Tips Membeli Mobil Baru Secara Kredit untuk Pemula (Penting)

Tips Membeli Mobil Baru Secara Kredit

Butuh tips membeli mobil baru secara kredit? Karena belum mampu untuk membeli tunai?. Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang dapat membantu berbagai kebutuhan.

Mobil banyak digunakan untuk kebutuhan perjalanan atau travelling, untuk membawa barang-barang tertentu sebagai jasa angkut, atau digunakan untuk kebutuhan operasional lainnya.

Saat ini banyak orang yang juga telah memiliki kendaraan mobil pribadi yang digunakan untuk perjalanan sehari-hari.

Oleh karena itu, banyak yang telah mengajukan kredit mobil untuk segera memiliki mobil pribadi untuk memenuhi kebutuhannya.

Terdapat banyak hal yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi seseorang untuk mengajukan kredit mobil.

Kendaraan mobil sendiri memilki harga yang bervariasi, mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta, bahkan miliaran rupiah.

Bagi seseorang yang memiliki kemampuan finansial yang menengah ke bawah, kredit mobil menjadi salah satu pilihan untuk bisa mendapatkan kendaraan mobil.

Sebab, apabila harus membeli mobil dengan tunai, maka tentu saja akan memberatkan.

Namun demikian, kredit mobil juga cukup memberikan tambahan beban keuangan tiap bulannya.

Apabila uang muka dalam kredit mobil kecil, maka kredit mobil yang harus dibayarkan tiap bulannya bisa  menjadi besar.

Di lain sisi, apabila kredit mobil tiap bulan ditekan menjadi lebih kecil, maka jangka waktu kredit mobil akan semakin lama dan melelahkan.

Hal ini menjadikan banyak orang berpikir panjang untuk memutuskan kredit mobil.

Bagi orang yang memiliki kemampuan finansial yang stabil dan terencana, kemungkinan besar kredit mobil bukanlah hal yang begitu membebankan, atau bahkan dalam membeli mobil bisa dilaksanakan dengan tunai.

Maka bagi orang dengan kemampuan finansial yang tidak terlalu besar, jika ingin mengkredit mobil, maka harus bisa menyusun rencana yang matang dan mendetail, serta mempersiapkan pengelolaan keuangan yang tepat agar tidak begitu terbebani dan tidak menimbulkan berbagai permasalahan.

Tips Membeli Mobil Baru Secara Kredit

cara kredit mobil tanpa uang mukaApabila seseorang hendak mengajukan kredit mobil, ia dituntut memilki komitmen yang kuat karena tentu saja kredit mobil akan berlangsung antara belasan hingga beberapa tahun.

Pengelolaan keuangan menjadi kunci keberhasilan dalam menguatkan komitmen untuk mengkredit mobil.

Kedisiplinan dan ketertiban dalam mengelola keuangan harus selalu dijaga agar kredit mobil tiap bulannya dapat terbayarkan dengan tepat waktu.

Pengelolaan keuangan yang tepat juga akan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tanpa kedisiplinan dan ketertiban pengelolaan keuangan, maka bisa jadi rencana keuangan bisa menjadi berantakan.

Akhirnya, kredit mobil pun terhambat dan beresiko ditarik kembali. Berbagai kebutuhan hidup lainnya pun juga akan sulit terpenuhi. Berikut beberapa tips membeli mobil baru secara kredit :

Menghitung Besarnya Pengeluaran

Hal pertama dalam merencanakan pengelolaan keuangan ketika kredit mobil adalah dengan menghitung jumlah pengeluaran yang harus dilakukan setiap bulannya.

Data secara lengkap berbagai kebutuhan sehari-hari serta kebutuhan tiap bulannya secara detail, sehingga akan diperoleh jumlah pengeluaran total yang harus dilalui setiap bulannya.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengelola Keuangan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Dengan diketahuinya besaran pengeluaran tiap bulan, maka dapat diketahui berapa sisa dari penghasilan tiap bulan dikurangi dengan pengeluaran tiap bulan.

Besarnya kredit mobil tiap bulan yang mampu dibayarkan dapat diketahui, sehingga tidak merusak keseimbangan keuangan. Selain itu, hal ini juga membantu membatasi pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dilakukan.

Menabung dari Sisa Penghasilan

Setelah diketahui sisa dari penghasilan tiap bulan dikurangi dengan pengeluaran tiap bulan, maka salah satu upaya pengelolaan keuangan agar tetap seimbang adalah denga tetap menabung.

Dari sisa penghasilan tersebut, beberapa persen dapat disisihkan untuk ditabung. Dalam hal ini memang diperlukan usaha yang keras untuk bisa hidup hemat dan menekan berbagai pengeluaran yang kurang penting.

