Kenali Jenis Pinjaman yang Disediakan Oleh Bank Sebelum Ajukan Kredit

jenis pinjaman yang disediakan oleh bank

Bank menawarkan beragam jenis pinjaman sebagai solusi bagi nasabah yang membutuhkan uang tunai guna memenuhi kebutuhan tertentu.

Kredit dengan meminjam sejumlah uang di bank seringkali dilakukan saat mengalami kekurangan dana atau membutuhkannya di waktu mendesak.

Hanya saja, pastikan anda mengetahui berbagai jenis pinjaman yang disediakan oleh bank sebelum mengajukan kredit. Dengan begitu, anda bisa menyesuaikan jenis pinjaman dengan kebutuhan yang ada.

Jenis Pinjaman yang Disediakan Oleh Bank

pinjaman bank mandiri

Kredit di bank dibedakan berdasarkan berbagai hal. Untuk membantu anda, berikut kami bagikan informasi mengenai beberapa layanan keuangan di Bank, khususnya untuk loan.

Berdasarkan Jangka Waktu Pelunasan Kredit

Berdasarkan jangka waktu pelunasan kredit, jenis pinjaman di bank dibedakan menjadi 3, yakni kredit jangka panjang, kredit jangka menengah, dan kredit jangka pendek.

Kredit jangka panjang diberikan oleh pihak bank kepada peminjam yang memiliki jangka waktu kredit lebih dari 3 tahun.

Untuk kredit jangka menengah, pinjaman yang diberikan dengan jangka waktu 1 sampai 3 tahun. Sedangkan untuk kredit jangka pendek diberikan dalam jangka waktu kredit kurang dari 1 tahun.

Berdasarkan Sifat Kegunaan

Berdasarkan sifat kegunaan, pinjaman di bank dibedakan menjadi 2 jenis, yakni kredit modal kerja dan kredit investasi.

Kredit modal kerja merupakan kredit yang bermanfaat untuk kegiatan usaha. Baik itu memulai, memperluas, ataupun memperbesar bisnis.

Tak hanya itu, kredit ini juga berguna untuk meningkatkan kemampuan operasi produksi perusahaan.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mengajukan Pinjaman Dana di Bank

Dilihat dari kegunaannya, jenis kredit ini termasuk kredit produktif. Hal ini dikarenakan tujuan dari kredit tersebut ialah untuk menciptakan kegiatan usaha dengan menghasilkan produk barang dan jasa yang berguna. Dengan begitu, bisa memberikan keuntungan dari adanya kegiatan tersebut.

Lain halnya dengan kredit investasi. Jenis pinjaman yang satu ini merupakan jenis kredit yang digunakan untuk kegiatan investasi.

Jenis kredit ini sifatnya produktif, yakni memberi keuntungan yang didapat dari kegiatan investasi.

Dari namanya saja, secara umum jenis kredit ini berhubungan dengan jangka waktu yang lama, baik itu dari segi pengembalian maupun perolehan keuntungannya.

Berdasarkan Sifat Penarikan dan Pelunasan

pinjaman bank bni

Jenis pinjaman yang disediakan oleh bank juga dibedakan berdasarkan sifat penarikan dan pelunasan. Dimana tiap sifat tersebut memiliki pengelompokan yang berbeda-beda.

Adapun berdasarkan sifat penarikannya, pinjaman di bank dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kredit langsung dan kredit tidak langsung. Jenis kredit langsung merupakan kredit yang disediakan oleh Bank Indonesia secara langsung pada lembaga pemerintah dan lembaga semi pemerintah.

Sementara berdasarkan sifat pelunasannya, kredit bank dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kredit angsur dan kredit jatuh tempo.

Kredit angsur merupakan jenis kredit yang dibayar dengan menerapkan sistem angsur. Sedangkan kredit jatuh tempo ialah jenis kredit yang dibayarkan sesuai dengan jatuh tempo kredit.

Pastikan anda memilih jenis kredit sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda dalam membayar tiap bulannya.

Berdasarkan Penggunaan

Berdasarkan penggunaan, pinjaman dibedakan menjadi 2 jenis, yakni kredit konsumtif dan kredit komersil.

Jenis kredit konsumtif merupakan kredit yang diberikan oleh bank dengan tujuan supaya digunakan sebagai sumber dana pembelian barang konsumtif.

