5 Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan

investasi jangka panjang

Investasi jangka panjang tentu saja menjadi salah satu cara yang dipilih oleh seseorang yang telah ahli dalam mengelola keuangan untuk menyimpan sekaligus mengembangkan uang atau harta yang dimilikinya.

Orang yang ahli dalam mengelola keuangan tentu saja memiliki pikiran yang futuristik atau melihat kepada masa depan.

Hal ini menjadikan cara mereka dalam menyimpan harta kekayaan mereka adalah tidak hanya dengan menabungnya saja, melainkan dengan cara menyimpan serta mengembangkannya.

Salah satu cara menyimpan sekaligus mengembangkan uang atau harta adalah dengan berinvestasi.

Pengertian dari Investasi Jangka Panjang

contoh investasi jangka panjang adalah

Investasi sendiri merupakan salah satu cara dalam mengelola keuangan, di mana uang atau harta akan “ditanam” untuk menjalankan suatu bisnis, sehingga selain berungsi dalam menyimpan uang atau harta, cara ini juga akan mengembangkan uang atau harta yang ada.

Namun demikian, tentu saja investasi harus dikelola dengan benar, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal.

Adapun investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan untuk memperoleh keuntungan yang dapat diperoleh atau dicairkan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Umumnya, investasi jangka panjang dapat memberikan hasil setelah 5 tahun ke atas.

Selain investasi jangka panjang, investasi juga dapat dilakukan dengan jangka pendek dan jangka menengah.

Investasi jangka pendek berarti hasil dari investasi dapat diperoleh dalam jangka waktu yang relatif pendek, yaitu sekitar satu tahun.

Sedangkan untuk investasi jangka menengah hasilnya dapat diperoleh setelah jangka waktu yang cukup lama berkisar antara 1 – 5 tahun.

Tujuan dari Investasi Jangka Panjang

materi investasi jangka panjang

Tujuan dari investasi jangka panjang adalah menjaga uang atau harta yang ada serta mengembagkannya, sehingga memperoleh keuntungan yang bisa dicairkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Umumnya, investasi jangka panjang dipilih untuk mendapatkan keuntungan yang bisa digunakan untuk kebutuhan di masa depan.

Investasi jangka panjang biasanya dijadikan sebagai simpanan untuk memenuhi kebutuhan di masa tua atau masa pensiun.

Dengan adanya investasi jangka panjang ini, seseorang tidak akan khawatir dengan masa tua atau masa pensiunnya.

Adapun untuk investasi jangka pendek dan menengah ditujukan untuk bisa memperoleh keuntungan yang bisa dicairkan dalam jangka waktu yang pendek atau menengah.

Biasanya investasi jangka pendek dan menengah ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, seperti biaya pendidikan, pengobatan, membeli kendaraan, atau merenovasi rumah.

5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan

pengertian investasi jangka panjang

Investasi jangka panjang dapat dilakukan dengan berbagai cara, sesuai dengan minat dan kemampuan seseorang.

Beberapa jenis investasi jangka panjang yang banyak dipilih dan memberikan hasil yang menjanjikan oleh beberapa orang yang mengelola keuangannya untuk masa depan di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Investasi Jangka Panjang dengan Emas

Dengan mewujudkan emas menggunakan simpanan harta atau uang, seseorang dapat melakukan investasi jangka panjang. Sebab, emas merupakan salah satu bentuk investasi yang relatif stabil dan menguntungkan untuk dilakukan dalam jangka waktu yang panjang sekalipun. Emas merupakan logam mulia yang berharga dan dapat diterima di semua kalangan masyarakat dan berbagai belahan dunia.

Emas yang merupakan logam yang mudah dibentuk, sering digunakan sebagai perhiasan. Dengan menginvestasikan uang atau harta yang dimiliki ke dalam bentuk emas, uang atau harta dapat disimpan dengan aman dan mampu memberikan keuntungan yang lebih besar. Dalam berbagai keadaan ekonomi yang tidak stabil, emas cenderung memilki nilai jual yang stabil. Selain itu, ketika investor membutuhkan dana segera, maka emas dapat dengan mudah dijual dengan harga yang tinggi karena peminatnya masih sangat banyak.

