Keuntungan dan Cara Menabung Emas di Pegadaian

menabung emas

Menabung emas adalah salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk persiapan untuk masa depan. Menabung tak harus selalu berupa uang.

Perlu untuk anda ketahui, keuntungan investasi emas memiliki nilai yang selalu meningkat tiap tahunnya.

Sebagai salah satu badan usaha BUMN, pegadaian sepenuhnya sadar akan hal tersebut.

Berikut adalah beberapa keuntungan menabung di Pegadaian, antara lain:

Keuntungan Menabung di Pegadaian

pengalaman menabung emas di pegadaian

Melakukan investasi dengan menabung di pegadaian terbukti memberikan banyak keuntungan. Adapun keuntungan yang bisa anda rasakan nantinya diantaranya yaitu:

Biaya Sedikit

Seperti yang kita semua ketahui, investasi sangat lekat kaitannya dengan modal besar.

Namun, dengan anda memilih tabungan emas, anda tidak akan dibebani dengan modal yang besar.

Bahkan anda sudah bisa menabung emas di pegadaian dengan modal mulai dari Rp. 5 ribu saja.

Biaya yang dikenakan di pegadaian relatif kecil ini tak akan mengganggu biaya lainnya, tak terkecuali dengan biaya kebutuhan pokok.

Bisa Tunai dan Kredit

Menabung di pegadaian terbukti memberikan banyak keuntungan. Adapun salah satunya ialah pembelian emas yang bisa dilakukan secara tunai dan kredit.

Dengan begitu, anda bisa memilih pembelian emas sesuai dengan kemampuan anda. Namun, anda jangan kaget jika tak langsung mendapatkan emas meski melakukan pembelian secara tunai.

Hal ini dikarenakan pegadaian tak menyetok emas. Sementara untuk anda yang membeli emas secara kredit, emas bisa anda dapatkan apabila semua cicilan sudah lunas.

Emas bisa diambil dengan selang 2 minggu usai pembayaran lunas, baik itu tunai maupun kredit.

Aman

Pegadaian adalah salah satu tempat yang aman untuk menabung emas. Hal ini dikarenakan investasi emas akan dilindungi asuransi.

Jika tabungan anda sudah selesai pun, anda masih diperbolehkan menyimpan emas di pegadaian. Dalam hal ini, anda nantinya hanya akan dikenakan biaya titip yang terjangkau.

Jangka Waktu Kredit Fleksibel

tabungan emas bca

Pegadaian menawarkan pembelian emas secara kredit untuk anda yang keberatan membayar secara tunai.

Untuk anda yang mengambil kredit, anda bisa memilih pembayaran menyicil emas dengan jangka waktu maksimal hingga 36 bulan atau 3 tahun.

Mudah Digadaikan

Emas yang diperoleh dari pegadaian sangat mudah untuk digadaikan. Uang yang akan anda peroleh dengan menggadaikan emas tergantung dari berat emas yang anda miliki itu sendiri.

Dimana semakin berat emas yang digadaikan, maka pinjaman uang yang akan anda peroleh juga semakin banyak.

Resiko Penipuan Kecil

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak orang yang enggan berinvestasi emas dikarenakan takut ditipu.

Penipuan seringkali terjadi saat melakukan investasi kepada perusahaan yang tak mempunyai kredibilitas baik.

Hal ini tentu saja berbeda dengan pegadaian yang adalah lembaga resmi milik pemerintah.

Untuk itu, menabung emas di pegadaian terbukti menjauhkan diri kita dari tindak penipuan.

Mudah dan Cepat

Cara menabung di pegadaian sangat mudah dan cepat. Anda nantinya hanya akan dihadapkan dengan persyaratan yang mudah dipenuhi.

Selain itu, proses yang perlu anda lalui pun sangatlah cepat. Bahkan hanya dalam kurun waktu 20 menit saja, transaksi anda sudah bisa diselesaikan.

Harga Emas Selalu Naik

tabungan emas bni

Investasi emas terbukti lebih menguntungkan daripada investasi dana pada umumnya. Hal ini dikarenakan harga emas selalu naik.

Dengan begitu, semakin lama anda menyimpan emas, maka harganya akan semakin tinggi.

