Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengajukan Pinjaman Dana di Bank

pinjaman dana di bank

Tidak sedikit orang yang memilih untuk mengajukan pinjaman dana di bank tertentu untuk mendapatkan dana yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Mereka beranggapan bahwa dengan mengajukan kepada bank tertentu akan bisa memperroleh sejumlah dana secara cepat dan mudah.

Dalam kehidupan pastinya seseorang memiliki berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan ini harus dipenuhi guna bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Kebutuhan sendiri dapat digolongkan menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Golongan kebutuhan hidup ini disesuaikan dengan tingkat kebutuhan seseorang, serta pentingnya terpenuhinya kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Strategi Dalam Memilih Pinjaman Dana Online Tanpa Jaminan

Dalam memenuhi berbagai kebutuhan ini, tentu saja hanya bisa diperoleh apabila perekonomian seseorang seimbang dan mencukupi.

Jika perekonomian melemah dan tidak stabil, maka umumnya yang terjadi adalah mereka akan mencari pinjaman dana.

Selain itu, mereka akan mencari penyedia jasa yang tentu saja mudah, cepat cair, dan tidak terlalu merugikan.

Saat ini, telah semakin banyak pihak-pihak yang menawarkan kredit. Bank-bank telah banyak berkembang dan menawarkan berbagai produk keuangan kepada masyarakat.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, perusahaan finance lainnya seperti multifinance atau leasing dan BPR juga bisa diandalkan pada saat yang terdesak.

Mungkin kalau di perbankan, salah satu kelemahannya ialah menerapkan BI Checking, sehingga banyak masyarakat yang kesulitan merasakan beberapa layanan dari mereka.

Jasa yang ditawarkan oleh pihak bank menjamin memberikan bunga yang rendah, serta tenor yang cukup panjang, sehingga masyarakat akan semakin tertarik dengan jasa tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Dana di Bank

cara pinjam uang di bank mandiri

Namun demikian, meskipun banyak produk jasa finansial yang telah ditawarkan oleh pihak bank, kita harus lebih berhati-hati dan memahami syarat dan ketentuan yang disepakati dalam kontrak nantinya.

Tidak sedikit yang komplain dan melemparkan kekecewaan padahal setelah dicek, ternyata pihak debitur tidak memperhatikan beberapa poin-poin tertentu.

Terlebih lagi saat ini banyak sekali variasi produk dan jasa yang ditawarkan oleh pihak bank yang memberikan tawaran yang menarik seperti proses cepat cair, tanpa jaminan, tenor panjang, dan bunga yang kecil.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan ke bank:

Pahami Tujuan Mengajukan Pinjaman Dana

Hal yang pertama bisa dilakukan adalah dengan memperjelas tujuan dalam mengajukan kredit.

Segala hal yang berkaitan dengan loan bukanlah hal yang sepele dan bisa diremehkan atau berarti membuat kesepakatan dengan pihak bank untuk bisa memberikan pinjaman uang dengan syarat-syarat tertentu, sehingga tujuan awal Anda haruslah jelas.

Apabila sudah memperoleh pencairan, tidak bisa jika hanya digunakan untuk berpesta pora, berfoya-foya, atau membeli hal yang tidak penting, yang mana kedepannya justru akan semakin sulit dalam membayarkan angsuran tersebut kepada bank.

Adapun tujuan utama kita meminjam kepada bank yang baik dan benar adalah digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti biaya pendidikan, modal dalam merintis suatu usaha, berinvestasi, dan lain sebagainya. Dengan tujuan yang jelas, maka pihak bank akan dengan mudah memperlancar pengajuan kita.

Ketika Mengajukan Pinjaman Dana di Bank Harus Memiliki Sumber Pemasukan yang Jelas

cara pinjam uang di bank bca

Dalam mengajukan kredit kepada bank, seseorang harus memiliki sumber pemasukan atau penghasilan yang jelas.

Hal ini berkaitan dengan kemampuan si peminjam dana tersebut dalam mengembalikan atau membayar kredit pelunasan utang kepada bank.

Jika tidak memiliki sumber pemasukan yang jelas, lantas bagaimana seseorang tersebut akan mampu mengembalikan seluruh utang yang telah ia ajukan kepada pihak bank?

