Kenapa Anda Ingin Menjadi Wiraswasta?

kenapa anda ingin jadi wiraswasta

Sebelum mulai berbisnis, pertama, anda harus bisa mengatakan kenapa anda ingin menjadi wiraswasta? atau kenapa anda secara pribadi ingin memulai bisnis anda sendiri.

Apakah ingin punya lebih banyak waktu luang? Jika jawabannya YA, pilihlah bidang lain selain kewiraswastaan.

Pada akhirnya, jika anda telah sepenuhnya belajar tentang bagaimana menjalankan sebuah bisnis dan sudah mampu mendelegasikan tugas dan wewenang, baru anda bisa mendapatkan lebih banyak waktu luang (tahap yang mulai dicapai oleh sebagian pengusaha yang bekerja atau berusaha selama bertahun-tahun!).

Tetapi, untuk dapat mencapai tahap itu, dibutuhkan latihan keras selama bertahun-tahun dan dipasangnya sistem antitipu yang dapat diandalkan.

Menjadi seorang pengusaha memang sebuah kerja keras yang sangat memakan waktu, tenaga, dan pikiran bahkan modal.

Karakteristik Wirausaha

alasan seseorang tidak berminat menjadi wirausaha

Apakah anda ingin menjadi kaya? Anda bisa menjadi kaya, tetapi tidak dalam waktu singkat. Seorang wiraswasta yang saya kenal mengatakan bahwa dia ingin menghasilkan 100 juta per minggu pada Desember 2008.

Dia kemudian membangun bisnisnya bersama temannya agar dia bisa mencapai hal yang menjadi sasarannya.

Tujuannya itu sangat masuk akal dan bisa dicapai. Kini, dia telah mendapatkan penghasilan dua kali lipat dari yang pernah dia tetapkan!.

Alasan saya meminta anda untuk melihat tujuan-tujuan anda lebih dalam lagi adalah karena banyak pengusaha baru yang sudah terlalu terjerumus dalam suatu masalah sebelum akhirnya mereka menyadari bahwa sebenarnya mereka tak terlalu suka menjadi seorang wiraswasta.

Mereka terjebak dalam keadaan seperti ini karena sebelumnya mereka tidak menganalisis tujuan-tujuan pribadi mereka-hal-hal yang paling mendasar, hal-hal yang paling sederhana yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Saya telah melihat banyak restoran dan bisnis eceran yang gulung tikar karena pemiliknya terlalu asyik terjebak dalam romantisme menjalankan bisnis mereka sendiri sehingga tak menyadari apa sebenarnya alasan mereka ingin membuka sebuah bisnis.

Tetapkan Tujuan 

alasan bercita cita menjadi pengusaha

Apakah anda ingin bersenang-senang? Siapa yang tidak kan? Tentu saja, anda ingin bersenang-senang. namun ingat, anda harus tahu pentingnya sebuah tujuan.

Tentukanlah sebuah tujuan yang sederhana dan yang mungkin dicapai, lalu tempelkan tujuan itu dimana saja.

Tanya ke diri sendiri, “Sebenarnya apa yang benar-benar diinginkan dari bisnis ini?” Setelah anda bisa menjawab pertanyaan itu, mintalah pendapat dari beberapa orang anggota keluarga anda, teman-teman, para pengusaha lain, pengacara dan akuntan anda tentang jawaban anda itu.

Namun ingat, banyak keluarga dan teman anda yang tak paham tentang bisnis. Dan hanya karena paman gober punya bisnis bukan berarti dia ahli dalam masalah bisnis.

Meskipun demikian, mereka bisa menunjukkan potensi-potensi masalah yang mungkin akan ditimbulkan oleh bisnis anda  bagi keluarga dan kehidupan pribadi anda.

Setelah anda menentukan tujuan pribadi dan memastikan bahwa tujuan itu masuk akal dan tidak menimbulkan konflik dalam diri anda, sasaran anda yang berikutnya haruslah berpusat pada bagaimana anda bisa menciptakan pelayanan atau produk yang berkelas dunia.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis

Produk atau pelayanan yang anda berikan harus dirancang sedemikian rupa sehingga akan bisa memberikan kepuasan, bahkan kebahagiaan bagi klien dan pelanggan anda.

Lakukanlah hal ini dan buatlah tujuan-tujuan penunjang, dan anda akan mulai melihat bagaimana uang anda akan mengalir masuk.

Buatlah tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek adalah hal-hal yang ingin anda raih dalam waktu satu tahun, dan tujuan jangka panjang adalah hal-hal yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapainya.