  1. Investasi Jangka Panjang dengan Properti

Jenis investasi jangka panjang lainnya adalah dengan properti. Investasi properti yang dapat dilakukan bisa berupa tanah atau bangunan. Properti ini merupakan produk yang selalu dibutuhkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan primernya. Investasi dengan properti sendiri dapat memberikan keuntungan yang begitu besar, yakni hampir 20 persen setiap tahunnya.

Untuk fokus pada instrumen properti ini memang memerlukan modal yang besar. Namun demikian, apabila melihat pada keuntungan tiap tahunnya, modal yang besar tersebut akan segera pulih dan memberikan keuntungan yang besar bagi investor. Terlebih lagi, apabila investasi jangka panjang dengan properti ini dilaksanakan dengan melihat berbagai peluang yang ada, maka keuntungan bisa menjadi lebih besar.

Misalnya, memilih lokasi yang strategis untuk mendirikan bangunan, maka peluang manfaatnya beserta harganya akan meningkat drastis. Contoh lagi, membeli tanah dan mendirikan bangunan di daerah yang akan dibangun New Yogyakarta International Airport atau NYIA. Pastinya setelah proyek tersebut terlaksana maka daerah tersebut akan menjadi daerah yang padat dan strategis untuk didirikan usaha properti. Selain itu, harga tanah dan bangunan yang dekat dengan proyek tersebut pasti akan naik pesat.

  1. Investasi Jangka Panjang dengan Saham

Investasi lain yang dapat dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan mampu menjanjikan keuntungan yang cukup besar adalah dengan saham. Sebuah perusahaan dapat menghimpun dana modal dari para investor dengan mengeluarkan saham. Dengan adanya saham ini, maka keuntungan dapat diperoleh sesuai dengan presentase saham dan kesepakatan dalam mendirikan perusahaan tersebut.

Investasi jangka panjang dengan saham ini telah banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin menyimpan serta mengembangkan uang atau hartanya. Umumnya, hasil pembagian keuntungan akan dibagikan tiap tahunnya atau sesuai dengan kesepakatan yang ada.

  1. Investasi Jangka Panjang dengan Reksa Dana

Salah satu instrumen selanjutnya adalah dengan reksa dana. Uang atau harta akan tersimpan dan dikembangkan oleh manajer investasi yang telah berpengalaman, sehingga para investor yang belum berpengalaman dalam bisnis dapat tetap berinvestasi melalui reksa dana ini. Semakin banyak para investor dan semakin banyak dana yang ditawarkan akan meningkatkan posisi dalam prosesi tawar-menawar dengan perusahaan reksa dana.

  1. Obligasi

Obligasi merupakan salah satu langkah dalam investasi jangka panjang yang dilakukan dengan memberikan pinjaman kepada pihak yang telah menerbitkan obligasi. Obligasi kemudian harus dilunasi atau segera dibayarkan ketika telah jatuh tempo, sesuai dengan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, yakni penyedia obligasi dan investor yang bergabung dalam obligasi tersebut. Cara ini juga banyak dipilih oleh para investor untuk mengembangkan uang atau harta yang dimilikinya.

investasi jangka panjang dalam akuntansi

Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun demikian, berjalannya serta keberhasilannya adalah tergantung pada kecermatan dalam perencanaan, pelaksanaan, serta pengelolaan investasi yang dilakukan.

Alangkah baiknya apabila seorang investor belum memiliki pengalaman yang cukup baik dengan bisins investasi, memilih jenis investasi yang aman atau yang dikelola oleh manajer investasi.

Adapun apabila ingin merintis program investasi jangka panjang secara pribadi, maka harus benar-benar merencanakannya dengan matang, sehingga bisa memperoleh hasil yang optimal, bukannya mendapatkan kerugian.

Dapatkan seluruh informasi penting mengenai dunia keuangan hanya di situs belajarkeuangan.com dan silakan share artikel ini jika berguna bagi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.