Oleh karena itu, sebelum mengajukan, seseorang harus memiliki sumber pemasukan yang jelas, sehingga kredit pelunasan akan berjalan lancar dan tidak saling merugikan antara bank dengan nasabahnya.

Pilih Jangka Waktu Pinjaman Dana di Bank yang Sesuai dengan Kemampuan

Sebelum melakukan pengajuan, seseorang juga supaya menyesuaikan jumlah plafon dengan kemampuan finansialnya.

Jangka waktu dalam suatu bank, tentu saja berkaitan dengan suku bunga. Semakin lama tenor yang diambil, maka bunganya juga akan semakin besar.

Jadi, sebaiknya sebelum apply, pendapatan Anda musti disesuaikan dengan kemampuan finansial, tidak hanya melihat pada lamanya tenor saja, dan tidak melihat pada besarnya bunga yang ditimbulkan.

Pastikan Jumlah Pinjaman Dana dengan Kebutuhan

Yang tidak kalah penting adalah menghitung kebutuhan kita dengan jumlah pencairan dana yang diajukan kepada pihak bank.

Buatlah data perhitungan terkait dengan kebutuhan yang akan Anda penuhi dengan uang yang didapat.

Mengapa banyak nasabah yang memilih plafon tertinggi padahal kebutuhannya tidak sebesar itu?

Alasannya karena debitur takut jika kedepannya akan butuh uang lagi dan tidak bisa melakukan top up pinjaman,

Apabila semua sudah sesuai perhitungan, maka kedepannya Anda harus menekan seluruh pengeluaran bulanan.

Kelebihan Mengajukan Pinjaman Dana di Bank

kta tanpa kartu kredit

Dalam mengajukan pembiayaan kepada pihak bank, terdapat beberapa kelebihan yang dapat dirasakan oleh debitur.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh apabila memilih perbankan sebagai prioritas pertama.

Bank Menawarkan Berbagai Fasilitas Keuangan

Salah satu kelebihan yang bisa diperoleh dengan melakukan pengajuan pinjaman dana di bank adalah banyaknya produk yang ditawarkan ke nasabah.

Beberapa diantaranya ialah kredit tanpa agunan (KTA), pembiayaan kendaraan bermotor, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KPA dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya variasi dari produk perbankan, maka masyarakat pun semakin mudah dalam memilih berdasarkan kebutuhan.

Credit card juga menjadi fasilitas andalan yang sangat digemari oleh masyarakat kita, apalagi sekarang sangat mudah mendapatkannya.

Pinjaman Dana di Bank Lebih Aman

Pengajuan di lembaga perbakan juga tergolong aman karena proses pinjamannya telah diatur oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, serta oleh Bank Indonesia. Dengan ini, maka pinjaman uang yang kita ajukan akan lebih aman.

Telah Terintegrasi di Berbagai Daerah

Bank-bank yang ada di Indonesia telah berkembang pesat dan terintegrasi hingga ke berbagai daerah, bahkan dareah pelosok sekalipun.

Hal ini tentu saja akan meudahkan orang yang ingin mengajukan kredit. Anda tidak perlu bingung mencari bank yang lokasinya jauh, sebab saat ini berbagai bank telah ada di berbagai daerah di Indonesia.

Perhitungan Bunga yang Jelas

cara pinjam uang di bank bri

Dalam pengajuan dana kepada bank, tentu saja ada bunga yang harus dibayarkan. Pihak bank akan menjelaskan berbagai perhitungan bunga yang akan ditawarkan kepada calon peminjam dana.

Dengan adanya penjelasan dana yang begitu jelas dan rinci oleh pihak bank, maka kita akan mengetahui berapa jumlah yang harus dikeluarkan setiap bulan dalam membayar kredit kepada bank.

Kita juga bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita dalam pengajuan tersebut.

Bank memiliki berbagai kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh para calon nasabah yang membutuhkan dana tunai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun demikian, berbagai hal juga harus diperhatikan sebelum mengajukan kepada pihak kreditur, sehingga selain terbantu dengan adanya loan yang dicairkan, namun juga bisa mengembalikan pinjaman dana di bank tersebut dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.