Ini Dia Keuntungan Memilih Investasi P2P Lending

investasi p2p lending

Anda mungkin pernah mendengar Investasi P2P lending atau peer to peer lending. Sebenarnya ini merupakan salah satu cabang industri finansial teknologi atau yang disingkat dengan fintech yang saat ini mulai tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia.

Sebenarnya apa pengertian dari P2P lending itu? P2P lending sering juga disebut dengan debt crowdfunding, alternative lending atau marketplaces lending.

Untuk lebih mudah nya peer to peer lending ini diibaratkan sebagai perusahaan yang memiliki peran sebagai biro jodoh.

Namun bukan calon pasangan yang dipertemukan, melainkan pemberi pinjaman dengan mencari pinjaman.

Bila anda merupakan seorang pebisnis atau pemilik perusahaan, maka anda dapat meminjam sejumlah uang dari pemberi pinjaman dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Ketika jatuh tempo, anda harus mengembalikan pinjaman berikut bunganya. Semua proses pengajuan pinjaman akan lebih singkat daripada mengajukan permohonan ke bank.

Keuntungannya, anda bisa mendapatkan yang lebih baik pada waktu yang lebih singkat.

Keuntungan Memilih Investasi P2P Lending

p2p lending indonesia

Salah satu alasan memilih produk investasi ini adalah karena peluang keuntungannya yang dirasa besar.

Investasi mempunyai keunggulan baik untuk peminjam atau investornya yang sekarang terus menerus berkembang dengan semakin pesat.

Untuk para pebisnis muda peer-to-peer lending ini cocok sekali dijadikan sebagai alternatif investasi.

Para kaum milenial akan memperoleh keuntungan dengan jumlah yang cukup besar saat dia ikut menanamkan modal lewat P2P lending.

Setiap investasi pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Seperti yang akan kita bahas di bawah ini, yaitu mengenai kelebihan dari peer to peer lending yang dapat dijadikan sebagai investasi andalan untuk para pebisnis muda adapun berbagai macam kelebihannya diantaranya adalah:

Minim resiko

Biasanya investasi yang berani memberikan persentase keuntungan besar akan mempunyai resiko yang tinggi.

Hal inilah yang sering menjadi bahan pertimbangan untuk para investor sebelum mereka memutuskan menanamkan modal.

Salah satu resiko yang nantinya akan dihadapi yaitu kemungkinan pihak peminjam uang atau borrower tidak mengembalikan uangnya.

Sementara itu pada investasi peer to peer lending keuntungan yang diberikan cukup besar jika dibandingkan dengan investasi lainnya.

Akan tetapi peer-to-peer lending ini mempunyai cara khusus yang dapat digunakan untuk meminimalisasi berbagai macam resiko yang nantinya akan terjadi.

Salah satunya yaitu lewat kriteria yang sangat ketat bagi calon peminjam.

Inilah yang menjadi alasan mengapa investasi P2P lending bisa dikategorikan menjadi investasi yang sangat minim resiko dengan keuntungan yang cukup besar.

Pengembalian lebih tinggi

p2p lending indonesia terbaik

Saat anda melakukan investasi lewat P2P lending maka rata-rata tingkat suku bunga yang ditawarkan cukup tinggi hingga sebesar 18% setiap tahunnya.

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa investasi P2P ini lebih baik jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Karena suku bunganya yang termasuk tinggi. Tentu saja besaran ini lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat pengembalian yang ada pada investasi lain yang hanya memberikan suku bunga 6 sampai 8% saja.

Dengan menawarkan pinjaman kepada peminjam lewat platform P2P lending, anda akan mendapatkan hasil yang terbilang cukup tinggi secara signifikan.

Coba bandingkan dengan Deposito berjangka ataupun Reksadana. Tentu pengembaliannya dapat sebanyak dua kali lipat atau bisa saja lebih.

Lebih fleksibel dalam kepemilikan

perusahaan p2p lending di indonesia

Dengan menggunakan investasi peer to peer lending, maka ada kebebasan untuk menentukan tenor yang ingin diberikan ketika memberikan pinjaman.

Dengan demikian, pemberian kebebasan ini akan membuat seseorang bisa memperkirakan berapa besar keuntungan yang ingin didapatkan dengan waktu tertentu.

