Lakukan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis

memulai bisnis

Untuk memulai bisnis jangan hanya bermodalkan nekat saja, apalagi jika anda adalah tulang punggung keluarga.

Walau action merupakan hal yang penting tapi perencanaan yang matang juga perlu dilakukan. Lakukan hal ini sebelum memulai bisnis:

Kunjungi Beberapa Bankir dan Tanyakan Pendapat Mereka Tentang Ide Anda

Loh koq bankir dan bukan pengusaha saja yang harus kita datangi? Sebab kalau Anda belum memulai bisnis namun ide Anda dianggap bagus, mereka bisa mengambil ide Anda tersebut.

Ceritakan bisnis yang sedang anda bayangkan. Apakah mereka tahu ada perusahaan lain yang meraih sukses di bidang yang sama dengan minat anda?

Apakah mereka bisa anda temui?

Apakah mereka mengenal wiraswasta yang usahanya gagal yang bisa anda wawancarai?

Kenapa perusahaan-perusahaan tersebut gagal atau berhasil?

Maukah bank-bank tersebut mau meminjamkan uang kepada anda?

Berapa banyak uang yang biasanya dipinjam oleh perusahaan seperti bisnis anda?

Apakah mereka punya salinan rencana bisnis perusahaan lain?

Bolehkah anda melihatnya? Memang. itu adalah sebuah pertanyaan yang lugu dan terus terang, tetapi jika anda tidak menanyakannya, anda takkan pernah tahu.

Kunjungi Perusahaan Sukses di Bidang yang Anda Pilih

cara memulai bisnis online tanpa modal

Sebelum memulai bisnis, lakukan perjalanan, ke luar kota jika perlu, untuk melihat bagaimana perusahaan lain di bidang yang anda ingin masuki menjalankan usahanya.

Tanyakan pada si pemilik apa yang harus anda perhatikan dalam menjalankan usaha. Tanyakan apakah anda boleh melihat perencanaan bisnis mereka.

Kunjungi perusahaan-perusahaan besar dan perusahaan-perusahaan yang kecil. Perusahaan kecil memang lebih masuk akal bagi anda, tetapi perusahaan besar akan berperan sebagai mimpi anda.

Anda akan terkejut melihat betapa terbukanya para wiraswasta ini kepada anda. sudah menjadi sifat manusia untuk saling membantu.

Periksa Catatan Kebangkrutan

Apakah ada banyak jumlah perusahaan di bidang yang anda inginkan mengalami kebangkrutan? apa yang bisa digali informan anda tentang hal ini?

Jika banyak perusahaan di bidang yang anda inginkan mengalami kebangkrutan, carilah bidang yang lain atau cari tahu apakah penyebab kegagalan mereka itu adalah sesuatu yang bisa anda perbaiki.

Menurut penelitian yang saya lakukan di restoran baru, bar baru, dan perusahaan-perusahaan teknologi baru ternyata memiliki rata-rata kegagalan yang tertinggi.

Tanyakan Pendapat Orang yang Tidak Dikenal Tentang Ide Anda

cara memulai usaha pakaian

Anda perlu mencari tahu apakah menurut pandangan orang lain ide anda ini bisa dijalankan. Saya akan mendiskusikan jenis penelitian semacam ini di bagian lain blog ini. secara umum, banyak informasi berharga yang bisa didapat dengan cara ini.

Tanyakan pendapat teman-teman atau keluarga anda, jika anda memang mau, tetapi ingatlah biasanya mereka ini mengatakan hal yang ingin anda dengar.

Sebenarnya anda menginginkan pendapat dari orang-orang yang tidak memiliki pandangan bias dan yang akan memberikan kritik-kritik membangun sebelum memulai bisnis.

Hadiri Seminar dan Pameran Perdagangan di Bidang yang Anda Pilih

Hampir setiap profesi memiliki asosiasi yang biasanya membantu mempromosikan dan mengembangkan industri mereka.

