Kelebihan dalam Mengajukan Pinjaman Modal kepada Koperasi

pinjaman modal

Dalam dunia usaha atau bisnis, pinjaman modal dapat menjadi salah satu tambahan pemasukan dalam memberikan modal untuk merintis usaha tersebut.

Apabila dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar, maka dapat diperoleh dari saudara atau dari orang terdekat.

Namun, apabila dana untuk merintis usaha yang dibutuhkan berjumlah besar, maka dana dapat diperoleh dengan mengajukannya ke bank atau kepada penyedia jasa keuangan seperti koperasi.

Umumnya, pengajuan dana di bank membutuhkan persyaratan dan ketentuan yang begitu rumit, sehingga prosesnya terkadang lama dan tidak membuahkan hasil.

Itupun harus menerapkan BI checking yang dimana banyak sekali orang gagal di tahap tersebut, padahal kapasitasnya belum tentu buruk.

Belum lagi birokrasinya cukup panjang serta survey dan analisa data konsumen sangat detail, sehingga keputusan cair atau tidaknya membutuhkan waktu lama.

Mulai dari persyaratan yang cukup sulit, sampai dengan harus adanya jaminan yang bernilai menambah sulitnya mengajukan modal ke perbankan.

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ketika membutuhkan pinjaman modal yang cukup besar namun dari pihak bank sulit pencairannya adalah pengajuan ke lembaga koperasi.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengajukan Pinjaman Dana ke Bank

Koperasi adalah salah satu penyedia jasa pinjaman modal dengan persyaratan yang tidak sesulit persyaratan yang ditetapkan oleh pihak bank.

Sebelum membahas lebih lanjut, sebenarnya ada lembaga finansial resmi lainnya yang bisa Anda manfaatkan fasilitasnya yaitu multifinance atau leasing.

Opsi tersebut bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sudah tidak mungkin lagi mengajukan pendanaan atau pembiayaan ke pihak perbankan.

Pengertian Koperasi

pinjaman modal usaha syariah

Berdasarkan yang telah diatur pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 adalah merupakan suatu badan usaha dengan anggota seseorang atau badan hukum koperasi yang mana seluruh kegiatannya dilakukan berdasarkan prinsip.

Berbagai kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh koperasi juga dilandaskan pada gerakan ekonomi rakyat dengan berdasarkan pada asas kekeluargaan.

Dengan adanya lembaga ini, seseorang yang membutuhkan pinjaman modal untuk bisnisnya bisa mendapatkan kredit secara mudah dan cepat.

Syarat yang ditentukan untuk mengajukannya pun tidak sesulit pengajuan pada bank. Pinjaman dapat diperoleh dengan menjadi anggota terlebih dahulu, baru kemudian pengajuan harus sesuai dengan kebutuhan.

Sebab, kembali lagi pada prinsip koperasi, di mana kegiatan ekonominya dilandaskan pada asas kekeluargaan dan mensejahterakan seluruh anggotanya.

Kemudahan dari segi pengajuan tentunya akan sangat membantu dalam merintis usaha atau bisnis. Kekurangan dana untuk modal usaha akan tertutupi dari koperasi, kemudian seluruh perencanaan dapat dilaksanakan dengan baik.

Syarat dalam Mengajukan Pinjaman Modal pada Koperasi

pinjaman modal usaha kecil

Persyaratan yang ditetapkan apabila hendak mengajukan pinjaman dana tergolong lebih sederhana bila dibandingkan dengan persyaratan dari bank. Beberapa persyaran yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh calon peminjam dana agar mendapatkan persetujuan antara lain:

  1. Telah menjadi anggota calon anggota dari koperasi yang ingin dipinjami dana untuk modal bisnis;
  2. Mengisi borang peminjaman modal atau peminjaman dana secara asli dan lengkap;
  3. Fotokopi KTP beserta suami atau istri bagi yang sudah membangun rumah tangga;
  4. Fotokopi Kartu Keluarga terbaru;
  5. Fotokopi struk pembayaran listrik terakhir;
  6. Fotokopi slip gaji (jika seorang aparatur sipil negara / PNS);
  7. Fotokopi agunan atau jaminan.

Demikian tadi merupakan persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh calon peminjam sebelum mengajukan pinjaman dana kepada koperasi.

