Kenali Untung Rugi Asuransi Pendidikan Bagi Anak

Kenali Untung Rugi Asuransi Pendidikan Bagi Anak

Siapa orang tua yang tidak menginginkan pendidikan terbaik bagi sang anak? Pastinya semua orang tua ingin menempatkan pendidikan anak di dalam prioritas hidup mereka.

Asuransi pendidikan banyak dipilih oleh orang tua sebagai salah satu cara dalam memastikan pendidikan anak supaya terjamin.

Akan tetapi, masih banyak orangtua yang belum mengetahui untung rugi layanan tersebut bagi anak.

Memberikan pendidikan yang berkualitas menjadi tantangan yang tidak mudah untuk orang tua, khususnya dari segi finansial.

Biaya pendidikan yang menunjukkan peningkatan yang dramatis dari tahun ketahun dapat memberatkan orang tua dalam memberikan pendidikan terbaik bagi anaknya.

Karena alasan inilah, banyak orang tua yang memutuskan ikut menggunakan asuransi pendidikan.

Lalu apa untung ruginya dan apakah perlu anak diberikan fasilitas tersebut sejak dini?

Keuntungan Asuransi Pendidikan

asuransi pendidikan adalah

Perusahaan asuransi membentuk produk tersebut guna memberikan keuntungan bagi konsumen dan sebagai penjamin supaya anak bisa menyelesaikan pendidikannya.

Sebagai orang tua, tentu saja anda tidak ingin melihat anak berhenti sekolah atau berhutang demi mendapatkan biaya pendidikan yang nantinya harus dilunasi.

Untuk anda yang ingin memiliki asuransi pendidikan bagi anak, ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan di antaranya adalah:

Merencanakan Pendidikan

Tertanggung wajib untuk menyertakan kebutuhan pendidikan seperti apa yang diinginkan. Anda harus merencanakan berapa perkiraan jumlah biaya yang diperlukan dan akan sampai tingkatan apa pendidikan bagi anak anda. Dengan sistem seperti ini, sebenarnya anda sudah merencanakan pendidikannya.

Terjaminnya Dana Pendidikan

Salah satu manfaat utama yang dimiliki asuransi pendidikan yaitu dana pendidikan anak yang akan terjamin.

Anak anda bisa mendapatkan pendidikan yang layak sesuai tingkatan yang sudah dijanjikan. Seluruh biaya pendidikan anak akan di cover oleh asuransi karena setiap tahun biaya pendidikan anak semakin meningkat antara 10 hingga 15%.

Maka tabungan saja tidak akan cukup dalam membiayainya. Sebagai orang tua nantinya anda akan mendapatkan dana dari asuransi yang diikuti oleh anak anda serta tidak perlu mencari uang tambahan saat anak ingin masuk sekolah seperti SMP, SMA atau perguruan tinggi.

Dengan keunggulan tersebut maka anda sebagai orang tua bisa lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya.

Perlindungan Bagi Anak Anda

asuransi pendidikan terbaik 2019

Proteksi merupakan hal paling utama dari asuransi pendidikan karena juga memberikan manfaat asuransi jiwa, sehingga jika tertanggung mengalami musibah yang mengakibatkan tertanggung meninggal dunia, maka keluarga bisa mendapatkan uang pertanggungan.

Asuransi juga mempunyai fitur yang tidak dimiliki oleh tabungan pendidikan. Salah satu fitur yang tak terdapat di dalam tabungan adalah tidak melindungi anak tertanggung di dalam polis asuransi, jadi bila anak sakit atau meninggal dunia orang tua atau pemegang polis akan mendapatkan uang pertanggungan dan juga santunan.

Selain itu, ada juga perusahaan asuransi yang menanggung biaya rumah sakit bila anak masuk rumah sakit.

Sementara jika anda hanya memiliki tabungan pendidikan, maka dana pada tabungan bisa saja digunakan untuk membayar biaya rumah sakit.

Sebagai orang tua, tentu anda tidak mau jika uang yang telah dipersiapkan untuk pendidikan justru habis gara-gara membiayai pengobatan anak.

Dalam kondisi seperti ini asuransi bekerja, karena asuransi pendidikan adalah asuransi kombinasi dari asuransi jiwa dan investasi yang meng-cover pihak tertanggung ataupun pemegang polis dari berbagai resiko.

Membantu Mengatur Keuangan

Memiliki asuransi pendidikan secara tidak langsung juga bisa membantu mengatur keuangan dengan lebih baik.

Anda dituntut untuk menyisihkan dana pembayaran premi setiap bulannya. Sehingga dengan cara demikian, akan membiasakan anda untuk menabung dan juga mengontrol pengeluaran.