Mereka biasanya juga mengadakan pameran perdagangan atau seminar. Kunjungi pameran-pameran perdagangan seperti itu dan tanyakan kepada mereka yang berkecimpung dalam industri tersebut, apa sisi baik dan buruk bisnis mereka.

Tanyakan kepada mereka apakah menurut mereka sebaiknya anda terjun ke indsutri ini. Dan mintalah kartu nama mereka agar anda bisa menghubungi mereka kembali nanti.

Bertanyalah kepada orang-orang yang berkecimpung di dalam bisnis ini atau carilah ilmunya dalam situs BelajarKeuangan.com

Saya selalu saja merasa takjub akan betapa banyaknya informasi yang tersedia di dalam dunia maya itu. Buat jaringan dan temuilah orang sebanyak mungkin.

Anda pasti akan berjumpa dengan sangat sedikit orang yang tak mau berbagi kesuksesan dan kegagalan mereka dengan anda.

Anda bahkan mungkin menemukan beberapa perusahaan yang anda bisa mengasah kemampuan anda.

Browsing di Internet Sebelum Memulai Bisnis

cara memulai bisnis online dari nol

Pergilah ke perpustakaan terbesar di wilayah anda dan jelajahi halaman kuning di kategori yang sedang anda incar atau cari informasi tersebut di internet.

Hubungi beberapa perusahaan yang terdaftar disana dan berpura-puralah seolah anda membutuhkan pelayanan mereka.

Ajukan pertanyaan, seperti berapa harga jasa atau produk mereka? Berapa jam dalam sehari mereka beroperasi? Berapa lama mereka bisa memperoleh kembali modal mereka? Berapa lama mereka telah berkecimpung dalam bisnis ini? dan hal-hal lain yang ingin anda tanyakan.

Saya menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer untuk mengumpulkan informasi tentang perusahaan lain dengan membaca segala informasi yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang akan saya cari jawabannya terlebih dahulu sebelum memulai bisnis atau sebelum menanamkan uang ke usaha apapun:

  • Berapa rata-rata pendapatan per pegawai di perusahaan mereka? Anda bisa mendapatkan jawaban untuk pertanyaan ini dari asosiasi perdagangan/industri. Mereka biasanya mempunyai hasil survey berkala tentang informasi seperti ini. Bankir atau akuntan anda juga mungkin tahu jawaban dari pertanyaan ini.
  • Berapa rata-rata pendapatan yang akan diperoleh untuk tiap meter persegi perusahaan anda? Informasi ini sangat penting untuk operasi eceran, untuk menyusun anggaran yang sesuai dan untuk membuat perbandingan.
  • Berapa rata-rata margin keuntungan.
  • Berapa rata-rata margin kotor.
  • Berapa kira-kira biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan kegiatan promosi atau iklan.

Dengan melakukan hal ini anda akan tahu berapa banyak uang yang dihasilkan oleh kebanyakan perusahaan di dalam bisnis anda.

Bahkan mungkin anda akan terkejut jika mengetahui betapa kecilnya pendapatan beberapa orang wiraswasta.

Dalam penelitian yang anda lakukan, anda mungkin menemukan beberapa ide lain yang lebih baik untuk memulai bisnis anda. Dan anda mungkin bisa menghindarkan diri anda dari sebuah kesalahan besar.

Beberapa tahun lalu saya mempertimbangkan untuk membuka sebuah toko eceran khusus perawatan tanaman.

Setelah beberapa bulan melakukan penelitian saya menyadari bahwa secara finansial bisnis ini bukan bisnis yang masuk akal bagi saya karena potensi keuntungannya lebih kecil dibandingkan resikonya. Saya jelas sangat bersyukur karena telah melakukan penelitian sebelumnya.

