Cara KPR Rumah Second Lengkap Dengan Tahapannya

kpr rumah second

Membeli rumah bekas karena alasan tertentu memang menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Namun apabila ingin memanfaatkan fasilitas KPR rumah second, prosedurnya tidak segampang yang dibayangkan.

Ada beberapa macam tahapan yang harus dilalui. Dengan minimnya pemahaman dari calon nasabah mengenai proses dan juga syarat yang diperlukan untuk membeli rumah dengan cara KPR, hal tersebut akan menjadi kendala tersendiri.

Sebenarnya prosesnya tidak rumit bila anda mengetahui langkah yang harus dilakukan dengan teliti dan benar.

Baca juga: Memahami Cara Pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) dan Syaratnya

Berikut ini merupakan tahap-tahap yang harus dilalui untuk KPR rumah second lengkap dengan panduannya.

Semoga informasi yang disampaikan ini dapat membantu serta memudahkan anda untuk bisa lebih memahami bagaimana mekanismenya.

Langkah & Cara KPR Rumah Second

perhitungan kpr rumah second

Walaupun dalam membeli rumah dengan KPR anda harus melalui berbagai macam tahapan, akan tetapi tidak ada salahnya anda untuk mencobanya.

Rumah seken yang dimaksud di sini yang itu rumah yang dijual oleh pemiliknya langsung dan bukan dari pengembang atau developer.

Inilah letak perbedaannya, jika membeli rumah baru dari developer yang telah bekerjasama dengan bank, pemilikan rumah baru melalui KPR tidak sesulit dibandingkan ambil rumah lama.

Alasanya karena anda harus mencari sendiri bank pemberi kredit. Supaya anda tidak merasa bingung dan salah dalam membeli rumah seken melalui fasilitas KPR berikut ini merupakan panduan lengkapnya.

Ukur Kemampuan Finansial Anda

Untuk membeli sebuah rumah diperlukan modal besar dan perhitungan yang matang. Dalam hal ini anda harus benar-benar mengetahui kemampuan finansial anda sendiri untuk dapat mengangsur cicilan rumah.

Aturan yang umumnya diterapkan oleh pihak bank untuk jumlah maksimal angsuran rumah yaitu 30% penghasilan bulanan anda.

Jumlah ini tentu saja bisa diambil dari gabungan penghasilan suami istri. Misalnya jika penghasilan suami dengan istri tiap bulannya 20 juta, maka jumlah yang bisa dipakai untuk angsuran rumah sebesar 6 juta.

Bila dalam pembelian rumah baru akan dikenakan Down Payment 20% sampai 30%, maka untuk membeli rumah seken dibutuhkan uang muka dengan ketentuan yang sama.

Perbedaannya jika untuk membeli rumah baru, DP diberikan kepada pihak pengembang, sedangkan untuk rumah seken DP diberikan pada penjualnya langsung.

Cari Rumah yang Sesuai dan Disepakati dengan Pihak Penjual

kpr rumah second dp 10

Dalam mencari rumah yang sesuai tidaklah mudah, sekalinya ada rumah yang bagus dan cocok kualitasnya, harganya kadang tidak pas di kantong.

Pada akhirnya harus perlu waktu lama untuk mencari rumah yang cocok dengan keinginan dan juga kemampuan keuangan kita.

Bila anda telah menemukan rumah yang harganya pas dan sesuai dengan kebutuhan, maka anda harus cepat-cepat membuat kesepakatan atau deal dengan pihak penjual.

Bila tidak, maka anda dapat kecolongan oleh peminat lain yang mungkin rela untuk membayar sedikit lebih mahal dari anda.

Terlebih dahulu sampaikan keinginan anda pada penjual. Setelah itu, lakukan penawaran harga sampai kedua belah pihak menemukan kesepakatan.

Ingatlah bahwa untuk mengestimasikan kemampuan finansial anda dalam membayar DP rumah sebelum menawar. Jangan sampai sudah capek menawar tapi tidak jadi membeli.

Cari KPR yang Sesuai

kpr rumah second dp berapa persen

Tahap selanjutnya sesudah mencapai kesepakatan atau deal dengan penjual. Yaitu mencari bank dengan KPR yang sesuai kualifikasi anda.

Anda dapat mengajukan KPR dengan cara mempersiapkan syarat yang telah diberikan oleh pihak bank.

Tentunya syarat dari setiap bank berbeda-beda, namun persyaratan umum yang sering diminta adalah sebagai berikut:

  • KTP dan Kartu Keluarga
  • NPWP
  • Surat nikah
  • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir
  • Slip gaji 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan kerja.

Disamping beberapa syarat tersebut, jangan lupa dokumen lengkap mengenai rumah yang akan dibeli, itu bisa anda minta dari pihak penjual.