Bersertifikat

Keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan dengan menabung emas di pegadaian ialah sudah dilengkapi dengan sertifikat.

Dengan adanya sertifikat, anda bisa membuktikan bahwa diri anda adalah pemilik resmi dari emas tersebut. Mulanya, pegadaian menjalin kerjasama dengan PT Antam.

Akan tetapi, saat ini pegadaian sudah memiliki produk emasnya sendiri. Adapun nama produk emas pegadaian tersebut ialah Pegadaian.

Baca Juga: 11 Cara Menabung Yang Benar (Terbukti Berhasil)

Bisa Memperoleh Dana Darurat

Walau anda tengah menyicil emas, tabungan anda sebenarnya bisa digadaikan dengan nilai sesuai cicilan yang sudah anda bayarkan.

Setelah itu, anda bisa menyicil emas kembali usai membayar cicilan sebelumnya.

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Cara menabung di pegadaian tak sulit untuk dilakukan. Meski begitu, ada ketentuan atau persyaratan tertentu yang perlu anda perhatikan.

Berikut ulasannya.

Lakukan Survey Harga Emas

tabungan emas bri

Cara pertama yang perlu anda lakukan dalam menabung di pegadaian ialah survey harga emas terupdate.

Dalam hal ini, anda bisa kunjungi website resmi PT. Antam. Biasanya, pegadaian akan menyediakan beragam pilihan berat. Mulai dari 5 gram, 10 gram, hingga 1 kg.

Kemudian anda bisa tambahkan 3% dari harga yang anda lihat di situs resmi PT. Antam. Besarnya harga tersebut digunakan oleh pegadaian.

Sesuaikan Dengan Penghasilan

Setelah anda mengetahui harganya, anda bisa sesuaikan dengan penghasilan yang anda dapatkan.

Dengan begitu, anda bisa memilih pembelian emas secara tunai atau kredit. Selain itu, anda juga bisa mengetahui berapa lama jangka waktu kredit yang ingin anda ambil.

Sebagai saran, alangkah baiknya anda memilih jangka waktu kredit yang tak terlalu lama. Hal ini dikarenakan harganya akan naik. Mengingat harga normal emas itu sendiri selalu naik.

Penuhi Syarat Menyicil Emas

Penuhi segala persyaratannya agar semuanya berjalan lancar dan cepat. Untuk membuat rekening tabungan emas di pegadaian, anda hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas yang bertempat di kantor cabang pegadaian terdekat.

Setelah anda memiliki rekening tabungan emas di pegadaian, anda perlu melampirkan KTP/SIM yang berlaku.

Selanjutnya, anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 5.000 untuk membayar biaya administrasi dan Rp. 30.000 untuk fasilitas titipan selama 1 tahun.

Mengenai saldo, anda akan dihadapkan dengan minimal saldo yang sama halnya saldo rekening tabungan biasa. Adapun minimal saldo tabungan emas senilai 0,1 gram emas.

Langkah selanjutnya, anda pilih proses pembelian emas.

Dalam hal ini, anda bisa memilih proses pembelian emas secara tunai atau kredit. Perlu untuk anda ketahui, pembelian emas berlaku dengan kelipatan 0,01 gram.

Meski begitu, pembelian emas juga disediakan dengan pilihan emas batangan. Apabila anda memilih opsi ini, anda akan dikenakan biaya cetak emas dengan harga sesuai beratnya.

Isi Formulir Aplikasi

Saat anda ingin menabung di pegadaian, pastikan anda telah mengisi lembaran formulir aplikasi yang nantinya digunakan untuk program investasi emas. Isi formulir aplikasi secara lengkap, jelas, dan tak ada yang terlewatkan.

Bayar Down Payment (DP)

Cara menabung di pegadaian selanjutnya ialah membayar Down Payment (DP). Adapun besarnya DP yang perlu anda bayarkan ialah sebesar 20% sampai 30% dari besarnya harga normal emas.

Selain DP, ada juga beberapa pegadaian yang meminta biaya administrasi dengan besaran harga sesuai ketentuan masing-masing lembaga.

Daripada anda bingung memilih produk investasi apa yang cocok dengan anda, lebih baik awali saja di pegadaian.

Menabung emas lebih mudah dilakukan oleh siapa saja, pastikan keuangan anda juga mendukung ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.