Tips Mengelola Investasi yang Menguntungkan Sejak Kini

investasi yang menguntungkan
Perekonomian merupakan hal penting dalam kehidupan seseorang. Perekonomian akan berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan seseorang, baik itu kebutuhan pribadi, keluarga, primer, sekunder, maupun tersier.

Dalam meningkatkan perekonomian, seseorang dapat merencanakan investasi yang menguntungkan untuk masa depan karena hal itu juga berperan penting dalam menyimpan dan melipatgandakan simpanan tersebut.

Selain itu, kita juga harus bisa namanya mengatur pengeluaran. Dengan melakukan hal itu, maka perekonomian akan stabil dan terkontrol.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perekonomian merupakan salah satu unsur vital dalam kehidupan seseorang.

Berbagai kebutuhan tidak akan dapat terpenuhi tanpa ada pengelolaan keuangan. Memang terdapat suatu anggapan bahwa kebahagiaan tidak tergantung pada uang.

Namun demikian, berbagai kebutuhan di dunia ini hanya dapat diperoleh jika kita memiliki tingkat ekonomi yang baik.

Selain itu, tujuan seseorang dalam bekerja adalah untuk mendapatkan pendapatan cukup agar dapat hidup layak tanpa kekurangan sedikitpun.

Selain bekerja, penghasilan juga bisa diperoleh dari investasi  baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Investasi merupakan cara efektif seseorang dalam mengembangkan simpanannya, sehingga selain menabung, maka juga akan mendapatkan hasil yang lebih dari simpanannya tersebut.

Pengertian Investasi

Investasi merupakan penanaman modal demi mendapatkan profit lebih di masa yang akan datang.

Tips Mengelola Investasi yang Menguntungkan

investasi yang menguntungkan buat masa depan

Memulai Investasi dari Sekarang

Investasi akan bisa memberikan hasil yang lebih optimal apabila dilakukan sesegera mungkin.

Sebab, yang namanya investasi pastinya membutuhkan waktu untuk bisa berkembang dan meningkatkan modal awal. Jangan menunggu mapan baru kemudian melakukan investasi, tapi lakukan investasi sejak sekarang agar bisa menjadi lebih mapan dan sebagai tambahan penghasilan.

Namun, sebelumnya harus dilandasi dengan niat yang teguh agar investasi dapat dilaksanakan dengan baik dan optimal.

Berinvestasi dengan Lampaui Inflasi

Dalam melakukan investasi, baik itu jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang, memperhatikan inflasi merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi investasi jangka menengah dan jangka panjang.

Apabila dalam berinvestasi justru mengabaikan inflasi, maka tidak menutup kemungkinan dapat memperkecil daya beli investasi yang telah ditanam.

Mayoritas investor memilih investasi dengan saham dan reksa dana dalam bersaing dengan inflasi.

Meskipun resikonya cenderung besar, namun dengan investasi saham dan reksa dana dapat memberikan potensi keuntungan yang paling besar.

Melakukan Berbagai Investasi

investasi yang menguntungkan dengan modal kecil

Investasi yang menguntungkan akan lebih aman dilakukan apabila dibagi ke dalam berbagai aset investasi, seperti emas, saham, dan properti.

Dengan melakukan pembagian aset investasi ini, maka apabila ada salah satu investasi mengalami kegagalan, maka masih bisa berharap dan berfokus pada aset investasi yang lain.

Memulai dengan Investasi yang Kecil

Investasi yang menguntungka dapat dirintis dengan modal sedikit demi sedikit. Mungkin di awal investasi, seseorang masih memiliki modal kecil, maka pilihlah investasi yang sederhana, aman, dan terjamin dapat berlangsung dengan baik.

Apabila kita memiliki hasil lebih, maka kita dapat menambahkan modal dalam investasi kita, atau bisa menambah dengan aset investasi lainnya.

Memilih Investasi yang Paling Tepat

Dalam dunia investasi, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan. Berbagai investasi ini memiliki resiko dan potensi keuntungan berbeda-beda.

Oleh karena itu, dalam merintis investasi maka kita bisa memilih jenis investasi sesuai dengan tujuan dan kemampuan finansial kita.

Beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan antara lain adalah investasi saham, investasi reksa dana, investasi obligasi, dan investasi properti.

Produk Investasi yang Menguntungkan

investasi jangka pendek paling menguntungkan

  1. Investasi Emas

Bisa menjadi andalan untuk investasi jangka pendek, karena sifatnya yang mudah dicairkan sewaktu-waktu jika anda membutuhkan dana (fleksibel).

