memang terdesak selalu perhatikan kelengkapan surat-surat tersebut. Apabila anda bingung bagaimana cara balik nama sertifikat, bisa silahkan cari tahu detailnya seperti apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.