13 Keuntungan Memilih Investasi di Bidang Properti

investasi di bidang properti

Investasi menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan masyarakat untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Jenis investasi itu sendiri sangatlah beragam, seperti investasi emas, deposito, hingga properti.

Dari ketiga jenis investasi tersebut, investasi properti menawarkan keuntungan yang paling tinggi.

Bahkan sebagian pakar keuangan mengatakan bahwa investasi properti jauh lebih baik jika dibandingkan dengan investasi finansial.

Adapun investasi di bidang properti yang bisa anda lakukan meliputi rumah, apartemen, villa, dan lain sebagainya.

Keuntungan Memilih Investasi di Bidang Properti

contoh investasi properti

Banyak sekali keuntungan yang akan Anda peroleh apabila menjatuhkan pilihan pada investasi jenis ini, simak beberapa penjelasannya berikut.

Rendah Resiko

Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan apabila melakukan investasi properti ialah memiliki resiko kecil.

Perlu anda sadari, walau yang dibutuhkan untuk berinvestasi properti cukup besar, akan tetapi resikonya kecil.

Investasi properti tak mempunyai resiko sebesar investasi saham. Hal ini dikarenakan pergerakan nilai properti tak secepat saham.

Jika saham terus berpatokan dengan keadaan pasar sehingga bisa mengalami nilai yang naik turun, sementara properti pergerakannya selalu stabil.

Maka dari itu, investasi properti ini sangat cocok untuk anda yang tak ingin memperoleh resiko terlalu tinggi.

Depresiasi

Selain rendah resiko, investasi di bidang properti juga mengalami depresiasi. Tiap bangunan memang akan mengalami depresiasi atau diartikan sebagai penurunan nilai dari bangunan tersebut.

Meski nilainya terus meningkat, pemerintah memperbolehkan para investor untuk langsung menurunkan pajak propertinya selama masa hidup.

Maka dari itu, anda sebagai investor bisa memperhitungkan keuntungan yang didapat nantinya ketika melakukan penjualan di masa mendatang.

Nilai Tambah

Lebih menguntungkan lagi karena investasi properti memiliki nilai atau harga yang selalu bertambah.

Anda bisa membangun properti di atas tanah kosong. Dengan begitu, bertambah besar harga properti tersebut.

Terlebih lagi jika letak propertinya ada di lokasi yang strategis seperti mudah dilalui orang, dekat dengan fasilitas umum, ramai lalu lintas orang, dan dibangun dengan desain elegan.

Di halaman bangunan tersebut dibangun juga penutup atas garasi sehingga harga propertinya bisa semakin tinggi.

Dapat Menjadi Agunan

investasi properti online

Dengan investasi di bidang properti, anda juga bisa merasa untung karena dapat menjadikannya sebagai agunan atau jaminan.

Dalam bentuk gadai sertifikat rumah, apartemen atau ruko (SHM / HGB), anda bisa mendapatkan pinjaman secara lebih mudah. Dengan cara ini, anda para investor bisa melakukan investasi lagi pada properti lain.

Untuk perihal pengembalian hutang, anda tak perlu khawatir. Karena memperoleh keuntungan yang meningkat, maka hasil yang didapat pun bisa balik modal secara cepat.

Meski begitu, anda perlu melakukan perhitungan secara cermat antara jumlah pinjaman dengan keuntungan yang bisa diperoleh tiap bulannya.

Harga Properti Naik Tiap Tahun

Tak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan masyarakat terhadap properti maupun tempat tinggal kian meningkat tiap tahunnya.

Belum lagi mengenai jumlah penduduk yang juga mengalami peningkatan. Pemerintah pun harus berpikir keras untuk menyediakan tempat tinggal.

Hal tersebut turut mempengaruhi peningkatan permintaan masyarakat terhadap properti, tak terkecuali melalui developer. Tiap tahunnya, harga properti yang ditawarkan selalu berbeda-beda.

Apabila anda mempunyai uang, tak ada salahnya jika anda membeli properti dalam jumlah yang banyak.

Apalagi nilai properti tersebut tak akan hilang bahkan semakin bertambah tiap tahunnya. Dalam hal ini, sebaiknya anda membeli properti ketika developer melakukan promosi.

Hal ini dikarenakan harga properti yang ditawarkan jauh lebih murah. Dengan begitu, anda dapat menjualnya kembali di kemudian hari dengan harga lebih tinggi. Hal tersebut tentu saja bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Jangka Panjang

Keuntungan investasi di bidang properti lainnya ialah memberi keuntungan dalam jangka panjang.

