Pilih Rumah Atau Apartemen? Daripada Bingung Simak 6 Kelebihannya

pilih rumah atau apartemen

Baru saja menikah atau masih dalam proses persiapan? bingung mau tinggal di mana setelah menikah nanti?

Masih dilanda kegalauan pilih rumah atau apartemen? jaman sekarang tidak perlu lagi pusing karena adanya Kredit Pemilkan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh bank di tengah tingginya harga properti yang ada di kota-kota besar saat ini.

Properti yang makin lama makin melambung harganya menyulitkan masyarakat untuk memiliki rumah atau tempat tinggal.

Namun, dengan hadirnya produk jasa yang telah banyak ditawarkan oleh bank ini, kini masyarakat lebih mudah dalam mewujudkan rumah impiannya.

Properti saat ini memang tengah dijadikan sebagai salah satu upaya untuk berinvestasi dan memeroleh hasil yang besar dari aset yang dimiliki.

Investasi di bidang properti dianggap sebagai investasi jangka panjang yang mampu memberikan keuntungan yang sangat besar bagi investor.

Oleh karena itu, para investor kini tengah berlomba dalam mengembangkan investasi properti, khususnya di daerah perkotaan.

Pengertian KPR dan KPA

investasi rumah atau apartemen

Di era yang telah berkembang pesat ini, bank juga berlomba-lomba dalam menawarkan berbagai produk jasa yang ditujukan untuk membantu masyarakat dalam bidang perekonomian.

Salah satu produk jasa yang ditawarkan adalah KPR dan KPA.

KPR atau kredit pemilikan rumah adalah salah satu produk jasa dari bank yang berupa kredit untuk membeli rumah dengan jaminan berupa rumah yang akan dibeli dengan skema pembiayaan sampai dengan 90 persen harga rumah tersebut.

Adapun untuk KPA atau kredit pemilikan apartemen merupakan salah satu produk jasa dari bank berupa fasilitas kredit untuk membeli apartemen, yang pembayarannya dilakukan secara berkala dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati antara pihak bank dengan nasabah.

Kedua produk jasa perkreditan yang ditawarkan oleh bank, yakni KPR dan KPA ini intinya adalah fasilitas perkreditan properti bagi masyarakat. Nasabah tinggal pilih rumah atau apartemen.

Dengan adanya kedua produk jasa ini, masyarakat yang belum memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah atau apartemen secara tunai, bisa segera mewujudkan impian tersebut.

Mekanisme KPR dan KPA sendiri adalah setelah pihak bank menerima dan menyetujui pengajuan KPR dan KPA dari nasabah, maka bank akan membeli rumah atau apartemen tersebut.

Kemudian, nasabah akan membeli rumah atau apartemen tersebut kepada pihak bank dengan cara kredit.

Sebelumnya, pihak bank dan nasabah akan melakukan negosiasi dan persetujuan untuk menentukan besarnya uang muka, cicilan tiap bulan, serta biaya administrasi lainnya.

Kelebihan Menggunakan KPR dan KPA

perbedaan apartemen dan rumah

KPR dan KPA adalah produk jasa yang ditawarkan oleh bank kepada masyarakat yang sedang sulit menentukan harus pilih rumah atau apartemen.

Biaya Awal yang Relatif Kecil

Memiliki rumah pribadi untuk tempat tinggal dan membangun keluarga bahagia adalah impian setiap orang.

Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, rumah atau properti lainnya terus mengalami peningkatan harga.

Hal ini tentu saja dapat menghambat keinginan seseorang untuk mewujudkan rumah impiannya. Tidak banyak orang yang memiliki dana yang melimpah dan mampu untuk membeli rumah secara tunai.

Selain itu, akan sangat rumit apabila pembelian rumah baru dilakukan setelah terkumpul dana dari tabungan hasil menyisihkan pendapatan tiap bulannya.

Sebab, dengan menabung saja, maka waktu akan terus berjalan sampai dengan uang terkumpul untuk bisa membeli rumah.

Baca Juga : Cara KPR Rumah Second Lengkap Dengan Tahapannya

Seiring berjalannya waktu, maka tentu saja properti juga mengalami kenaikan harga.

Dengan adanya fasilitas perkreditan yang ditawarkan oleh pihak bank ini, maka masyarakat yang baru memiliki dana minim akan bisa mewujudkan rumah impiannya.

