Jenis Jenis Asuransi Yang Wajib Dimiliki

jenis jenis asuransi

Kata asuransi berasal dari bahasa inggris yaitu insurance yang berarti pertanggungan. Asuransi ini merupakan sebuah perjanjian antara nasabah dengan perusahaan asuransi.

Pihak penanggung atau perusahaan asuransi ini bersedia dalam menanggung segala kerugian yang dapat terjadi dimasa yang akan datang.

Selain itu juga sudah menyepakati pembayaran uang yang dapat disebut dengan premi. Premi ini merupakan uang yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi untuk sebuah imbalan kepada nasabah.

Banyak jenis jenis asuransi yang wajib anda miliki dan anda ketahui tujuan atau fungsinya.

Fungsi utama dari asuransi ini adalah sebagai suatu mekanisme dalam pengalihan resiko. Diantaranya yaitu untuk dapat mengalihkan resiko dari pihak yang tertanggung terhadap penanggung.

Jenis Jenis Asuransi

jenis jenis asuransi jiwa

Asuransi ini merupakan jenis investasi yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Sebab, asuransi ini mempunyai beberapa fungsi yang penting serta dapat memperkecil risiko yang buruk.

Dengan mendaftarkan diri kepada suatu asuransu, anda dapat meminimalisir dalam biaya pengeluaran.

Selain itu juga dapat meringankan beban hidup anda. Namun, anda juga harus mengetahui jika memilih sebuah asuransi ini tidak boleh sembarangan.

Anda juga harus mengetahui jenis jenis asuransi yang wajib dimiliki sesuai dengan kebutuhan anda.

Perusahaan asuransi telah membuat suatu kebijakan pengelompokan berbagai asuransi sesuai dengan resiko mereka.

Hal ini memberikan suatu ukuran dalam keseragaman berbagai risiko yang dapat ditutupi oleh jenis dalam kebijakan.

Hal tersebut memungkinkan suatu perusahaan tersebut dapat mengantisipasi potensi kerugian serta dapat menetapkan premi sesuai. Bentuk yang paling umum jenis jenis asuransi yaitu berikut ini :

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang banyak digunakan oleh berbagai masyarakat di Indonesia.

Dengan jenis asuransi ini, para pihak tertanggung juga akan mendapatkan jaminan kesehatan jika mereka sedang mengalami sakit.

Walaupun tidak ada satupun yang ingin mengalami hal tersebut, pastinya kita juga tahu dampak yang ditanggung mengenai kejadian tersebut.

Maka, pilihan untuk dapat menggunakan jenis asuransi ini menjadi satu perhatian yang khusus bagi para masyarakat.

Hal ini bertujuan supaya dapat mengantisipasi dalam beberapa hal yang dapat merugukan serta tidak dapat diprediksi.

Para penyedia layanan asuransi kesehatan tersebut juga akan membiayai segala kebutuhan kesehatan setiap orang yang memegang polis.

Seperti yaitu biaya operasi dan biaya rawat inap. Jenis asuransi kesehatan tersebut juga dapat dibeli dari orang ketiga.

Asuransi Jiwa

jenis jenis asuransi dan contohnya

Jenis asuransi jiwa ini mempunyai tujuan yaitu untuk memberikan perlindungan finansial juka pihak yang tertanggung tersebut meninggal dunia.

Namun, ada juga beberapa penyedia dari layanan tersebut yang mengembalikan dana kepada pihak tertanggung sebelumnya.

Selain itu juga sebagian besar lainnya juga akan memberikan dananya sesudah pihak tersebut meninggal dunia.

Asuransi jiwa ini dapat didaftarkan bagi orang ketiga. Selain itu asuransi ini juga termasuk salah satu asuransi yang penting.

Hal ini dikarenakan bahwa akan menjamin kehidupan bagi keluarga yang tertanggung setelah orang yang diasuransikan tersebut meninggal.

Asuransi Rumah Tinggal

Jenis asuransi ini mempunyai tujuan untuk dapat memberikan proteksi terhadap para pemilik rumah atas semua kerugian berkaitan dengan rumah mereka.

Kerugian tersebut dapat meliputi yaitu musibah kerusakan, kebakaran, banjir serta bencana alam lainnya.

Pihak asuransi tersebut kemudian akan mengganti kerugian yang dialami dengan uang yang dapat digunakan sebagai dana membangun rumah.

Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi mobil, motor dan lain-lain tersebut akan memberikan sebuah perlindungan akan kerusakan kendaraan anda yang diakibatkan oleh kendaraan pihak tertanggung.

Asuransi ini juga dapat mengganti berbagai kerugian yang diakibatkan rusaknya atau juga hilangnya kendaraan dari pihak tertanggung.