Investasi properti memang termasuk salah satu jenis investasi yang sifatnya jangka panjang. Adapun jangka panjang yang dimaksud bisa mencapai 3 sampai 5 tahun lebih.

Dengan begitu, anda bisa memperoleh keuntungan yang lebih berarti. Investasi seperti ini tentu saja berbeda dengan investasi jangka pendek, seperti investasi reksadana, saham, obligasi, emas, deposito, dan lain sebagainya.

Passive Income

Anda juga bisa memilih investasi properti untuk dijadikan lahan penghasilan pasif. Passive income itu sendiri dimana anda bisa memperoleh keuntungan tiap bulannya tanpa harus bekerja.

Properti yang sudah selesai anda bangun bisa disewakan seperti villa, kos-kosan, ataupun penginapan.

Dengan begitu, anda tak perlu mempunyai pekerjaan yang terikat ataupun pekerjaan berat untuk memperoleh penghasilan tetap.

Kendalikan Inflasi

investasi properti terbaik

Tak hanya di negara maju, inflasi juga sering terjadi di negara berkembang, seperti Indonesia. Hanya saja, pemerintah di negara berkembang justru memikirkan tentang bagaimana mengendalikannya.

Selain itu, ditambah lagi dengan harga pemukiman dan kebutuhan pokok yang kian mengalami peningkatan sehingga mendorong penambahan inflasi.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut ialah memilih investasi di bidang properti.

Hal ini dikarenakan menunjukkan hubungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Sebut saja investasi saham dan obligasi.

Pengungkit Investasi

Investasi properti juga menawarkan keunggulan dimana memiliki daya pengungkit investasi yang besar.

Misalnya saja, anda memilih rumah seharga Rp. 400 juta, maka anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 100 juta saja untuk dijadikan sebagai uang muka pembelian.

Sementara sisanya, yakni Rp. 300 juta bisa dibayarkan dengan sistem pembiayaan perbankan. Jika harga properti anda naik sekitar 10%, maka anda bisa mempunyai nilai properti sebesar Rp. 440 juta. Nilai tersebut membuat anda mendapatkan untung kotor sebesar Rp. 40 juta.

Tak Membutuhkan Keahlian Tinggi

Investasi di bidang properti tak membutuhkan keahlian yang tinggi seperti halnya saham. Anda hanya perlu menyiapkan modal dan selanjutnya memilih jenis propertinya.

Anda yang akan melakukan investasi properti tak perlu bersusah payah menyusun beragam strategi dan keahlian untuk mengelola investasi tersebut.

Arus Kas Bebas

Anda bisa membeli properti langsung secara tunai maupun memakai pembiayaan dengan hipotek rendah.

Hal ini dikarenakan nantinya anda akan menerima sejumlah uang yang mengalir tiap bulannya.

Apabila seseorang menyicil tiap bulan, maka anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari hal tersebut.

Pangsa Pasar Luas

tips investasi properti

Mengingat jumlah penduduk tiap tahun selalu bertambah, maka investasi properti ini terbukti menawarkan peluang yang besar.

Saat terjadi urbanisasi, properti tentu saja banyak dibutuhkan. Tak hanya itu, meluasnya pangsa pasar bisa menciptakan beragam jenis properti.

Mulai dari properti dengan harga yang rendah sampai tinggi. Investasi properti pastinya mempunyai peluang besar saat arus globalisasi berkembang semakin pesat seperti halnya saat ini.

Keuntungan Pajak

Keuntungan melakukan investasi di bidang properti selanjutnya ialah perihal pajak. Tak hanya melakukan kalkulasi penyusutan, banyak investor yang juga mengklaim bagian dalam melakukan pembiayaan bunga hipotek bulanan.

Hal ini dilakukan dengan alasan untuk meminimalisir besarnya pajak yang nantinya perlu dibayarkan. Melakukan investasi jenis ini memang memberikan banyak keuntungan. Maka dari itu, tak ada salahnya anda mencoba investasi properti yang satu ini.

Demikian informasi penting diatas kami sampaikan, ingin mengetahui tips lain yang bisa membuat uang kita semakin berkembang?

Silakan baca artikel mengenai Keuntungan Investasi Obligasi dan Cara Membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.