Semua tujuan itu haruslah menunjang tujuan utama anda. Tujuan utama anda bisa didefinisikan sebagai sebuah tujuan yang jika sudah tercapai akan membuat anda merasa bahwa anda sudah tiba di puncak.

Daftar tujuan jangka pendek anda haruslah berisi hal-hal yang ingin dan perlu anda capai tahun depan, yaitu tujuan yang harus dicapai saat ini agar bisnis anda dapat mencapai kesuksesan pada masa datang.

Daftar tujuan jangka panjang anda haruslah berisi sasaran-sasaran yang ingin anda capai dalam 2 hingga 10 tahun mendatang. Tujuan-tujuan ini akan menjadi tonggak penting bagi bisnis anda menuju tujuan utama.

Sebisa mungkin buatlah agar tujuan-tujuan anda bisa diukur. itulah sebabnya pertandingan olahraga selalu melibatkan pencatatan nilai.

Dan buatlah agar tujuan-tujuan anda masuk akal. jika anda baru saja memulai usaha menjual properti, akan tak masuk akal jika anda membuat target penjualan rumah senilai “20 Milyar rupiah” pada tahun pertama.

Tetapi, jika sasaran anda adalah menjual rumah senilai satu milyar rupiah, yaahhhh….itu mungkin bisa dicapai.

Oleh karena itu, pastikanlah bahwa tujuan anda masuk akal dan bisa dicapai. Meski pada akhirnya jika tujuan itu memakan waktu yang lebih lama pencapaiannya, tak mengapa.

Fokus Pada Visi dan Inovasi

kapan saatnya jadi entrepreneur

Tak ada hal yang bisa membuat anda lebih frustasi dibanding memilih tujuan yang sangat tak mungkin dicapai.

Ukur kemampuan beserta sumber daya yang dimiliki saat ini, tidak perlu terlalu ambisius di awal sebab hanya membuat Anda frustrasi.

Ingat, memulai itu mudah, yang sulit ialah mengembangkan lalu mempertahankannya, jangan hanya bermain pada titik aman, Anda harus berani berinovasi namun harus selalu diukur.

Yang terakhir adalah pastikan bahwa anda merayakan setiap atau semua prestasi yang berhasil anda raih dalam usaha untuk mencapai tujuan.

Ini sangat penting karena anda harus menghadiahi diri sendiri untuk setiap tujuan yang sulit diraih

Jika anda tak menghadiahi diri sendiri pada saat anda sedang mengejar sebuah tujuan besar, anda takkan berhasil. ini juga berlaku bagi tujuan-tujuan non bisnis.

Apabila Anda sudah berada diatas, jangan cepat puas. Tanamkan pada diri sendiri dan tim Anda mengenai kecemasan.

Maksud cemas disini ialah bukan berarti harus was-was setiap menitnya karena itu hanya membuat hidup menjadi tidak nyaman.

Timbulkan sifat tersebut agar Anda dan tim bisa terus membuat gagasan baru supaya perusahaan bisa terus beradaptasi dengan perubahan atau perkembangan jaman.

Stay Foolish Stay Hungry

jelaskan mengapa seseorang memilih menjadi wirausaha

Tidak ada yang abadi di dunia ini, banyak perusahaan-perusahaan besar yang dulunya menjadi raja di industrinya, namun sekarang sudah lenyap ditelan persaingan.

Begitupun juga sebaliknya, dengan berkembangnya teknologi dan internet, anak kos pun sekarang bisa menjelma menjadi CEO sebuah perusahaan dengan kapitalisasi triliunan rupiah dalam waktu singkat apabila ia memiliki produk atau jasa yang bisa menjadi solusi bagi orang banyak.

Era saat ini bisa dibilang menjadi era yang penuh dengan peluang, tidak ada yang membayangkan sebuah aplikasi online bisa menumbangkan kekuatan korporasi raksasa.

Salah satu kunci penting lainnya adalah tetap efisien dalam penggunaan uang, jangan boros mengeluarkan dana untuk sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan inti bisnis Anda.

Banyak pengusaha pemula diluar sana yang berambisi mengumpulkan uang atau modal hingga miliaran rupiah dan setelah usahanya berdiri, tidak berselang lama perusahaannya bangkrut sebab ia tidak bisa memanage keuangan dengan baik.

Demikian pengetahuan singkat ini kami informasikan, di situs BelajarKeuangan.com banyak sekali tips mengenai keuangan dll yang bisa dipelajari untuk menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.