Hal-Hal yang Mendasar Dalam Bisnis

langkah awal memulai usaha

Tidak mengejutkan bahwa setiap orang bisnis yang sukses adalah juga pembicara yang efektif. Dalam artikel ini saya akan menuliskan hal-hal yang mendasar dalam memulai bisnis beserta tip-tip dari orang yang telah sukses.

Dimulai dengan tiga pedoman berikut ini :

  1. Prinsip-prinsip dasar yang berlaku dalam pembicaraan bisnis sama seperti pembicaraan sosial. Langsung dan terbuka, dan jadilah pendengar yang baik jika ingin menjadi pembicara yang baik.
  2. Jika anda berbicara dalam lingkungan profesi atau industri anda, Anda dapat mengandaikan bahwa orang-orang yang anda ajak bicara mengetahui istilah-istilah teknis yang anda gunakan, tetapi anda harus tetap membuat diri anda jelas. Bila anda bicara dengan orang dari luar bidang anda, anda harus mengandaikan hal sebaliknya, yaitu bahwa audiens anda atau peserta pertemuan lainnya tidak memahami istilah istilah-istilah teknis anda, jadi anda harus mengatakannya dalam bahasa yang umum.
  3. Waktu adalah uang. Jangan sia-siakan waktu orang yang anda ajak bicara. Jangan bertele-tele membicarakan pertandingan bola kemarin malam, atau babak akhir permainan golf anda, sampai pertemuan yang anda adakan sambil makan siang itu hampir berakhir, dan kemudian berusaha dengan terburu-buru membicarakan tujuan yang sebenarnya dari pertemuan itu, dalam diskusi yang amat tergesa-gesa selama dua puluh menit terakhir. Selain itu, jangan mencoba menjadi pusat perhatian dalam pertemuan itu dengan omong sendiri sepnajang dua puluh menit saat semua orang lain sudah gelisah ingin membicarakan masalahnya.

Butir ketiga tersebut membutuhkan elaborasi. Tidakkah anda merasa takut dan cemas bila di telepon seseorang yang baru anda kenal selama dua puluh menit saat anda sedang berusaha mendapatkan proposal kontrak?

Dan tidakkah anda benci ketika bos anda selama lima menit ngobrol tanpa ujung pangkal yang jelas dan baru akhirnya berterus terang mengapa ia mendatangi kantor anda?

Jangan anda seperti itu. Ketahuilah apa yang anda bicarakan. Baik ketika sedang mengobrol di kantor dengan sesama karyawan, atau dalam pertemuan formal yang amat sangat penting, selalulah siap sedia.

Jauh hari sebelumnya pikirkan pokok pembicaraan: hal-hal pokok yang ingin anda kemukakan, pertanyaan-pertanyaan yang anda perkirakan akan muncul, dan cara yang paling meyakinkan untuk menjawab pertanyaan itu.

Ingatlah apa yang diinginkan dan perlu diketahui oleh orang lain. Sebagai contoh, saya paparkan jenis situasi yang sering kita jumpai: bila anda membutuhkan angka-angka penjualan bulan lalu, Anda bisa menanyakannya pada Aliya di bagian sales.

cara memulai usaha dengan modal kecil

Tetapi anda tidak perlu memberitahu Aliya keseluruhan strategi pemasaran perusahaan untuk penjualan untuk penjualan tahun depan. Itu hanya akan memboroskan waktunya dan waktu anda.

Ini tidak berarti bahwa anda harus tutup mulut. Salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan semangat atau mental dan produktivitas tinggi di antara para karyawan anda adalah dengan membuat mereka selalu mendapatkan informasi.

Akan ada saat -saat di mana anda harus memberi informasi latar belakang kepada mereka, untuk membuat mereka merasa terlibat, atau untuk memotivasi mereka.

Tapi anda tidak perlu memberikan briefing setiap kali bicara pada seseorang. Anda perlu menghindari keluhan lama bahwa bila anda menanyai si anu sekarang jam berapa, ia malah menceritakan pada anda cara kerja mesin jamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.