Pengertian Kredit Multiguna, Jenis dan Keunggulannya

kredit multiguna

Pengertian dari kredit multiguna adalah salah satu produk perbankan dan multifinance yang memberi fasilitas pinjaman uang atau dana tunai.

Pinjaman ini dapat dimanfaatkan oleh nasabahnya untuk keperluan kesehatan, pembiayaan kendaraan, pendidikan, renovasi rumah, bahkan untuk kebutuhan konsumtif.

Beberapa contohnya yaitu membeli barang elektronik, motor, mobil, biaya pernikahan atau biaya traveling.

Di berbagai perusahaan, layanan ini diberikan untuk pegawai tetap yang sudah bekerja minimal 2 tahun dan masih mempunyai masa kerja 1 tahun saat pinjaman jatuh tempo.

Calon nasabah harus menyerahkan surat keterangan pengangkatan dan surat keterangan jabatan serta slip gaji.

Selanjutnya pembayaran angsuran diproses secara langsung menggunakan sistem potong gaji, dana yang bisa diberikan akan disesuaikan dengan kebutuhan si peminjam.

Serta tergantung dari kebijakan internal pihak debitur, biasanya menggunakan nilai taksir jaminan dan juga profil keuangan calon nasabah.

Jenis-Jenis Kredit Multiguna

simulasi kredit multiguna

Ada beberapa macam fasilitas yang bisa anda manfaatkan. Namun sebelumnya kita harus mengetahui apa saja jenis kredit tersebut.

Dibawah ini kami sampaikan berbagai layanan yang dapat menjadi pilihan nasabah, sesuaikanlah dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Kredit Usaha

Pada umumnya ditujukan saat anda ingin mendirikan usaha atau mengembangkan usaha yang sudah anda miliki.

Jaminannya bisa ditentukan sendiri oleh nasabah apakah ingin menggunakan layanan gadai bpkb mobil, motor atau sertifikat.

Jumlah pinjaman yang diajukan tidak boleh melebihi nilai taksir jaminan. Misal jika yang dijadikan jaminan berupa rumah dengan nilai taksir 500 juta, anda tidak bisa mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar.

Pengajuan pinjaman sebaiknya anda sesuaikan dengan jumlah kebutuhan. Jangan sampai melebihi dari kemampuan bayar, supaya tidak terlalu berat untuk angsurannya.

Nantinya aset yang dijadikan jaminan akan dinilai dan di survey oleh pihak bank atau multifinance untuk menentukan apakah pengajuannya disetujui atau ditolak.

Apabila di approve, dana akan cair dalam waktu beberapa jam atau beberapa hari sesuai dengan kebijakan pihak debitur.

Hindari telat bayar angsuran, jangan sampai terjadi kredit macet karena akan berakibat pada tarik unit yang dijaminkan.

Biasanya aset tarikan akan dilelang sesuai peraturan untuk menutupi utang nasabah yang belum lunas.

Kredit multiguna jenis ini pada umumnya digunakan untuk pinjaman uang dengan nominal besar dan tenor lama.

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

kredit multiguna bri

Jika anda membeli motor dengan cara kredit, BPKB akan disimpan terlebih dahulu oleh pihak leasing sampai angsuran Anda lunas.

Konsumen mengangsur tiap bulan untuk kendaraan yang dibeli sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Aturan yang ditetapkan yaitu seluruh cicilan harus dilunasi, baru BPKB bisa diserahkan ke nasabah.

Jika sampai terlambat membayar angsuran, denda akan dikenakan dan jika tidak mampu melunasi, kendaraan akan ditarik oleh pihak leasing.

Baca juga: Cara Memilih Masa Tenor KTA Terbaik Agar Tidak Salah Langkah

Tapi anda tak perlu khawatir, sebab leasing tidak akan sembarangan tarik unit karena ada aturan dari pemerintah mengenai jaminan fidusia yang berisi jaminan pinjaman merupakan milik peminjam yang dipercayakan untuk dipegang pihak yang meminjami hingga lunas.

Sehingga BPKB dan kendaraan merupakan milik orang yang mengkredit. Jika sampai terjadi masalah berupa gagal bayar, maka bisa diselesaikan secara hukum.

Jika menarik motor secara sepihak, berarti leasing tersebut telah melanggar hukum dan dapat dipidanakan.

Pegadaian

Pegadaian merupakan perusahaan pemerintah yang menyediakan jasa kredit multiguna pinjaman uang dengan jaminan berupa aset yang dimiliki oleh peminjam.

Umumnya aset yang bisa digunakan untuk jaminan dalam pegadaian diantaranya kendaraan bermotor, sertifikat rumah, emas, BPKB, laptop dan barang berharga lain.

Bagi para pelaku usaha, ada lima jenis jasa layanan khusus pegadaian diantaranya adalah:

Kredit angsuran dengan sistem gadai atau KRASIDA. Produk ini memiliki keunggulan yaitu anda bisa mendapatkan pinjaman mencapai 250 juta dengan syarat jangka waktu minimal operasional yang tidak ditentukan.

