5 Jenis Lembaga Pembiayaan dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

jenis lembaga pembiayaan

Ekonomi merupakan bidang yang amat penting dalam kehidupan ini. Demi stabilitas ekonomi yang berjalan dengan baik, munculah berbagai lembaga atau perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi.

Salah satunya ialah lembaga pembiayaan. Banyak orang yang masih belum memahami apa itu lembaga pembiayaan.

Tak jarang mereka mengartikannya sama dengan bank. Padahal keduanya sangatlah berbeda.

Nah, agar Anda menjadi pelaku ekonomi yang lebih cerdas, pahamilah berikut ini jenis lembaga pembiayaan beserta fungsinya dalam kehidupan.

Jenis Lembaga Pembiayaan Leasing Atau Sewa Guna Usaha

Lembaga pembiayaan yang paling terkenal di tanah air ialah sewa guna usaha atau yang lebih kita kenal dengan leasing.

Pada umumnya lembaga ini bergerak di bidang penjualan kendaraan dengan sistem kredit atau cicilan.

Setiap barang yang ditawarkan memiliki persyaratan pembayaran uang muka (DP), jumlah cicilan dan jangka waktu yang berbeda.

Leasing biasanya bekerja sama dengan dealer atau produsen kendaraan bermotor.

Selama perjanjian leasing berlaku atau angsuran masih dalam jangka waktu, maka hak milik atas barang yang dibeli oleh konsumen dengan sistem kredit tersebut masih atas nama lembaga pembiayaan tersebut, bukan milik konsumen.

Hal inilah yang menyebabkan konsumen mendapatkan asuransi kendaraan apabila terjadi risiko yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan tersebut.

Sekarang fungsi leasing bisa lebih luas lagi yaitu menyediakan fasilitas pinjaman dana tunai dengan gadai bpkb mobil, jaminan bpkb motor dan agunan sertifikat rumah atau lebih sering kita dengar dengan istilah kredit multiguna.

Banyak sekali keunggulan dari layanan pinjaman dana tunai tersebut dibandingkan perbankan seperti tidak menerapkan BI Checking dan prosedurnya jauh lebih mudah serta cepat cair.

Pembiayaan Konsumen

lembaga pembiayaan konsumen

Jenis lembaga pembiayaan yang kedua ialah perusahaan pembiayaan konsumen. Bentuk usahanya berupa pengadaan berbagai barang yang dapat dibeli dengan sistem angsuran atau kredit.

Barang tersebut antara lain kendaraan, elektronik, properti, gadget dan lain-lain. Besar kecilnya harga, bunga dan jumlah angsuran tergantung dari perusahaan penyedia layanan.

Pada waktu-waktu tertentu biasanya ada promo yang menarik, seperti DP 0%, bunga 0%, potongan angsuran dan lain sebagainya.

Jadi, bila Anda ingin membeli dengan harga yang lebih untung, maka belilah di waktu yang tepat!

Perusahaan Kartu Kredit

Penyediaan kartu kredit tidak hanya dilakukan oleh bank. Lembaga pembiayaan pun dapat mengeluarkan kartu kredit, tetapi harus mengacu pada peraturan dari Bank Indonesia.

Manfaat kartu kredit tersebut tidak lain sama seperti kartu kredit pada umumnya. Namun, terdapat perbedaan pada besar kecilnya bunga yang dibebankan.

Pemegang kartu kredit ini dapat membeli berbagai jenis produk tanpa harus menyediakan uang cash.

Pengeluaran biaya akan ditotal selama periode tertentu dan harus dilunasi tepat pada waktunya.

Bila tidak, ada konsekuensi yang akan diterima dari perusahaan kartu kredit tersebut.

Modal Ventura

jenis lembaga pembiayaan syariah

Modal ventura merupakan salah satu bentuk investasi berupa pembiayaan dengan menyerahkan sejumlah modal kepada perusahaan swasta untuk menjalankan usahanya dalam jangka waktu tertentu.

Pada umumnya investasi tersebut diserahkan secara tunai oleh modal ventura yang kemudian ditukar dalam bentuk saham pada perusahaan tersebut.

Banyak perusahaan yang tertarik untuk bekerja sama dengan modal ventura karena peluang keuntungan yang tinggi. Namun, risiko yang mungkin terjadi juga terbilang tinggi.

Lembaga pembiayaan modal ventura ini juga menerima investasi dari pihak ketiga untuk digunakan oleh perusahaan tersebut.

Selama jangka waktu menjalankan usahanya tersebut, risiko kegagalan menjadi tanggung jawab pihak dari perusahaan modal ventura itu sendiri, bukan debitur.

Keuntungan lain yang didapatkan ialah tidak diperlukannya agunan atau jaminan seperti yang disyaratkan oleh bank atau semacamnya.

Anjak Piutang

Anjak piutang atau factoring merupakan transaksi keuangan suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu yang menjual piutangnya dengan menyertakan diskon.

Anjak piutang ini dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan jaminan. Sistem yang berlaku di dalam anjak piutang yaitu memberikan sejumlah dana kepada klien yang kemudian digunakan untuk melunasi piutang yang belum tertagih.

