Memahami Cara Pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen Dan Syaratnya

kredit pemilikan apartemen

Kredit Pemilikan Apartemen. Apartemen di kota-kota besar sepertinya sudah menjadi alternatif hunian masa kini yang dapat menunjang gaya hidup dan prestige dengan mobilitas yang cukup tinggi.

Apalagi banyak apartemen yang saat ini dibangun di kawasan elit. Dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung yang lengkap dan akan memanjakan penghuninya.

Tentu saja hal ini akan membuat peminat apartemen semakin banyak. Untuk memiliki apartemen bukan hal yang mudah.

Diperlukan biaya yang tidak sedikit agar anda bisa mempunyai sebuah slot apartemen yang memiliki letak strategis dan fasilitas yang lengkap.

Namun ada cara mudah agar anda bisa mewujudkan hal tersebut dengan cara pengajuan kredit KPA.

Apartemen dinilai menjadi salah satu jenis properti mewah yang ditujukan untuk mereka yang mempunyai penghasilan menengah ke atas.

Namun tahukah anda jika apartemen dapat dengan mudah dimiliki tanpa perlu menabung dulu supaya uang cukup untuk membelinya.

Saat ini yang jadi pilihan adalah KPA. Dengan cara mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen tersebut, anda dapat dengan mudah memperoleh apartemen seperti yang anda inginkan.

Apa Itu KPA?

kredit pemilikan apartemen adalah

Seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi dan juga gaya hidup masyarakat, saat ini sudah banyak jenis hunian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan serta keinginan anda. Sebagai contoh rusun, rumah, rukan, ruko dan lain sebagainya.

Salah satu jenis tempat tinggal baru yang ada di Indonesia yang saat ini sedang menjamur yaitu apartemen.

Kini apartemen sering bermunculan untuk terus memfasilitasi para pencari tempat tinggal.

Dengan semua kemudahan yang ditawarkan serta fasilitas lengkap yang disuguhkan, maka saat ini apartemen mulai menjadi salah satu jenis nian yang paling banyak dicari.

Mulai dari mahasiswa, karyawan yang masih single, sampai dengan pasangan yang baru saja menikah.

Kabar buruknya harga apartemen memang tidak murah, sehingga muncul produk perbankan baru yakni Kredit Pemilikan Apartemen atau yang disebut dengan KPA.

Namun seperti apa cara mengajukan KPA dan apa saja yang menjadi syarat nya?

Lewat artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara dan juga syarat mengajukan kredit apartemen untuk anda yang memiliki keinginan punya apartemen dengan biaya yang ringan dan proses yang mudah.

Syarat Pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen

kredit pemilikan apartemen dalam bahasa inggris

Sama halnya seperti mengajukan kredit jenis lain yang punya banyak persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pemohon, maka dalam mengajukan KPA juga demikian.

Pengajuan KPA mempunyai beberapa persyaratan utama. Persyaratan tersebut harus dipenuhi oleh pemohon sebelum mengajukan.

Meskipun syarat untuk setiap bank berbeda, akan tetapi beberapa syarat umum yang diterapkan dalam mayoritas bank di Indonesia untuk mengajukan KPA adalah sebagai berikut

  • Berkewarganegaraan Indonesia dan berdomisili di negara Indonesia
  • Mempunyai pekerjaan serta penghasilan tetap, baik sebagai pegawai, karyawan ataupun profesional dan sudah bekerja paling tidak selama 1 tahun
  • Usia genap 21 tahun atau sudah menikah
  • Mempunyai riwayat kredit yang bersih baik berupa pinjaman KTA, kartu kredit atau pinjaman jenis yang lainnya
  • Melengkapi dokumen yang diperlukan dan tidak masuk dalam daftar hitam atau blacklist BI.

Semua persyaratan sudah dipenuhi maka pemohon dapat memilih unit apartemen yang seperti diinginkannya.

Di dalam memilih unit dan juga bank penyedia fasilitas pembiayaan Kredit Pemilikan Apartemen terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah:

Ketahui secara jelas dokumen apa saja yang nantinya diperlukan untuk melengkapi pengajuan KPA supaya tidak keliru.

Sesudah semua dokumen lengkap dan diajukan pada pihak bank, selanjutnya akan disurvei untuk menilai atau appraisal apartemen yang ingin dibeli nantinya.

Sebelumnya juga pertimbangkan penawaran yang telah diberikan oleh pihak bank secara detail. Baik dari suku bunga sampai dengan biaya-biaya lain ketika akad kredit seperti asuransi dan lainnya.

