Keuntungan Investasi Syariah Dibandingkan Investasi Konvensional

investasi syariah

Pada umumnya, investasi bisa dilakukan secara syariah maupun konvensional, namun kedua produk tersebut memiliki prinsip yang berbeda.

Untuk investasi syariah berlandaskan prinsip atau hukum Islam, sementara yang konvensional berlaku prinsip bunga.

Dengan menggunakan skema bagi hasil, maka tak heran jika saat ini kian diminati karena dinilai memiliki banyak keunggulan yang tak bisa ditemukan di investasi secara konvensional.

Lalu bagaimana caranya memperoleh produk-produk tersebut?

Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak sekali lembaga keuangan resmi yang menawarkan kepada masyarakat.

Keunggulan Investasi Syariah

makalah investasi syariah

Untuk membantu anda memahaminya sebelum memutuskan memilih instrumen tersebut, berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

Sesuai Syariat Islam

Keunggulan paling utama dari investasi syariah ialah kesuciannya dengan menerapkan aturan syariat agama Islam.

Produk layanan ini sudah memenuhi beragam kriteria, tak terkecuali mempunyai barang halal, digunakan secara halal, dan dilakukan dengan cara yang halal.

Bebas Riba

Ini menjadi alasan utama mengapa sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mulai banyak yang memanfaatkannya.

Praktik riba sangat erat hubungannya dengan bunga yang diberikan oleh pihak bank pada nasabah melalui tabungan, deposito, dan investasi, dimana tak akan diterapkan dalam sistem Bank Syariah.

Pada mekanisme produk serta layanan syariah akan memberikan bagi hasil atau nisbah. Maka dari itu, banyaknya keuntungan yang diperoleh bisa tak menentu.

Nasabah juga tidak dapat mengetahui jumlah keuntungan sampai periode yang telah disepakati berakhir.

Pada umumnya, keuntungan yang akan diperoleh rata-rata lebih besar jika dibandingkan dengan bunga bank.

Halal dan Produktif

investasi syariah adalah

Investasi syariah juga terbukti halal dan produktif. Apabila anda menanamkan investasi di bank yang berbasis syariah, maka anda bisa mengetahui bahwa dana yang anda tanam hanya dipakai untuk beragam hal yang halal.

Tak hanya itu, perputaran dana juga bisa berjalan lancar dan profitable. Dengan begitu, anda dapat memperoleh bagi hasil dari keuntungan.

Ada Kejelasan

Mengingat seluruh kegiatannya memiliki prinsip, tata cara dan hukum sesuai syariat agama Islam, maka investasi syariah terbukti menawarkan kejelasan di tiap ketentuan yang ada.

Kejelasan ini dilakukan supaya setiap investor memperoleh kepastian dan keterangan secara jelas sebelum menjalankan investasi itu sendiri.

Hal tersebut juga bermanfaat dalam menghindarkan diri dari fitnah selama kegiatan investasi berlangsung.

Kedua pihak juga memiliki hak untuk melakukan diskusi mengenai hal-hal yang sangat kritis serta rawan di dalam proses persetujuan keinginan investasi.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa masing-masing pihak memperoleh kepastian dan kejelasan tentang kesepakatan-kesepakatan yang berkaitan dengan investasi diantara keduanya. Dengan begitu, tak akan ada pihak yang merasa dirugikan nantinya.

Lebih Aman

Investasi syariah memberikan jaminan keamanan yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan harus menghindari gharar.

Gharar itu sendiri merupakan pemberian informasi yang tak lengkap. Praktik gharar juga diartikan sebagai ketidakterbukaan suatu sistem, baik itu jual beli maupun transaksi lain.

Dimana hal ini bisa mengakibatkan penipuan secara mudah. Gharar seringkali dilakukan dengan maksud untuk menyesatkan para calon investor.

Bank syariah akan melakukan semua proses penanaman modal dan penyalurannya dengan terbuka.

Dengan begitu, nasabah tak akan merasa diberatkan. Investor juga akan menanamkan modal dengan sadar dan terbuka.

Tak hanya itu, investasi syariah juga wajib menghindari hal-hal yang bersifat maysir. Dimana transaksi yang dilakukan mengandung unsur judi.

Dengan begitu, para investor akan menyerahkan uangnya kepada pengusaha tanpa ada rasa takut ataupun khawatir.

