Berhasil Sukses & Kaya dengan Bermain Trading Saham

trading saham

Trading saham merupakan salah satu upaya dalam mendapatkan keuntungan yang melimpah. Banyak orang yang telah terjun ke dunia saham dan berharap bisa memperoleh cuan yang besar.

Namun demikian, yang diperoleh justru sebaliknya, bukan keuntungan yang didapatkan, tapi malah kerugian yang diperoleh.

Kerugian yang dialami dalam bermain dikarenakan oleh kurangnya pengetahuan. Banyak orang yang ikut serta, namun hanya sekedar ikut-ikutan, sehingga mereka tidak memiliki rencana dan pengetahuan yang cukup untuk meraih profit.

Bidang ini dapat memberikan keuntungan yang sangat besar bagi pelakunya. Namun demikian, memang dibutuhkan pengelolaan yang tepat. Mulai dari strategi, perencanaan, sampai dengan pengelolaannya harus benar-benar dipersiapkan agar bisa memberikan hasil yang optimal.

Investasi Saham dengan Trading Saham

cara trading saham harian

Investasi dan trading. Tidak sedikit orang yang masih merasa kebingungan dengan dua istilah tersebut.

Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Investasi saham merupakan penanaman modal dalam bentuk saham yang hasilnya dapat diperoleh dalam jangka waktu yang cukup lama hingga tahunan.

Adapun untuk trading saham, keuntungan dapat diperoleh dalam jangka waktu yang singkat. Selain itu, dalam investasi saham, seorang investor akan menganalisa kerja perusahaan dari hasil laporan keuangan, serta melihat pada bisnis model perusahaan.

sang pelaku akan melihat pada riwayat pergerakan harga saham dalam pengambilan keputusan transaksi jual beli.

Dalam memilih antara investasi atau trading, tergantung pada pilihan masing-masing serta tujuan keuangan, kemampuan finansial dan kebutuhan si trader.

Strategi yang Digunakan

hidup dari trading saham

Untuk terjun dalam dunia ini, terdapat beberapa strategi yang bisa diterapkan. Masing-masing memiliki prinsip, tujuan, resiko, serta keuntungan yang berbeda-beda. Beberapa strateginya antara lain:

Trading Harian atau Day Trading

Trading harian merupakan satu jenis strategi trading yang menggunakan rentang waktu paling cepat. Transaksi dalam trading harian dilakukan tidak melebihi satu hari, bahkan hanya hitungan jam atau menit.

Namun demikian, jenis strategi trading ini cenderung lebih merepotkan. Sebab, strategi trading saham harian ini memakan waktu yang terlalu banyak karena si pemain harus terus memantau pergerakan pasar.

Selain itu, keuntungan dari trading harian ini juga sangat kecil, sehingga tidak sesuai dengan usaha yang dilakukan. Trading harian hanya memanfaatkan adanya pantulan-pantulan jangka pendek.

Swing Trading

Swing trading adalah jenis strategi trading yang memanfaatkan adanya kenaikan harga saham tertentu dalam jangka waktu beberapa hari.

Buka tutup transaksi dilakukan dalam rentang waktu beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Adapun besaran keuntungan berkisar antara 5 persen sampai dengan 15 persen.

Meskipun cenderung lebih besar dari trading harian, namun swing trading juga memanfaatkan pantulan harga.

Super Trader

Super trader yaitu sistem buka tutup transaksi dalam rentang waktu berkisar antra 2 pekan sampai dengan beberapa bulan.

Super trader berbeda dengan trading harian dan swing trader, sebab prinsip dari super trader adalah membeli saham yang memberikan konfirmasi atas kenaikan harga saham.

Strategi trading saham ini yang bisa memberikan keuntungan yang lebih besar bagi yang ingin berbisnis di sektor ini.

Dengan strategi jitu, super trader akan mendapatkan keuntungan antara 10 persen bahkan hingga ratusan persen.

Selain itu, strategi ini juga sangat cocok bagi seseorang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memantau pergerakan pasar saham.

Sukses dengan Bermain Trading Saham

cara trading saham yang benar

Dalam terjun ke dunia tersebut, akan sangat baik apabila terlebih dahulu mempelajari terkait dengan berbagai pengetahuan.

Hal ini akan bermanfaat ketika baru memulai, di mana seseorang akan lebih bisa mengelola sahamnya dengan baik dan memberikan keuntungan yang besar bagi dirinya.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa sukses dan memberikan keuntungan yang besar.