Biaya awal atau uang muka yang ditentukan oleh bank dalam memberikan fasilitas KPR dan KPA juga tidak terlalu berat.

Masyarakat yang ingin mengajukan KPR dan KPA cukup dengan memenuhi persyaratan serta membayar uang muka yang besarnya dapat dinegosiasikan dengan pihak bank sesuai dengan kemampuan finansial.

Pilih Rumah atau Apartemen Siap Huni?

Keinginan untuk memiliki rumah impian juga dapat segera dirasakan. Sebab, dengan produk jasa KPR dan KPA ini, meskipun kredit atau cicilan belum selesai, rumah atau apartemen langsung bisa dihuni setelah membayarkan uang muka, memenuhi persyaratan, serta menghasilkan persetujuan bersama.

Maka, dengan dana yang masih minim pun, dengan adanya KPR dan KPA ini, rumah atau apartemen bisa segera dihuni.

Selain itu, umumnya rumah atau apartemen yang ditawarkan oleh pengembang atau investor telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, sehingga dalam menghuni rumah atau apartemen tersebut, tidak perlu mengisi berbagai kebutuhan pokok sebelum dihuni.

Berpeluang Menjadi Investasi Jangka Panjang

keuntungan dan kerugian tinggal di apartemen

Nah kalau nasabah sudah menentukan antara pilih rumah atau apartemen, perlu diketahui juga kalau keduanya bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Selain dengan biaya awal yang murah serta siap dihuni.

Properti merupakan salah satu bentuk aset kekayaan yang seiring berjalannya waktu juga akan mengalami kenaikan harga.

Properti juga banyak dipilih oleh para developer dan investor karena termasuk aset yang tahan dengan inflasi.

Maka, dengan membeli properti menggunakan KPR dan KPA bisa menjadi peluang investasi jangka panjang.

Rumah atau apartemen yang dibeli, meskipun dengan KPR atau KPA ini, dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan pastinya akan mengalami kenaikan harga yang besar, sehingga bisa mengembalikan modal awal dan bahkan memberikan keuntungan yang lebih.

Sebagai Investasi Jangka Pendek atau Menengah

Membeli rumah atau apartemen dengan KPR dan KPA juga dapat menjadi peluang untuk mengembangkan investasi jangka pendek dan menengah.

Rumah atau apartemen yang telah dibeli bisa dikembangkan dengan cara disewakan, entah itu untuk satu atau beberapa kamar, maupun seluruh rumah yang disewakan.

Dengan menyewakan rumah atau apartemen ini, maka akan memberikan penghasilan pasif bagi pemiliknya. Pendapatan pasif ini bisa diperoleh dalam jangka waktu yang pendek atau menengah, tergantung pada masa persewaan.

Jika anda butuh dana besar bisa dimanfaatkan sertifikat rumahnya untuk digadaikan.

Terjaminnya Legalitas Rumah dan Apartemen

apartemen itu sewa atau beli

Pembelian rumah atau apartemen dengan memanfaatkan fasilitas KPR dan KPA akan menjamin legalitas properti itu sendiri.

Sebab, pihak bank hanya akan memproses dan menerima pengajuan dari calon nasabah, jika properti yang diajukan tersebut telah dilengkapi dengan surat-surat atau sertifikat legalitas.

Hal ini menjadikan rumah atau apartemen yang diwujudkan melalui KPR dan KPA telah terjamin legalitasnya.

Terjamin Terlindungi dari Berbagai Musibah

Salah satu keuntungan lain dari pembelian rumah atau apartemen menggunakan KPR dan KPA adalah adanya jaminan perlindungan apabila terjadi musibah atau kecelakaan yang tentu saja tidak diinginkan oleh setiap orang.

Jaminan perlindungan ini adalah adanya asuransi properti untuk rumah atau apartemen yang akan dibeli dengan KPR dan KPA.

Dengan asuransi ini, maka apabila terjadi musibah atau kecelakaan yang merusak properti, maka akan ditanggung oleh pihak bank atau penyedia asuransi tersebut.

Memang untuk mendapatkan asuransi properti ini, nasabah diharuskan membayar sejumlah biaya terlebih dahulu.

Namun demikian, mengingat berbagai resiko yang tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi sewaktu-waktu, biaya asuransi ini tidak sebanding dengan manfaat dari jaminan perlindungan asuransi tersebut.

Bagaimana, jadi pilih rumah atau apartemen?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.