Tidak adanya pajak yang dikenakan konsumen, dari tahun ke tahun nilai emas meningkat.

Maka dari itu mengapa emas sangat cocok disebut sebagai investasi yang paling mampu untuk melindungi kekayaan.

  1. Reksadana

Return besar, kepengelolaanya mudah anda tidak perlu repot-repot menganalisa, lebih aman, transparan.

  1. Properti

Kelebihan dari investasi properti adalah dapat dijadikan agunan, secara fisik terlihat, dapat dijadikan passive income dengan cara disewakan ke orang lain (apartemen).

Sangat cocok untuk investasi jangka panjang, dari segi harga properti lebih stabil.

  1. Saham

Modal awalnya kecil, transaksi saham cukup mudah, bisa dilakukan kapan saja dan dimanapun. Termasuk kedalam kategori investasi jangka panjang.

  1. Deposito

Resiko kecil tidak terpengaruh terhadap laju inflasi, berjangka waktu 6 12 24. Kalau deposito biasanya jika anda mengambil uang sebelum tenor yang ditentukan akan ada biaya pinalti.

Itu membuat kita lebih disipilin dalam mengelola keuangan, jadi tidak bisa ambil uang sembarangan jika dirasa anda belum terlalu membutuhkannya.

Di setiap bank akan menawarkan kepada nasabah apakah jangka waktunya ingin diperpanjang otomatis atau tidak, kembali kepada anda.

Beberapa Tips Mengatur Pengeluaran agar Perekonomian Menjadi Stabil

investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang

Selain mengelola pendapatan atau pemasukan melalui investasi yang menguntungkan, hal lain tak kalah penting adalah mengatur pengeluaran.

Pengeluaran merupakan hal yang sudah pasti dilakukan apabila hendak memenuhi kebutuhan. Pengeluaran ada yang sifatnya dapat direncanakan & dadakan (urgent).

Terdapat suatu peribahasa yang mengatakan “besar pasak dari pada tiang”. Artinya adalah pengeluaran yang lebih besar dari pada pemasukan atau pendapatan.

Apabila pengeluaran tidak diatur dan direncanakan dengan benar, maka perekonomian dapat terganggu dan tidak stabil, sehingga akan mengganggu pemenuhan kebutuhan lainnya.

Membagi Berbagai Pengeluaran

Pengeluaran yang sifatnya dapat direncanakan, sebaiknya dibagi-bagi dan dipersiapkan agar bisa menghitung pemasukan dengan pengeluaran.

Pembagian pengeluaran misalnya dilakukan menjadi pengeluaran harian, cicilan bulanan, investasi, dan lain sebagainya.

Selain itu, akan jauh lebih baik apabila kita juga mempersiapkan apabila sewaktu-waktu terdapat hal yang tidak kita inginkan (dana cadangan).

Hal ini akan menjadikan kita lebih siap dalam memenuhi kebutuhan dalam hal keperluan yang tiba-tiba tersebut.

Membuat Komitmen Kuat

Komitmen dalam melakukan sesuatu sangatlah penting. Sebab, tanpa ada komitmen, maka semua yang kita rencanakan tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Pembagian pengeluaran sangat perlu untuk dilakukan agar mempermudah anda untuk memasukkan dana ke tabungan atau produk investasi lainnya.

Memisahkan Rekening Tabungan dan Pengeluaran

Salah satu cara dalam mengatur pengeluaran adalah memisahkan rekening tabungan atau investasi dengan rekening pengeluaran agar anda tidak sulit dalam megelolanya.

Rekening tabungan atau investasi dikhususkan untuk menyimpan dana yang akan ditabung atau dikembangkan dengan berinvestasi.

Sedangkan rekening pengeluaran khusus digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau pengeluaran (sudah direncanakan sebelumnya).

Dengan mengelola investasi dan mengatur pengeluaran, maka kestabilan perekonomian akan terjaga.

Pemasukan dan pengeluaran dapat terkontrol lebih baik dan teratur. Sehingga tidak akan ada istilah lebh besar pasak daripada tiang, karena hal tersebut merugikan anda nantinya.

Investasi yang menguntungkan hanya menjadi angan-angan tak terealisasikan.

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja dari keuntungan investasi properti, silahkan baca 13 Keuntungan Memilih Investasi di Bidang Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.