Setelah semua persyaratan dipenuhi oleh pemohon dan telah disetujui pihak bank yang terakhir nantinya akan disetujui akad kredit.

Langkah-Langkah Dalam Pengajuan KPA

kredit pemilikan apartemen bank mandiri

Di bawah ini merupakan beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pengajuan KPA. Dengan memenuhi semua syarat untuk mengajukan kta dan mengikuti langkah-langkahnya secara tepat, maka proses dalam pengajuan KPA akan berjalan dengan mudah.

Untuk itu, simak langkah pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Memahami Kemudahan dan Manfaat KTA Online (Perlu Tahu)

Lengkapi Semua Dokumen

Saat pemohon sudah memilih unit apartemen yang ia inginkan dan telah melakukan pemesanan, kemudian setelah itu dirinya dapat segera melengkapi berbagai macam dokumen penting yang disyaratkan di dalam pengajuan kredit KPA.

Dokumen tersebut diantaranya berisi dokumen pribadi dan dokumen tambahan.

Untuk dokumen pribadi yang harus dilengkapi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi identitas diri pemohon dan pasangan
  2. Pas foto terbaru pemohon dan pasangan
  3. Mengisi form pengajuan untuk aplikasi kredit
  4. Fotokopi kartu keluarga serta surat nikah ataupun surat cerai untuk pasangan yang sudah bercerai
  5. Slip gaji asli atau surat keterangan penghasilan yang telah diberi stempel dari tempat kerja, instansi atau perusahaan
  6. Fotokopi akta pendirian perusahaan baik SITU, SIUP atau TDP untuk wiraswasta atau pengusaha
  7. Fotocopy SKk pengangkatan pegawai tetap bagi karyawan dan pegawai
  8. Fotocopy NPWP
  9. Fotokopi rekening koran ataupun buku tabungan 3 bulan terakhir
  10. Laporan keuangan hasil usaha paling tidak tiga bulan terakhir
  11. Fotokopi izin praktek ini untuk khusus profesional.

Sementara itu, untuk dokumen tambahan yang diberikan oleh pihak apartemen yang sudah dipesan biasanya anda diminta untuk melengkapi seperti: salinan jadwal pembayaran apartemen, salinan bukti surat pemesanan apartemen dan fotocopy bukti pembayaran booking fee dan brosur dari developer jika dibutuhkan.

Beberapa salinan dokumen persyaratan pengajuan KPA di samping dapat digunakan sebagai arsip, maka dokumen salinan tersebut dapat dipakai untuk mengajukan KPA ke berbagai macam bank lain.

Supaya bila pengajuan di bank pertama tidak dikabulkan, masih bisa mengajukan ke beberapa pilihan bank lainnya. Jika semua dokumen sudah siap ajukan ke bank penyedia fasilitas KPA yang anda inginkan.

Survey Dari Pihak Bank

kredit pemilikan apartemen mandiri

Jika pihak bank sudah menerima dokumen pengajuan yang diserahkan pemohon, maka selanjutnya dilakukan cross check atau survei.

Bank akan memeriksa data riwayat kredit pemohon di dalam daftar SID atau yang disebut dengan

Sistem Informasi Debitur di BI. Juga menilai unit apartemen yang diinginkan oleh pemohon. Proses ini disebut dengan penilaian atau appraisal.

Bila dalam hal ini developer apartemen bekerjasama dengan pihak bank, maka pemohon akan bebas dari biaya appraisal.

Akan tetapi lain halnya bila unit di apartemen yang diinginkan berasal dari developer lain. Tentu akan dikenakan biaya tambahan.

Disamping itu, waktu penilaian atau appraisal ini cenderung memakan waktu yang lumayan lama.

Akad Kredit

Setelah appraisal disetujui dan pemohon menentukan jenis serta fasilitas pembiayaan KPA sesuai kemampuannya, selanjutnya pemohon kredit akan disetujui oleh pihak bank.

Dua belah pihak melakukan penandatanganan akad kredit. Dalam proses ini pemohon KPA bersama pasangan harus hadir dan tidak bisa diwakilkan.

Setelah semua proses dilewati dari tahap pertama hingga tahap akhir, maka bersiaplah untuk menyisihkan pembayaran penghasilan untuk membayar cicilan bulan pertama.

Proses mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen memang cukup rumit, namun demi sebuah hunian impian proses panjang tidak jadi masalah bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.