7 Manfaat Asuransi Bagi Kaum Millenials Beserta Jenisnya

manfaat asuransi

Sangat banyak manfaat asuransi yang akan kita dapatkan. Asuransi merupakan suatu tindakan atau sistem perjanjian yang dilaksanakan oleh seseorang dengan pihak penanggung yang mana setelah adanya kesepakatan terhadap premi.

Maka pihak penanggung akan memberikan penggantian kepada seseorang tersebut terhadap kerugian, kerusakan atau kehiangan keuntungan yang terjadi karena adanya suatu peristiwa yang tidak diharapkan.

Sebagaimana suatu pepatah, “sedia payung sebelum hujan”, mencegah terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan akan lebih baik dari pada mengatasinya.

Dalam kehidupan ini, kejadian yang akan datang tidak akan bisa diprediksi. Seperti halnya kecelakaan kerja, kerusakan, dan lain halnya yang tidak diinginkan dapat sewaktu-waktu terjadi.

Oleh karena itu, asuransi ini menjadi salah satu solusi untuk berjaga-jaga akan keselamatan diri, kondisi barang, serta bisnis yang dijalankan.

Saat ini, telah banyak pihak-pihak yang telah menyediakan asuransi dalam perusahaan asuransinya. Perusahaan asuransi ini memberikan peranan yang sangat penting dalam suatu negara sebagai salah satu lembaga keuangan.

Dengan adanya perusahaan asuransi ini, para pengguna jasa asuransi dapat mengantisipasi terhadap terjadinya suatu kerugian atau kecelakaan yang tentu saja tidak diharapkan kehadirannya.

Perusahaan asuransi ini akan menjamin atau memberikan perlindungan terhadap pengguna jasanya dari berbagai macam resiko kerugian yang bisa saja dialaminya.

Jaminan tersebut dapat diperoleh dengan menyetujui premis atau persyaratan yang telah disepakati bersama untuk jangka waktu tertentu.

Jenis-Jenis Asuransi

manfaat asuransi bagi masyarakat

Terdapat beberapa jenis asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi, di antaranya sebagai berikut:

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi ini merupakan asuransi yang menjamin seseorang apabila sang pengguna jasa meninggal dunia.

Perusahaan asuransi akan membayar setelah pihak tertanggung meninggal dunia.

Manfaat asuransi jiwa ini, seseorang tertanggung dapat memperoleh biaya yang bisa diberikan kepada keluarganya ketika ia meninggal nanti.

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang khusus ditujukan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang diakibatkan oleh suatu hal tertentu, di mana pihak penyedia asuransi akan menanggung biaya perawatan kesehatan sang tertanggung.

Umumnya, asuransi kesehatan ini berperan dalam melindungi pihak tertanggung dari resiko sakit, cacat, cedera, atau bahkan kematian akibat hal yang tidak terduga seperti kecelakaan.

Bagi anda yang belum paham mengenai kriteria asuransi kesehatan, bisa silahkan baca disini Pahami Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik 

  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi yang satu ini ditujukan untuk menjamin pendidikan seseorang yang telah disepakati oleh pihak tertanggung dengan perusahaan asuransi.

Dengan adanya asurasi pendidikan ini, pendidikan seseorang akan dapat terjamin meskipun ada suatu permasalahan yang dihadapi oleh pihak tertanggung.

Asuransi pendidikan ini akan menjadi solusi terbaik bagi masa depan anak-anak sebagai generasi penerus.

  1. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan merupakan jenis asuransi yang aling banyak dipilih dan digunakan oleh orang-orang saat ini.

Kendaraan yang dapat diasuransikan seperti mobil dan sepeda motor, sehingga apabila kendaraan tersebut rusak atau menyebabkan kerusakan pada kendaraan lain, misalnya kecelakaan, maka pihak perusahaan asuransi akan menanggung biaya perbaikan kerusakan kendaraan tersebut.

Dengan mengikuti program asuransi kendaraan ini, seseorang akan mendapatkan jaminan yang menguntungkan terhadap kendaraan yang dimilikinya.

Manfaat yang Diperoleh dari Asuransi

manfaat asuransi syariah

Dengan mengikuti program asuransi suatu perusahaan penyedia jasa asuransi, seseorang dapat mendapatkan manfaat asuransi, antara lain sebagai berikut:

  1. Asuransi sebagai Ladang Tabungan

Asuransi yang memiliki jangka waktu dapat dijadikan sebagai tabungan atau simpanan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan yang tidak bisa diprediksi.