Setelah semua persyaratan administrasi telah terpenuhi, maka langkah selanjutnya dalam peminjaman adalah sebagai berikut:

  1. Melengkapi pengajuan pinjaman modal dengan anggaran atau proposal penggunaan dana secara lebih terperinci. Hal ini berfungsi dalam meyakinkan pihak koperasi bahwa uang tersebut akan digunakan dengan sebaik-baiknya dan telah berdasarkan pada perhitungan yang matang.
  2. Pengurus kemudian akan memverifikasi data dan proposal dari pihak peminjam yang telah diajukan sesuai dengan prosedur peminjaman dana. Apabila dari hasil verifikasi data, memiliki potensi yang baik, maka kemungkinan besar pihak koperasi akan lebih mudah menerima pengajuan tersebut.
  3. Setelah adanya pemberitahuan bahwa pengajuan diterima, maka tahap selanjutnya adalah mengisi akad berupa perjanjian, jumlah dana yang hendak dicairkan beserta lamanya pengembalian modal yang akan dipinjam. Setelah adanya kesepakatan dari calon peminjam modal serta pengurus koperasi, maka uang dapat segera dicairkan.

Kelebihan dalam Mengajukan Pinjaman Modal kepada Koperasi

pinjaman modal usaha secara online

Pengajuan dana ke koperasi dapat memberikan beberapa kelebihan atau keuntungan bagi calon peminjam dana. Beberapa keunggulannya yaitu:

Proses Pengajuan Pinjaman Modal yang Mudah

Pengajuan kredit kepada koperasi jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan pengajuan pinjaman kepada pihak bank. Melalui lembaga tersebut, pinjaman dana dapat diperoleh dengan sangat mudah tanpa harus melalui berbagai tahapan yang sulit. Apabila termasuk dalam keanggotaan dan kenal dengan pengurus koperasi tersebut, maka pengajuan akan lebih mudah untuk dicairkan.

Proses Pengajuan serta Pencairan Dana Modal akan Lebih Cepat

Salah satu kelebihan lain yang dimiliki yaitu mudahnya syarat dan prosedur, serta pencairannya tidak perlu lama. Selain dari mekanisme pengajuannya yang simpel, bahkan ada sejumlah proposal yang bisa langsung dicairkan pada saat pengajuan itu juga. Dengan ini, maka usaha atau bisnis yang telah direncanakan akan lebih cepat terlaksana karena modalnya telah terpenuhi.

Dapat Mengajukan Pinjaman Modal Tanpa Jaminan

Selain beberapa kelebihan di atas, kelebihan lain dari pengajuan kepada koperasi adalah dapat dilakukan dengan tanpa adanya jaminan atau agunan. Meskipun tidak semua jenis pinjaman dana dapat dilakukan dengan tanpa agunan, namun dengan besaran tertentu dapat dilakukan dengan tanpa agunan. Hal ini dapat sangat membantu dalam mewujudkan usaha meskipun belum memilki barang yang berharga dan dapat dijadikan sebagai jaminan.

Memiliki Suku Bunga yang Rendah

Apabila dibandingkan dengan beberapa bank, koperasi mampu memberikan keringanan kepada calon peminjam dengan suku bunga yang relatif kecil. Sesuai dengan prinsip dan fungsi utama dari koperasi, yakni mensejahterakan seluruh anggotanya, maka suku bunga yang ditetapkan pasti jauh lebih ringan dibandingkan perbankan atau pihak penyedia jasa layanan kredit lainnya.

Memiliki suatu usaha yang bisa terlaksana dengan lancar merupakan dambaan tiap pengusaha. Dengan modal yang sesuai dengan yang telah diperhitungkan, maka usaha yang akan dilaksanakan pun bisa berjalan dengan lancar dan mampu memberikan berbagai keuntungan bagi pengusaha. Selain itu, dengan modal yang cukup, maka berbagai kebutuhan penunjang dalam usaha dapat terpenuhi, sehingga usaha akan tetap stabil dan mampu memberikan keuntungan yang optimal.

pinjaman modal usaha dari pemerintah

Mengandalkan koperasi dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pengusaha yang hendak menjalankan usaha atau bisnisnya.

Jika dibandingkan dengan bank atau dengan multifinance lainnya, koperasi mampu memberikan beberapa keuntungan bagi pengusaha.

Meskipun demikian, dalam mengajukan pinjaman modal kepada koperasi harus benar-benar merencanakan setiap detail usaha dan memahami berbagai persyaratan dalam peminjaman modal tersebut.

Semoga rencana pendanaan Anda bisa tercapai demi keberlangsungan bisnis, apabila tertarik ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah, silakan baca artikel Pengelolaan Keuangan Sebelum Mengajukan KPR Bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.