Perbanyak Pengalaman

Selain memiliki strategi dan rencana ketika terjun di trading saham, pelakunya juga harus memiliki pengalaman yang lebih dalam.

Sebagaimana ilmu-ilmu lainnya, selain mempelajari dan menyusun rencana agar seseorang bisa meningkatkan kemampuan adalah dengan banyak melakukan trading.

Baca juga: Tips Mengajukan Pinjaman Dana Mahasiswa dengan Mudah

Dengan banyak melakukan trading, maka seseorang akan memiliki banyak pengalaman dan bisa memahami pergerakan saham itu sendiri.

Anda akan belajar ketika mendapatkan kerugian maupun keuntungan, sehingga semakin lama akan semakin mahir dalam memainkannya. Dengan cara seperti ini, maka pelaku trading dapat menjalankan sahamnya dengan baik.

Keuntungan dalam Trading Saham adalah Rerata Total Trading

Dalam investasi saham, yang menjadi pola pikir seseorang adalah keuntungan besar akan didapatkan ketika membeli posisi pada suatu saham.

Namun demikian, berbeda halnya dengan trading, berbagai kemungkinan dapat terjadi. Prediksi hasil analisis terhadap suatu saham masih sangat mungkin bisa berbeda dari kenyataannya, dan justru berbanding terbalik.

Dalam trading saham, keuntungan yang didapatkan oleh pelaku adalah rerata dari total trading yang dilakukan.

Semua hasil dari masing-masing trading akan dijumlahkan, baik itu keuntungan maupun kerugian, kemudian dibagi sesuai dengan jumlah trading yang dilakukan.

Apabila masih positif, berarti pelaku mendapatkan keuntungan. Namun demikian apabila hasilnya negatif, berarti pelaku trading mendapatkan kerugian.

Oleh karena itu, salah satu kunci kesuksesan adalah disiplin dalam menjual saham ketika mendapatkan kenaikan yang telah mencapai target, serta ketika mengalami penurunan dan menderita rugi sebesar yang telah ditanggung.

Mengikuti Pelatihan

trading saham online modal kecil

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dalam dunia trading saham adalah dengan mengikuti pelatihan atau workshop yang ada di lingkungan sekitar.

Dalam bidang keuangan ini, pengetahuan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan saham akan sangat berperan dalam menentukan keberhasilan.

Oleh karena itu, sebelum memulai terjun, alangkah baiknya jika seorang pelaku belajar terlebih dahulu mengenai ilmunya.

belajar juga bisa dilakukan dengan berkonsultasi dan meminta arahan dari senior atau dari pelaku trading yang telah profesional.

Para trader yang telah lama bergulat dunia ini tentunya memiliki cara dan tips tersendiri untuk bisa meraih kesuksesan.

Trading saham merupakan salah satu bisnis yang dapat memberikan keuntungan yang besar. Namun demikian, dalam pelaksanaannya, seorang trader tidak bisa merintis kesuksesan apabila tidak memiliki pengetahuan yang lebih dalam bermain.

Mungkin Anda akan cepat tergiur apabila mendengar seorang pemula bisa memperoleh penghasilan hingga puluhan atau ratusan juta perbulan.

Padahal dibalik itu ada perjuangan keras menempa pengalaman yang berharga untuk membaca detail pergerakan saham.

Mempelajari analisa teknikal maupun fundamental secara sekaligus sangatlah diperlukan, banyak yang berpikir bahwa kemampuan teknikal paling diperlukan sehingga analisa fundamental justru diabaikan.

Jangan terlena dengan harga yang terus-terusan naik, apabila sudah sesuai dengan target kenaikan yang sudah Anda buat, segera jual.

Sifat serakah harus dikesampingkan jika tidak ingin menjadi bumerang bagi keberhasilan Anda mengeruk cuan.

Sebelum memulainya, sebaiknya menyusun rencana dan mempelajari terkait dengan trading saham terlebih dahulu.

Dan paling awal tentunya pilih perusahaan sekuritas yang telah terdaftar resmi.

Demikian informasi ini kami buat, silakan share apabila berguna bagi Anda dan lainnya.

Semoga Anda mampu menjadi trader profesional yang sukses dan kaya raya.

Ikuti selalu artikel-artikel menarik dari situs belajarkeuangan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.