Kredit angsuran fidusia atau KREASI. Pegadaian kreasi merupakan pinjaman yang diberikan khusus untuk usaha mikro kecil dan UMKM agar dapat mengembangkan usaha dengan skema penjaminan fidusia.

Pinjaman yang diberikan cukup besar antara 3 hingga 200 juta, tapi syarat minimal operasional usaha harus sudah berusia 1 tahun.

Amanah. Produk ini merupakan layanan kredit kendaraan bermotor berdasarkan prinsip syariah. Untuk pegawai negeri atau pegawai swasta dapat mengakses layanan ini.

Terakhir adalah pegadaian ARRUM. pegadaian ini sesuai prinsip syariah khusus bagi pengusaha mikro dan kecil untuk mengembangkan usaha.

Jaminan yang digunakan hanya BPKB asli sementara kendaraan bermotor dapat digunakan untuk usaha.

KPR atau KPA

KPR dan KPA adalah kredit yang paling banyak diminati bagi mereka yang sudah berkeluarga namun ingin mempunyai tempat tinggal tetap.

Prinsip kedua fasilitas tersebut pada dasarnya sama, hanya berbeda objeknya. KPR untuk rumah dan KPA untuk apartemen.

Persyaratan yang ditetapkan juga hampir sama. Bila di KPR nasabah memberikan surat hak milik hunian untuk jaminan hingga lunas.

Apabila terjadi terlambat pembayaran, sanksi akan diterapkan bahkan akan disita bank jika secara terus-menerus tidak dapat melunasi angsuran.

Keunggulan Kredit Multiguna

kredit multiguna adalah

Di bawah ini merupakan beberapa hal yang menjadi keunggulannya. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan saat menggunakan layanan ini.

Limit Pinjaman Tinggi

Kelebihan utama yang diberikan oleh fasilitas ini adalah memiliki limit pinjaman tinggi. Dengan demikian, jangka waktu untuk melaksanakan proses pembayaran juga semakin panjang.

Ini karena adanya syarat menggunakan aset untuk jaminan. Dengan demikian risiko bank atau leasing untuk rugi karena nasabah mengalami gagal bayar bisa lebih kecil jika dibandingkan dengan kredit tanpa agunan (KTA).

Misalnya jika ingin meminjam dana satu milyar untuk pengembangan bisnis, maka anda dapat menyerahkan surat tanah atau rumah yang nilainya sama dengan permintaan dana ke pihak kreditur.

Jika pengajuan disetujui dan lolos survey, maka dana akan cair secepatnya langsung ke rekening nasabah.

Tenor Lebih Panjang

Dengan diberikannya limit pinjaman tinggi, kemungkinan kemampuan membayar utang juga semakin panjang.

Sejumlah bank dan multifinance memberikan tenor maksimal hingga 5 sampai 10 tahun, bahkan ada bank yang mampu menawarkan tenor lebih lama lagi.

Tapi anda harus ingat, selama apapun masa tenor, jika tidak dapat melunasi seluruh kewajiban maka akan percuma saja karena jika tidak ada solusi dari pihak nasabah, maka agunan yang diberikan akan disita oleh pihak bank.

Penggunaan Fleksibel

Disamping itu, kredit multiguna lebih fleksibel sebab dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Baik untuk bisnis, konsumtif atau modal usaha. Berbeda dengan KTA yang kadang hanya dapat digunakan untuk tujuan konsumtif saja.

Sekarang produk keuangan ini sangat diandalkan oleh masyarakat luas untuk memenuhi berbagai macam tujuan.

Sebab namanya saja multiguna, penggunaannya tidak ditentukan oleh pihak kreditur dan dapat disesuaikan dengan keinginan nasabah.

Kekurangan Kredit Multiguna

kredit multiguna syariah

Diantara begitu banyak kelebihan yang ditawarkan, tentu ada salah satu kekurangan dari jenis kredit ini.

Jika anda tidak memiliki jaminan atau agunan, sudah dapat dipastikan bahwa anda tidak bisa memperoleh pinjaman dari produk finansial ini.

Dengan demikian, secara otomatis mimpi untuk memperoleh dana tunai cepat cair harus anda hilangkan, sebab tidak realistis.

Oleh sebab itu, solusi lain yang dapat anda ambil adalah memilih menggunakan layanan Kredit Tanpa Agunan.

Terlepas dari itu semua, setelah mengetahui manfaat kredit multiguna apakah anda tertarik dengan produk ini?

Walaupun cukup sulit untuk mendapatkannya, sebab harus mempunyai aset untuk dijadikan sebagai jaminan.

Namun produk ini cukup banyak yang mencari, sebab berguna untuk berbagai macam situasi yang mengharuskan adanya uang tunai dengan cepat.

Tetapi apapun kredit yang anda pilih, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan sampai berlebihan dalam pengajuannya supaya tidak terjebak dalam urusan pelunasan angsuran yang terlalu banyak.

Silakan Anda kunjungi Bank BCA, BRI, BNI atau Mandiri untuk informasi lebih lanjut mengenai detail setiap produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.