Disiplin dalam bidang keuangan itu sangat penting dan harus segera dilakukan sedini mungkin agar Anda tidak bertambah pusing apabila ada pengeluaran yang tidak terduga kedepannya.

Ingat, tidak ada orang yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, hanya langkah antisipatif saja yang dapat kita lakukan.

Pembayaran Premi Sesuai Kemampuan Finansial

Keuntungan bila anda mengikuti program asuransi pendidikan yaitu pembayaran premi dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan nasabahnya.

Namun ini juga bisa menjadi kerugian. Mengapa demikian?

Karena premi yang dianggap sesuai dengan kemampuan dompet kita, terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Banyak kasus yang pada umumnya sering terjadi yaitu kebutuhan dana pendidikan anak yang diinginkan para orang tua, namun preminya diatas kemampuan mereka.

Misalnya orang tua hanya dapat membayar premi plan A tetapi kebutuhannya yaitu plan C. Sementara premi untuk plan C jauh lebih besar jika dibandingkan dengan plan A.

Kerugian Asuransi Pendidikan

tabungan pendidikan anak

Selain memberikan keuntungan yang banyak bagi anak anda dalam menempuh pendidikan yang akan direncanakan nantinya, ternyata juga terdapat beberapa kerugian yang dimiliki.

Namun kerugian tersebut bisa dihindari dengan mengetahui informasi lebih banyak tentang risiko produk asuransi pendidikan pilihan anda.

Alternatif lain untuk menghindari kerugian layanan tersebut adalah berkonsultasi dengan konsultan keuangan (financial planner) atau agen yang menawari anda.

Adapun beberapa kerugiannya adalah sebagai berikut:

Jangka Waktu Pembayaran Premi Cukup Lama

Kurang lebih anda memerlukan waktu 5 tahun untuk pembayaran preminya. Ini termasuk pembayaran yang relatif lama dan dinilai sebagai salah satu hal yang bisa merugikan klien.

Berarti anda harus membayar premi berkelanjutan dalam waktu 5 tahun. Jika di jangka waktu tersebut terdapat pengeluaran dalam jumlah besar, anda masih terikat dengan tanggung jawab premi.

Baca juga: Ketahui 12 Perusahaan yang Memberikan Biaya Premi Termurah 

Bahkan ada yang memberlakukan jangka waktu pembayaran premi bergantung pada investasi dana asuransi nasabah.

Bila investasi membuahkan hasil, jangka waktu premi sesuai dengan yang ada di perjanjian, namun jika investasi tidak membuahkan hasil maka tertanggung harus menyambung pembayaran sampai jangka waktu premi yang melebihi perjanjian

Waktu Klaim Tidak Fleksibel

Biasanya asuransi pendidikan waktu klaimnya tidak fleksibel. Klaim hanya dapat dilakukan ketika anak memasuki tingkatan pendidikan tertentu.

Ini dinilai cukup merugikan, sebab dana yang ditanamkan tidak bisa digunakan sebagai dana darurat bagi nasabahnya.

Nilai Investasi Kecil

Setiap produk asuransi yang menjanjikan investasi sebenarnya memiliki nilai investasi kecil. Anggapan bahwa asuransi merupakan salah satu instrumen investasi keuangan itu kurang tepat.

Asuransi adalah produk yang mempunyai manfaat proteksi bukan sebagai investasi. Jika asuransi berbasis investasi itu hanyalah sebagai cara pemasaran perusahaan asuransi saja.

Memang keuntungan asuransi lebih tinggi daripada deposito di bank. Tapi bila uang anda diinvestasikan ke produk investasi saham atau reksadana dengan jangka waktu yang sama, hasilnya bisa jauh lebih tinggi.

Adanya Biaya dan Potongan

simulasi asuransi pendidikan

Terkadang agen asuransi tidak selalu terbuka soal potongan dan juga biaya yang ada saat anda telah bergabung dengan asuransi pendidikan.

Ada berbagai macam biaya yang dikenakan pada tertanggung saat 5 tahun pertama. Ini tentu membuat dana tersisa bisa semakin sedikit.

Sebelum memilih asuransi pendidikan, anda harus menyeleksi perusahaan asuransi yang mempunyai rekam jejak yang bagus.

Bukan hanya baik dari produknya saja, akan tetapi juga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Jika service nya kurang memuaskan, tentu Anda akan merasa tidak nyaman menjadi nasabah perusahaan asuransi tersebut.

Dengan penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian asuransi pendidikan diatas, dapat memberikan gambaran mengenai fasilitas mana yang terbaik bagi anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.