Pengalihan piutang ini disebut dengan istilah financing. Sedangkan untuk jasa pengelolaan dan administrasi disebut dengan non-financing.

Anjak piutang ini pada umumnya dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar demi menyelamatkan sistem kerjanya.

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Lembaga Pembiayaan Dalam Sistem Perekonomian

manfaat lembaga pembiayaan

Setiap lembaga perekonomian tentulah memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Tidak terkecuali lembaga pembiayaan ini. Adapun kelebihan dan kekurangan setiap jenis lembaga pembiayaan di atas dapat dilihat di bawah ini.

Kelebihan Jenis lembaga pembiayaan dalam sistem perekonomian, antara lain:

  1. Persyaratan administrasi mudah

Pada umumnya persyaratan yang diperlukan untuk pengajuan kepada lembaga pembiayaan ialah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), sertifikat atau surat kepemilikan jaminan (opsi), pengisian formulir dan lain sebagainya.

  1. Kebutuhan jaminan cukup fleksibel

Tidak semua lembaga pembiayaan memerlukan agunan atau jaminan sebagai persyaratan pengajuan. Ada lembaga pembiayaan yang tidak mempersyaratkannya, namun cukup dengan bukti identitas asli dan surat perjanjian.

  1. Proses pencairan berlangsung cepat

Proses pengajuan hingga pencairan terbilang cepat. Mulai dari hitungan jam hingga beberapa hari saja, tergantung pada jumlah dana pinjaman yang diajukan. Semakin besar dana yang Anda inginkan, biasanya memerlukan waktu yang lebih lama.

  1. Besar angsuran dan jangka waktu pembayaran dapat disesuaikan dengan kemampuan konsumen

Terdapat beberapa pilihan terkait jumlah angsuran dan waktu pembayarannya yang biasanya ditampilkan dalam bentuk brosur atau leaflet. Konsumen dapat memilih mana yang sesuai dengan kemampuannya. Apabila menginginkan cicilan yang ringan, maka Anda harus mengangsurnya dalam waktu yang cukup lama. Namun, untuk yang ingin cepat lunas, maka jumlah angsurannya lebih besar tiap bulannya.

Kekurangan Jenis lembaga pembiayaan dalam sistem perekonomian, antara lain:

lembaga jenis pembiayaan pembangunan adalah

  1. Kredibilitas lembaga pembiayaan dan konsumen yang terkadang meragukan

Fleksibilitas terhadap persyaratan administrasi dari lembaga pembiayaan terkadang memudahkan pihak yang tidak bertanggung jawab ketika mengajukan pembiayaan. Ada yang kemudian berhenti mengangsur dan entah dimana keberadaannya. Hal ini jelas merugikan lembaga pembiayaan tersebut.

Perlu diketahui pula bahwa ada jenis lembaga pembiayaan yang bersifat bodong. Mereka menawarkan jasa pembiayaan, namun pada akhirnya hanya uang konsumenlah yang mereka incar. Karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih lembaga pembiayaan. Pilihlah yang sudah secara resmi terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi sebab hampir semua lembaga keuangan multifinance yang beroperasi telah terdaftar resmi.

  1. Bunga terbilang besar

Bunga yang dibebankan oleh lembaga pembiayaan tergolong lebih besar daripada bank. Bunga ini bahkan akan terus bertambah dalam hitungan bulan atau bahkan hari seiring dengan telatnya Anda membayar angsuran. Oleh karena itu, ada kasus dimana jumlah bunga lebih besar daripada dana yang dipinjam oleh konsumen.

Sebenarnya ini cukup wajar sebab dari segi proses dan prosedur jauh lebih unggul dari pihak perbankan. Apalagi saat ini bunganya pun cukup relatif terjangkau.

  1. Adanya sistem pinalti

Setiap perjanjian dalam sistem lembaga pembiayaan harus disepakati oleh konsumen. Termasuk di antaranya jumlah dan jangka waktu angsuran. Apabila konsumen ingin melunasi lebih awal pinjamannya, maka akan dikenakan pinalti dengan membayar denda sesuai dengan perjanjian.

  1. Penarikan jaminan

klasifikasi perusahaan pembiayaan

Jika Anda telat membayar pinjaman hingga jatuh tempo dalam beberapa bulan, maka akan ada sanksi yang dikenakan oleh lembaga pembiayaan. Awalnya berupa surat peringatan, namun jika sudah melewati batas tertentu (kredit macet) maka jaminan yang ada dalam kesepakatan akan ditarik sebagai bentuk pelunasan pinjaman.

Sebagai contoh, bila Anda membeli sepeda motor dengan sistem kredit kemudian tidak membayar angsuran selama 3 bulan berturut-turut, maka kendaraan tersebut akan ditarik oleh pihak leasing.

Nah, itulah ulasan mengenai jenis lembaga pembiayaan dan manfaatnya bagi kehidupan, serta kelebihan dan kekurangannya yang dapat Anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.