Adapun dokumen rumah yang sering diperlukan adalah:

  • Fotokopi sertifikat rumah
  • Fotokopi bukti pembayaran PBB pada tahun terakhir
  • Surat kesepakatan jual beli rumah antara penjual dan pembeli yang sudah ditandatangani diatas materai
  • Fotokopi ijin mendirikan bangunan atau IMB.

Appraisal Untuk KPR Rumah Second

Jika pengajuan yang anda berikan sudah diterima oleh pihak bank, selanjutnya akan dilakukan proses penilaian atau appraisal.

Dalam menilai kapasitas calon debitur untuk pinjaman yang diajukan, proses tersebut biasanya meliputi pengecekan kondisi finansial serta kredit skor dari SLIK OJK, atau dulu dikenal dengan istilah BI Checking.

Faktor ini penting sekali ketika anda ingin mengajukan kredit. Penilaian dilakukan dengan tujuan untuk langkah antisipasi oleh pihak bank pada kredit macet.

Selanjutnya dilakukan penilaian harga rumah. Dalam hal ini pihak bank melakukan survei ke rumah yang hendak dibeli agar dapat mengestimasi harganya.

Estimasi harga nantinya menjadi panduan dalam menentukan plafon pinjaman yang hendak diberikan oleh bank pada debitur.

Umumnya debitur akan dikenai biaya penilaian kurang lebih Rp 500.000 – 1.000.000 pada saat survei dan untuk proses ini, debitur tidak perlu ikut serta dalam proses penilaian atau appraisal.

Setelah appraisal selesai, bank memutuskan persetujuan KPR dan jumlah pinjaman yang disetujui pinjaman besarnya adalah 80% dari estimasi harga yang didapat melalui appraisal.

Ini adalah harga yang ditetapkan oleh bank, bukan penjual. Setelah itu, anda harus menyiapkan uang untuk membayar biaya KPR. Umumnya biayanya sekitar 10% dari plafon pinjaman.

Mengurus SPK atau Surat Perjanjian Kredit

Tahap selanjutnya adalah mengurus Surat Perjanjian Kredit. Jangan sampai lupa agar selalu mengecek isi SPK.

Sebab semua ketentuan dan biaya yang tertulis adalah ketentuan yang berlaku di bawah hukum serta tidak bisa diganggu gugat.

Ada berapa poin yang sebaiknya dicek dalam SPK di antaranya adalah suku bunga yang telah ditetapkan, biaya lain yang dapat muncul misalnya (biaya administrasi, biaya provisi, biaya notaris, biaya asuransi, biaya pajak dan lain sebagainya).

Penalti atau denda pelunasan yang telah dipercepat, serta penentuan notaris yang nantinya akan mengurus semua dokumen pembelian rumah.

Akad Pembelian untuk KPR Rumah Second

kpr rumah second tanpa dp

Jika SPK telah disetujui, maka proses selanjutnya anda dapat melakukan proses akad. Ini akan berlangsung dengan bantuan serta arahan notaris terpilih dan menghadirkan pihak pihak yang terkait.

Diantaranya adalah pihak penjual, pihak pembeli dan juga pihak bank yang memberikan kredit. Agar dapat menyelesaikan proses akad, sebagai pihak debitur atau pihak pembeli anda harus melakukan berbagai macam hal seperti berikut ini:

  • Melunasi biaya KPR
  • Melunasi semua biaya notaris yang telah menjadi kewajiban dari pihak pembeli seperti biaya jasa notaris dan untuk biaya pembuatan dokumen yang terkait
  • Menyiapkan serta menyerahkan berbagai macam kelengkapan dokumen yang diperlukan. Diantaranya: Kartu Keluarga, KTP, sertifikat rumah, NPWP, PBB, IMB
  • Menunggu notaris mengecek keabsahan dari semua dokumen yang terkait.
  • Menghadiri akad kemudian menandatangani akad yang berlangsung di hadapan notaris.
  • Bila sudah menikah maka wajib untuk datang bersama dengan pasangan
  • Mendengarkan semua hak dan kewajiban dari pihak-pihak terkait dalam proses jual beli rumah bekas.

Jika akad berjalan lancar, pihak bank mentransfer dana yang telah disepakati pada pihak penjual. Kemudian balik nama akan langsung dikerjakan oleh notaris.

Setelah selesai, IMB, sertifikat dan PBB asli harus diserahkan pada pihak bank untuk jaminan. Sampai disini proses cara KPR rumah second sudah selesai.

Anda akan mendapatkan kunci rumah dan fotokopi sertifikat IMB dari notaris akta jual beli setelah 3 bulan penandatanganan akad kredit.

Demikian dan terima kasih, silakan bagikan artikel ini pada yang lain jika dirasa informasinya berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.