Asuransi ini dibagi menjadi dua yaitu asuransi perlindungan untuk kehilangan atau untuk semua risiko.

Biasanya jenis asuransi bermotor tersebut hanya dapat digunakan untuk kehilangan saja. Sedangkan untuk perlindungan semua risiko ini berlaku untuk mobil saja.

Asuransi Perjalanan

jenis jenis asuransi kerugian

Jenis asuransi perjalanan ini dapat dikatakan merupakan jenis asuransi dalam jangka pendek. Asuransi ini hanya berlaku ketika pihak tertanggung tersebut melakukan sebuah perjalanan.

Pihak tertanggung ini juga akan mendapatkan proteksi dari jenis asuransi perjalanan jika mengalami kecelakaan pada saat perjalanan.

Selain itu asuransi ini juga akan menanggung berbagai biaya untuk pengobatan darurat tersebut.

Tidak hanya berlaku untuk masalah kecelakaan saja, risiko barang yang rusak atau kehilangan barang tersebut juga akan mendapatkan perlindungan kerugian. Perlindungan tersebut diberikan dari penyedia layanan asuransi.

Asuransi Cacat Tetap Total

Jenis asuransi cacat tetap total ini juga akan memberikan pertanggungan kepada para pihak tertanggung jika mereka mengalami kehilangan anggota tubuh.

Sehingga membuat pihak tersebut tidak dapat melakukan berbagai aktivitas pekerjaan seperti biasanya.

Ketentuan untuk mendapatkan asuransi ini yaitu berlaku jika para pihak tertanggung tersebut kehilangan beberapa fungsi anggota tubuhnya.

Hal ini biasanya diakibatkan oleh kecelakaan serta sakit dan telah berlangsung hingga 6 bulan dari waktu kecelakaan tersebut terjadi.

Asuransi Kehamilan dan Persalinan

Jenis asuransi ini termasuk dalam jenis asuransi yang sangat penting mengingat bahwa momet tersebut mempertaruhkan  nyawa seorang ibu dan anak.

Asuransi kehamilan dan persalinan tersebut dapat memberikan proteksi jika seorang ibu tersebut harus masuk ke rumah sakit. Biasanya hal tersebut terjadi karena beberapa kondisi tertentu.

Asuransi ini meliputi pertanggungan pra dan pasca melahirkan, komplikasi kehamilan dan biaya melahirkan normal atau caesar.

Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi ini saat ini sangat populer. Asuransi pendidikan ini merupakan sebuah solusi cerdas dalam menjamin kehidupan seseorang agar menjadi lebih baik.

Contohnya yaitu juka orang tua mengasuransikan pendidikan kepada anaknya. Biaya premi tersebut harus dibayar oleh para peserta asuransi yang tergantung untuk jenis pendidikan yang diinginkan.

Tujuan Asuransi

jenis jenis asuransi syariah

Beberapa tujuan asuransi yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut.

Pengalihan Resiko

Tujuan asuransi untuk pengalihan resiko ini yaitu tertanggung telah menyadari adanya sebuah ancaman bahaya kepada harta kekayaan yang dimiliki.

Jika sewaktu-waktu bahaya akan menimpanya maka dia akan menderita beberapa kerugian atau korban jiwa. Hal ini dapat mempengaruhi perjalanan hidup dari seseorang tersebut atau ahli warisnya.

Pembayaran Ganti Rugi

Tujuan lainnya yaitu untuk pembayaran ganti rugi. Dalam hal tersebut terjadi sebuah peristiwa yang dapat menimbulkan kerugian, maka tidak ada sebuah masalah terhadap resiko bagi penanggung. Bahanyanya jika yang mengancam tersebut tidak senantiasa sungguh-sungguh dapat terjadi.

Pembayaran Santunan

Selanjutnya yaitu tujuan dari asuransi adalah pembayaran santunan. Asuransu mengenai kerugian serta jasa asuransi jiwa yang diadakan berdasarkan sebuah perjanjian bebas antara penanggung serta tertanggung.

Kesejahteraan Anggota

Tujuan selanjutnya yaitu kesejahteraan anggotanya. Jika berbagai orang terhimpun dalam suatu perkumpulan, maka perkumpulan tersebut sebagai penanggung. Sedangkan untuk anggotanya sebagai tertanggung.

Di Indonesia ini memang banyak jenis jenis asuransi yang digunakan oleh berbagai orang. Hal tersebut karena manfaat dari asuransi ini banyak bagi para pelanggannya.

Banyak sekali resiko yang mungkin terjadi pada kehidupan Anda, semuanya perlu diantisipasi sejak awal agar keluarga tercinta tetap bisa bertahan jika Anda sudah tidak ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.