Bank syariah menentukan harga yang jelas sehingga tak ada spekulasi yang berkembang mengenai berapa yang harus dibayarkan ataupun membuat celah adanya oknum tertentu guna melakukan penipuan.

Terdapat Pengawas

Anda tak perlu merasa ragu untuk melakukan investasi secara syariah. Hal ini dikarenakan di Indonesia investasi syariah sudah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Dimana hal ini tak dimiliki oleh bank-bank konvensional lainnya. DPS akan memastikan secara jelas bahwa semua sistem berjalan sesuai dengan prinsip syariah (hukum Islam).

Didukung Aturan Perundang-undangan

cara investasi syariah

Investasi secara syariah juga didukung dengan aturan perundang-undangan dan memiliki dasar hukum yang jelas.

Hal ini tercantum dalam UU no 21 tahun 2008 mengenai Perbankan Syariah. Dalam hal praktiknya, pengadaan investasi syariah memperoleh pengawasan dari Dewan Syariah Nasional MUI secara langsung.

Meminimalisir Resiko

Melakukan investasi secara syariah juga mampu meminimalisir resiko. Hal ini dikarenakan kepercayaan dari masing-masing pihak menjadi senjata utama.

Kepercayaan ini bisa dibantu dengan menegakkan syariat dan tata cara Islam dimana berperan penting sebagai prinsip utama dalam melakukan seluruh kegiatan bisnis.

Investasi syariah tentu saja memperkecil resiko yang diperoleh oleh masing-masing pihak yang berkaitan.

Perlu untuk anda ketahui, investasi secara syariah berusaha untuk menghindarkan pihak-pihak yang melakukan investasi dari segala hal yang sangat rawan.

Hal ini juga mendekati hal yang dilarang. Saat anda melakukan investasi berjalan, maka kedua pihak bisa sama-sama merasa diuntungkan dengan adanya investasi tersebut.

Pasalnya, investasi jenis ini berusaha untuk menjauhkan pihak-pihak yang berkaitan dari hal yang haram untuk mengelola bisnis maupun keuangan.

Manajemen Islami

Keunggulan investasi syariah jika dibandingkan dengan investasi konvensional lainnya ialah adanya manajemen Islami.

Sama halnya namanya, pengelolaan dan semua proses yang terjadi di dalam bank syariah berlandaskan syariat Islam.

Maka dari itu, nasabah bisa merasa aman dalam menitipkan uangnya. Jaminan yang satu ini juga ditambah dengan keuntungan yang besar untuk investasi hasil bagi. Dengan begitu, banyak masyarakat yang merasa tertarik dengan produk tersebut.

Prinsip Kepercayaan

investasi syariah mandiri

Bank yang berbasis syariah dibangun bukan hanya dilandasi dengan hukum negara saja, akan tetapi juga berlandaskan hukum Islam.

Dengan menerapkan prinsip syariah, penanam investasi sudah pasti mempercayakan uang yang diinvestasikannya.

Dengan prinsip ini, roda perekonomian dijamin bisa membaik. Hal ini seperti yang terjadi Rasulullah SAW menjadi pemimpin di Madinah.

Untuk Finansial dan Sosial

Dalam melakukan investasi syariah, anda bisa merasakan keuntungan secara finansial dan sosial.

Keberadaannya sangat membantu para pengusaha dalam memperluas bisnisnya. Tak hanya itu, instrumen halal itu juga mempunyai peran penting dalam meminimalisir tingkat pengangguran di masyarakat.

Anda pun bisa mendapatkan keuntungan secara finansial sekaligus pahala. Meski begitu, anda tetap harus berhati-hati dalam menentukan layanan yang ingin dipilih.

Hal ini dikarenakan ada juga pihak yang secara sengaja menambahkan label syariah sebagai media penipuan.

Maka dari itu, waspada saat ingin melakukan investasi adalah hal yang wajib bagi seorang pemula.

Jika dibandingkan dengan investasi saham konvensional, investasi syariah terbukti menawarkan banyak keunggulan.

Keunggulan yang dimiliki tentu saja bisa membuat anda merasa sangat beruntung. Meski begitu, banyak juga keunggulan investasi konvensional yang tak bisa anda jumpai di investasi syariah.

Untuk itu, pastikan anda lebih cermat dalam memilih setiap jenisnya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan tujuan penghasilan anda.

Sebagai informasi tambahan bahwa saat ini sukuk ritel juga tidak bisa dipandang sebelah mata sebab sudah banyak yang merasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.