Sebut saja kredit untuk membeli mobil maupun kebutuhan pribadi lainnya. Jenis kredit konsumtif itu sendiri dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, yakni KTA (Kredit Tanpa Agunan), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kartu kredit, Kredit Multiguna Berjaminan, dan Kredit Kendaraan.

Berbeda halnya dengan jenis kredit komersil. Kredit komersil merupakan jenis kredit yang bisa digunakan sebagai pendanaan bisnis atau usaha, baik itu usaha yang akan dibangun atau sudah dirintis.

Jenis kredit yang satu ini juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis kredit komersil meliputi kredit mikro, kredit usaha menengah, kredit usaha kecil, dan kredit korporasi.

Berdasarkan Metode Pembiayaan

pinjaman bank bri

Jika didasarkan pada metode pembayarannya, pinjaman di bank dibedakan menjadi 2 jenis kredit, yakni kredit sindikasi dan kredit bilateral.

Dimana kredit sindikasi merupakan suatu pinjaman atau kredit yang disediakan oleh bank untuk 2 atau lebih lembaga keuangan.

Pinjaman ini diberikan dengan tujuan untuk membiayai suatu kegiatan usaha atau proyek si peminjam.

Sementara kredit bilateral merupakan jenis pinjaman yang ditawarkan oleh pihak kreditur untuk satu bank ataupun lembaga keuangan.

Berdasarkan Jaminan

Berdasarkan jaminan atau agunan, jenis pinjaman yang disediakan oleh bank dibedakan menjadi 4 macam, yaitu kredit jaminan orang, kredit jaminan efek, kredit jaminan barang, dan kredit jaminan dokumen.

Kredit jaminan orang adalah pemberian kredit yang menggunakan jaminan seseorang. Jenis kredit yang satu ini sifatnya kekeluargaan.

Pada umumnya, kredit ini dilakukan ketika anda meminjam kepada orang terdekat, seperti kerabat dan lain sebagainya.

Untuk kredit jaminan efek ialah jenis kredit yang menggunakan saham ataupun surat berharga tertentu sebagai jaminan.

Selanjutnya, ada kredit jaminan barang. Dimana kredit ini menggunakan jaminan berupa barang bergerak, logam mulia, dan barang tetap.

Adapun jenis jaminan pada kredit ini diantaranya yaitu emas, sepeda motor, mobil, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kredit jaminan dokumen diartikan sebagai jenis kredit yang memakai jaminan berupa dokumen.

Sebut saja L/C (Letter of Credit), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan surat tanah.

Berdasarkan Keperluan Bisnis

Jenis pinjaman yang disediakan oleh bank juga dikategorikan berdasarkan keperluan bisnis. Dalam hal ini, loan yang dicairkan tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai modal bisnis saja, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai investasi.

Misalnya saja, inventaris bisnis, membeli mesin atau peralatan bisnis, dan masih banyak lainnya.

Berdasarkan keperluan bisnis, pinjaman yang diberikan pun tersedia dalam berbagai jenis. Sebut saja kredit modal kerja, kredit investasi (kredit investasi jangka panjang dan kredit investasi jangka menengah), serta kredit pembiayaan proyek.

Berdasarkan Lokasi

pinjaman bank bca

Perlu untuk anda ketahui, pinjaman di bank juga dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan lokasinya.

Adapun jenis pinjaman yang diberikan oleh pihak bank jika dilihat berdasarkan lokasinya ialah kredit off-shore dan kredit on-shore.

Kredit off-shore merupakan jenis kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang ada di luar negeri.

Kredit yang satu ini diberikan dalam bentuk valuta asing. Jenis kredit ini akan diberikan lewat cabang bank yang berada di luar negeri.

Kredit ini sangat cocok untuk anda yang sering pergi ke luar negeri, baik itu untuk keperluan bisnis, menetap, traveling, dan lain sebagainya.

Disamping itu, jenis pinjaman yang disediakan oleh bank berdasarkan lokasi lainnya ialah kredit on-shore.

Jenis kredit on-shore merupakan suatu kredit yang diberikan kepada nasabah yang ada di dalam negeri.

Adapun jenis kredit yang dipinjamkan tak hanya bisa berupa valuta asing saja, melainkan juga mata uang dalam negeri.

Besarnya jumlah kredit atau pinjaman yang akan diberikan itu sendiri disesuaikan dengan keinginan nasabah yang telah mengajukan pinjaman.

Maka dari itu, pastikan anda memilih jenis pinjaman di bank sesuai dengan lokasi anda saat ini supaya lebih menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.