Dengan menggunakan program asuransi, tidak disadari bahwa kita telah menabung untuk berjaga-jaga di masa depan.

  1. Asuransi Menjamin Pendidikan Anak

Asuransi pendidikan dapat menjadi solusi untuk seseorang yang masih memiliki tanggungan dalam menyekolahkan putra-putrinya.

Dengan mengikuti program asuransi pendidikan sejak dini, maka seseorang tidak akan merasakan keberatan dalam melanjutkan pendidikan sang anak.

Pendidikan anak juga akan terjamin, sehingga bisa meraih kesuksesan di masa depan dan menjadi aset besar bagi orangtua.

  1. Asuransi sebagai Investasi Masa Depan

pengertian manfaat asuransi

Asuransi juga dapat menjadi investasi untuk masa depan. Masa depan yang masih begitu panjang dan apa saja masih bisa terjadi dapat kita jaga dengan investasi ini.

Dengan adanya asuransi, maka kehidupan akan semakin terjamin dan terjaga dari berbagai resiko yang dapat terjadi di masa depan.

  1. Asuransi Membantu Masa Tua

Kehidupan terus berjalan, di mana seseorang yang dulunya bayi akan tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak, kemudian remaja.

Remaja akan berlanjut pada dewasa, dan akhirnya adalah masa tua. Ketika memasuki masa tua, tentu saja kinerja kita akan semakin menurun.

Dengan adanya manfaat asuransi kehidupan kita di masa tua akan terbantu dan tidak merepotkan anak cucu kita kelak.

  1. Asuransi Merupakan Aset yang Aman dan Terlindungi

Saat ini telah banyak tersedia perusahaan asuransi yang berkualitas. Namun demikian masih ada saja kasus penipuan mengenai asuransi.

Oleh karena itu, dalam memilih perusahaan asuransi, harus dipilih perusahaan yang telah kompeten dan profesional sehingga aset yang ditanamkan dalam perusahaan tersebut dapat aman dan terlindungi dan bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Asuransi Menghindarkan Resiko Beban Hutang

manfaat asuransi jiwa

Program asuransi juga dapat menghindarkan pengguna jasanya terhindar dari beban hutang.

Berbagai resiko yang dapat terjadi telah ditanggung oleh perusahaan penyedia jasa asuransi, sehingga semuanya akan teratasi tanpa harus meminjam dana yang berpotensi menjadi beban hutang.

  1. Asuransi Menenteramkan Pikiran

Manfaat lain dari penggunaan jasa asuransi adalah timbulnya rasa tenteram dalam hati dan pikiran.

Sebab, berbagai resiko yang dapat terjadi telah dijamin oleh perusahaan asuransi, sehingga resiko atau permasalahan yang timbul tersebut dapat segera diatasi.

Selain itu, apabila pihak tertanggung meninggal dunia, sedangkan dirinya adalah sebagai tulang punggung keluarga, maka akan ada pengganti nafkah sementara bagi pihak keluarga yang ditinggalkan.

Dengan ini, kita tidak perlu memikirkan bagaimana keluarga jika kelak akan ditinggalkan oleh pihak tertanggung.

Selain berbagai manfaat asuransi yang bisa diperoleh, kalian juga harus memperhatikan dan memilih perusahaan asuransi yang kompeten dan profesional.

Karena banyaknya kasus penipuan, seseorang yang ingin mengikuti program asuransi harus benar memahami perusahaan penyedia asuransi, serta berbagai aturan di dalamnya.

Sebelum memilih perusahaan asuransi, seseorang juga harus mempertimbangkan resiko dari penggunaan jasa asuransi tersebut.

Apabila terdapat hal yang mengganjal dalam perundingan prolis, maka harus dipahami atau ditanyakan, sehingga semuanya dapat jelas.

Kemampuan finansial dalam mengikuti program asuransi juga harus diperhatikan.

Bagaimana kemampuan finansial, berapa yang mampu disisihkan, harus diperhitungkan dengan baik, sehingga dalam mengikuti program ini tidak akan ada masalah.

Berbagai biaya yang akan dikenakan selama mengikuti program asuransi harus benar-benar dipahami.

Jangan sampai dalam mengikuti program asuransi, baru disadari ada biaya-biaya lain yang harus dibayarkan, kemudian program asuransi menjadi terhambat.

Intinya adalah, perencanaan dan persiapan sebelum mengikuti program asuransi harus benar-benar dipahami dan dikelola dengan baik.

Jadi kita harus memperhatikan jenis asuransi mana yang mau kita ikuti, setelah membaca 7 manfaat asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.