Jenis Investasi Bodong yang Harus Di Waspadai Oleh Anda

Jenis Investasi Bodong yang Harus Di Waspadai

Sangat perlu diperhatikan beberapa jenis investasi bodong yang harus di waspadai karena merisaukan.

Memikirkan masa depan sejak dini memang patut dilakukan. Adapun salah satu cara menggapai masa depan yang lebih baik ialah melakukan investasi.

Dengan berinvestasi, anda bisa meraih banyak keuntungan di masa mendatang. Hanya saja, pastikan anda tak mengambil investasi berbahaya alias bodong.

Karena bukan keuntungan yang akan anda dapatkan, melainkan kerugian. Untuk itu, alangkah baiknya anda mengetahui apa saja jenis investasi berbahaya tersebut.

Jenis Investasi Bodong

investasi bodong terbaru

Supaya anda tak mudah tertipu dengan investasi bodong, berikut kami bagikan beberapa jenis investasi bodong yang harus di waspadai selengkapnya.

Investasi Perburuan Harta Karun

Investasi perburuan harta karun termasuk jenis investasi berbahaya yang marak terjadi. Tak hanya terjadi di luar negeri saja, melainkan juga di dalam negeri.

Adapun yang dimaksud dengan harta karun di sini ialah harta berharga yang memiliki nilai tinggi.

Sebut saja perhiasan, keris, pusaka, dan lain sebagainya. Dalam melakukan praktiknya, pada umumnya pelaku akan mengaku sebagai orang pintar.

Kemudian ia akan meyakinkan korbannya terhadap harta karun tersebut. Letak harta karun yang disampaikan kepada satu korban dengan korban lainnya bisa saja berbeda-beda.

Misalnya di kantor, di rumah, di lahan tertentu, dan lain sebagainya. Setelah itu, pelaku akan meminta uang kepada korban dengan alasan digunakan sebagai dana persiapan, sajen, ataupun keperluan lainnya.

Akan tetapi, di dalam praktiknya, setelah korban memberikan sejumlah dana, harta karun yang disampaikan tersebut sebenarnya tak pernah ada.

Investasi Agrobisnis

Jenis investasi berbahaya yang sebenarnya bodong lainnya ialah investasi agrobisnis. Sebenarnya, investasi agrobisnis termasuk jenis investasi baru.

Hanya saja, jenis investasi agrobisnis ini banyak digunakan untuk penipuan. Bahkan jumlah kerugian yang nantinya akan ditanggung oleh para korban yang melakukan investasi agrobisnis ini terbilang cukup besar.

Tak mengherankan karena dana yang dikeluarkan untuk membeli sekaligus mengelola lahan agrobisnis tidaklah sedikit.

Dalam praktiknya, jenis investasi bodong yang harus di waspadai ini berkedok investasi agrobisnis yang dilakukan para pelaku dengan meminta korbannya untuk menginvestasikan sejumlah uang.

Pada umumnya, hal tersebut dilakukan dengan disertai sejumlah proposal. Tak hanya itu, aksi tersebut juga dilakukan dengan memanfaatkan berbagai alat pendukung lainnya sehingga para korban mudah tergoda.

Pada akhirnya, para korban mau menanamkan dananya. Ketika korban menyetorkan dananya, korban akan mendapatkan surat kepemilikan lahan.

Dalam perencanaan investasi agrobisnis ini, lahan seolah-olah dikelola sekaligus ditanami oleh para pelaku sampai memberikan keuntungan bagi investor atau korban.

Padahal di dalam praktiknya, lahan ini tak pernah ada. Potensi keuntungan yang akan didapatkan para investor pun sama sekali tak ada.

Investasi Emas Palsu

pengertian investasi bodong

Investasi emas juga sering digunakan untuk penipuan. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat lebih mudah tergoda untuk melakukan investasi emas.

Mengingat investasi emas memang bisa memberikan keuntungan yang besar. Masyarakat pun tak akan merasa ragu ataupun curiga menginvestasikan dananya untuk emas dalam jumlah besar.

Dalam hal penipuan, emas yang digunakan untuk kebutuhan investasi bukanlah emas asli, melainkan emas palsu.

Saat melancarkan penipuan dengan investasi emas palsu ini, para pelaku akan memberikan penawaran kepada para korbannya dengan iming-iming keuntungan yang sangat besar.

Bahkan banyak pula pelaku yang akan memberikan keuntungan berkali lipat. Nantinya para korban akan diminta untuk memberikan sejumlah dana investasi.