Dalam hal ini ada berbagai macam tenor yang dapat dipilih dari mulai 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun dan sebagainya.

Investasi P2P lending tidak ada komitmen jangka panjang. Anda bisa memberikan pinjaman selama beberapa bulan atau beberapa tahun.

Selain itu anda juga bisa menarik uang yang sudah diinvestasikan kapanpun anda memerlukannya.

Diversifikasi yang mudah dan teratur

Untuk meminimalisir resiko di dalam berinvestasi ada berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan mendiversifikasi penanaman modal anda.

Hal tersebut dapat anda lakukan bila salah satu investasi mengalami masalah, sehingga investasi lain dapat diandalkan agar tetap bisa mendapat keuntungan.

Dalam investasi peer to peer lending mempunyai keunggulan yang diberikan tersebut, sehingga semakin membuat investor lebih merasa nyaman.

Investor dapat memilih sendiri manakah pihak yang akan menerima pinjaman dana miliknya. Ada salah satu cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara meminjamkan kepada penerima dana lebih dari satu orang.

Karakteristik dan berbagai informasi calon penerima pinjaman pastinya akan diketahui dari pihak investor.

Kebebasan di dalam memilih pihak yang akan diberi pinjaman dana menjadikan risiko mendapatkan kecurangan akan semakin kecil.

Mendapatkan pengembalian rutin setiap bulan

investasi p2p terbaik

Tidak seperti pada investasi keuangan yang lainnya di mana bunga dibayarkan pada setiap tiga bulan, setengah tahun ataupun tahunan.

Saat anda melakukan investasi pada P2P lending, maka anda bisa menarik bunga setiap bulan untuk pinjaman anda.

Pinjaman yang diberikan akan dilunasi setiap bulan termasuk bunganya. Sehingga keuntungan bunga yang anda peroleh bisa secara teratur dan masuk ke rekening anda setiap bulannya.

Saat ini anda tak perlu menunggu lagi pembayaran bunga kuartalan dari deposito tetap ataupun cek deviden dari investasi ekuitas yang anda lakukan.

Sekarang, secara teratur keuntungan bunga bisa anda peroleh setiap bulan. Dengan kata lain, anda sudah menciptakan penghasilan pasif

Tentu saja dengan periode pengembalian yang lebih pendek menjadikan rasa puas pada investor lebih mudah dicapai.

Investor bisa membandingkan dengan investasi lain yang keuntungannya terkadang baru diberikan tiap 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan 1 tahun yang akan datang.

Setelah mengetahui berbagai macam keuntungan saat anda menggunakan investasi P2P lending, maka anda juga harus mengetahui berbagai macam strategi untuk meminimalisasi kemungkinan risiko yang bisa saja terjadi.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan restrukturisasi dan juga penjadwalan ulang untuk risiko gagal bayar.

Selain itu, jika anda ingin menginvestasikan dana lewat P2P lending, usahakan memilih penyedia layanan yang sudah kredibel.

Pastikan bahwa perusahaan penyedia layanan P2P lending sudah terdaftar di OJK. Anda juga harus melakukan analisis rekam jejak pembayaran bagi resiko keterlambatan.

Ini dilakukan ketika investor menentukan pihak penerima dana. Sebaiknya cermati lebih dahulu rekam jejak pembayarannya supaya tidak terjadi keterlambatan terlebih terjadi kredit macet.

P2P lending hadir karena masih besarnya jurang kebutuhan pendanaan yang ada di Indonesia.

Disamping masih rendahnya tingkat inklusi keuangan di Indonesia, juga karena banyaknya masyarakat Indonesia yang masih underserved dan unbankable.

Sehingga P2P lending hadir sebagai salah satu platform investasi yang menyediakan informasi lengkap tentang pinjaman, credit scoring, tingkat bunga, calon peminjam dan lain sebagainya.

Selanjutnya pemilik dana yang merasa nyaman dengan calon peminjam tinggal melakukan transfer P2P lending platform sesuai nominal.

Bila kebutuhan calon peminjam sudah terpenuhi, maka pendanaan dianggap selesai.

Dengan mengetahui semua keuntungan dari investasi P2P Lending, maka sekarang saatnya anda mulai berinvestasi dengan proses mudah, dan bersiaplah mendapat keuntungan besar yang menghampiri anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.