Tujuan dari tabungan ini adalah sebagai cadangan untuk menghadapi berbagai resiko yang tidak bisa diketahui sejak awal dan bisa saja terjadi kapan saja.

Maka, dengan adanya tabungan ini, maka akan ada cadangan untuk mengatasi permasalahan tersebut tanpa mengganggu keseimbangan perekonomian.

Menerapkan Prinsip Hidup Hemat dan Disiplin

kredit mobil paling murah di bank mana

Tips membeli mobil baru secara kredit ketiga adalah dengan menerapkan hidup hemat dan disiplin (wajib).

Sebab, jika pola hidup keseharian tidak diubah untuk hidup hemat dan disiplin, maka jelas bahwa keseimbangan keuangan akan terganggu.

Bagi yang biasanya memilki pola hidup yang konsumtif, mungkin akan merasa berat untuk mengubah menjadi hemat dan disiplin.

Namun harus benar-benar dipahami bahwa, jika tidak menerapkan prinsip hemat dan disiplin akan menjadikan keuangan terganggu dan keinginan untuk mendapatkan mobil pun akan sirna.

Hemat dan disiplin harus ditanamkan di dalam hati agar mobil impian dapat diwujudkan.

Hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari bisa dilakukan dengan menekan kebutuhan yang sifatnya tidak penting seperti belanja pakaian atau aksesoris yang sebenarnya bisa dikesampingkan terlebih dahulu, menekan penggunaan daya listrik seperti mematikan alat elektronik ketika tidak diperlukan, dan lain halnya.

Anda harus menerapkan hidup hemat tanpa terkesan pelit terhadap diri sendiri, kalau memang ingin membeli barang lain yang dibutuhkan. Jadi jangan salah kaprah mengartikan kata hemat.

Meskipun yang dilakukan adalah hal-hal kecil, namun jika dilakukan secara disiplin akan memberikan dampak yang luar biasa bagi keuangan.

Bahkan, bisa jadi hidup hemat dan disiplin bisa memperkecil pengeluaran bulanan jika dibandingkan dengan rencana pengeluaran yang telah dianggarkan.

Memisahkan Rekening Tabungan dan Pengeluaran

beli mobil kredit atau pinjaman bank

Salah satu tips membeli mobil baru secara kredit dari sisi pengaturan keuangan pribadi. ketika kredit mobil adalah memisahkan antara rekening tabungan dengan rekening pengeluaran.

Apabila baru memiliki satu rekening saja, akan lebih baik jika telah mengikuti kredit mobil juga membuka rekening baru.

Kemudian, salah satu rekening digunakan sebagai rekening khusus menabung, dan satu rekening yang lainnya digunakan khusus untuk mengatur pengeluaran.

Dengan cara ini, akan diketahui bagaimana pengeluaran yang telah dilakukan. Hal ini akan membantu dalam membatasi pengeluaran.

Menentukan Jumlah Hutang Maksimal

leasing paling murah untuk kredit mobil

Dalam mengelola keuangan ketika mengambil kredit mobil, hutang di luar kredit mobil harus benar-benar ditekan.

Tidak menutup kemungkinan, terdapat suatu kendala yang menyebabkan keuangan agak terganggu.

Apabila tabungan belum cukup untuk menutup kebutuhan, maka langkah terakhir adalah dengan mengajukan hutang.

Meskipun demikian, batasi hutang maksimal tiap bulannya, agar tidak mengganggu kredit mobil dan keseimbangan keuangan secara lebih parah.

Batasi hutang maksimal agar tidak melebihi 30% dari jumlah total penghasilan tiap bulannya. Sebab, hutang di luar kredit mobil tentu saja akan berpengaruh terhadap keseimbangan keuangan.

Batas hutang maksimal dari kredit mobil tiap bulan ditambah hutang lainnya bisa ditentukan di bawah 30%, dengan tujuan tetap menjaga keseimbangan perekonomian.

Kredit mobil merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mewujudkan mobil impian meskipun belum memiliki cukup dana untuk membeli mobil secara cash.

Layanan kredit mobil yang ditawarkan oleh bank tentu saja dapat membantu masyarakat dengan kemampuan finansial yang tidak terlalu besar dan ingin mewujudkan mobil impian.

Namun demikian, kredit mobil harus diiringi dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang tepat, sehingga selain mobil dapat terwujud dengan lancar, kebutuhan lainnya dapat tetap terpenuhi. Itulah beberapa tips membeli mobil baru secara kredit dilihat dari sisi pengelolaan keuangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.