Baca Juga : Ini Dia Keuntungan Memilih Investasi P2P Lending

Dimana dana investasi tersebut akan ditukarkan dengan sejumlah emas. Pada umumnya, investasi ini akan menjanjikan emas terjual kembali dengan harga yang lebih tinggi daripada harga pembeliannya.

Adapun emas yang ditawarkan bisa berupa emas batangan, emas perhiasan, maupun koin emas.

Akan tetapi, apapun bentuknya itu, semua emas untuk keperluan investasi hanyalah palsu.

Emas palsu yang digunakan biasanya hanya dibuat dari logam kuningan biasa. Hal tersebut tentu saja membuat emas tak bernilai dan tak laku jika dijual kembali.

Dengan tawaran harga murah, banyak orang yang tak merasa ragu untuk membelinya dalam skala banyak. Kerugian yang akan anda terima sebagai investor tentu saja sangat besar. 

Investasi Pemindahan Warisan

91 investasi bodong versi ojk

Jenis investasi berbahaya yang harus anda waspadai selanjutnya ialah investasi pemindahan warisan.

Jenis investasi bodong yang harus di waspadai lainnya ini dilakukan dengan memanfaatkan layanan internet. Pada umumnya, investasi bodong ini dilakukan oleh orang-orang dari luar negeri.

Meski begitu, investasi berbahaya ini juga tak menutup kemungkinan dilakukan oleh para pelaku yang berasal dari dalam negeri juga.

Dalam praktiknya, investasi pemindahan warisan ini dimulai dari percakapan via media sosial.

Tak hanya media sosial saja, percakapan untuk keperluan investasi berbahaya ini juga dilakukan melalui email.

Nantinya para pelaku akan mengaku mempunyai sejumlah warisan atau dana yang berupa bentuk lain yang masih tertahan atau belum dapat dicairkan.

Warisan tersebut hanya bisa dicairkan apabila sudah dialihkan ke Indonesia (kepada para korban).

Transaksi dengan alasan pencairan dana inilah yang menjadi celah para pelaku untuk bisa menghabiskan sejumlah dana yang didapat dari korbannya.

Pada umumnya, para pelaku akan memberikan penawaran kepada korban dengan menyebutkan keuntungan yang besar apabila korban mau mentransfer sejumlah uang sebagai biaya pencairan warisan tersebut.

Adapun keuntungan yang diberikan sangat beragam, mulai dari 10 hingga 30 persen dari harta warisan tersebut.

Dengan iming-iming pembagian harta warisan yang besar tersebut, para korban akan dengan senang hati memberikan sejumlah uang yang diminta para pelaku.

Pada umumnya, jumlah uang yang diminta mulai dari ratusan sampai ribuan dolar AS. Akan tetapi, setelah menerima uang dari korbannya, para pelaku seketika menghilang tanpa ada kabar. Para korban pun jelas merugi.

Tips Menghindari Berbagai Jenis Investasi bodong yang Harus di Waspadai

ciri ciri investasi bodong

Supaya anda tak mudah kena tipu investasi bodong, pastikan anda mengenali karakteristik investasi bodong tersebut.

Adapun beberapa karakteristik investasi berbahaya diantaranya itu menjanjikan bonus dari perekrutan anggota baru dan menjanjikan keuntungan dengan jumlah yang tak wajar hanya dalam waktu singkat.

Selain itu, karakteristik investasi berbahaya lainnya ialah memanfaatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan public figure untuk mencuri perhatian calon investor.

Klaim tanpa ada resiko juga termasuk karakteristik investasi berbahaya sehingga harus anda hindari.

Investasi bodong juga memiliki legalitas yang tak jelas seperti tak mempunyai izin. Bisa juga memiliki izin kelembagaan, akan tetapi tidak mempunyai izin usaha.

Selain itu, ada juga investasi berbahaya yang memiliki izin kelembagaan sekaligus izin usaha, akan tetapi melakukan kegiatan yang tak sesuai dengan izin yang dimilikinya.

Agar anda tak tertipu dengan investasi berbahaya, anda harus mengenali lembaga dan produk investasi yang ditawarkan terlebih dahulu sebelum benar-benar menanamkan sejumlah dana untuk berinvestasi. Selain itu, cek legalitas lembaga dan produknya.

Anda harus pahami proses bisnis yang ditawarkan, manfaat dan risikonya, serta hak dan kewajibannya.

Dengan menerapkan beberapa tips tersebut, anda akan terhindar dari risiko berbagai jenis investasi bodong yang harus di waspadai agar tidak berujung dengan kerugian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.