Fungsi Kredit Bagi Wirausaha Kecil dan Pebisnis Pemula

fungsi kredit

Kredit terbukti dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup dan hal ini tak terkecuali untuk keperluan bisnis.

Bukan hanya mampu menggerakkan usaha para pebisnis besar saja, namun juga termasuk wirausaha kecil dan pebisnis pemula.

Seperti yang kita semua ketahui, dalam menjalankan kegiatan bisnis, anda membutuhkan sejumlah dana sebagai modal maupun pengelolaannya.

Selain mengumpulkan uang dengan cara menabung, dana bisnis juga bisa diperoleh dengan mengajukan pinjaman di perusahaan keuangan resmi.

Fungsi Kredit Bagi Wirausaha

manfaat kredit

Para pelaku usaha memerlukan kredit sebagai modal awal maupun untuk mendukung kegiatan bisnis yang sudah dijalankan.

Adapun beberapa manfaat lainnya kredit bagi wirausaha ialah sebagai berikut.

Membiayai Operasional Bisnis

Salah satu kegunaan kredit bagi wirausaha ialah membiayai operasional. Anda tak perlu khawatir lagi apabila kekurangan dana untuk melancarkan kegiatan usaha.

Hal ini dikarenakan ada banyak lembaga keuangan seperti bank dan multifinance yang sudah menyediakan pembiayaan multiguna dan kredit mikro dengan bentuk Kredit Modal Kerja.

Khusus KMK, fungsi kredit ini dibuat secara khusus bagi para pelaku UMKM yang tengah menjalankan usahanya.

Fasilitas tersebut dapat digunakan untuk membiayai semua kegiatan usaha seperti menyediakan bahan baku, pembelian peralatan, piutang dan lain-lain.

Perlu untuk anda ketahui, ada bank yang menawarkan layanan kredit modal kerja yang terpisah.

Beberapa diantaranya yaitu Kredit Modal Kerja BCA, Kredit Modal Kerja BTN, Mandiri Kredit Modal Kerja (Bank Mandiri), dan Kredit Modal Kerja Maybank.

Selain itu, ada juga yang telah menggabungkan kredit modal kerja beserta kredit investasi. Sebut saja BJB Kredit Mikro Utama, Kredit Mikro Sampoerna, dan Pinjaman Mikro Danamon.

Kemudahan dan Bisa Diakses

Kredit yang diberikan oleh pihak perbankan selalu bisa diakses oleh penggunanya. Hal ini dikarenakan bank digunakan untuk menyimpan atau menarik tabungan secara teratur.

Setelah anda menjadi nasabah selama bertahun-tahun lamanya, bank akan menjadi tempat yang nyaman dan akrab bagi anda.

Layanan pribadi membuat bank menjadi tempat pertama yang dipertimbangkan untuk mengajukan kredit.

Dalam pengajuannya pun terjadi secara mudah dan cepat apabila BI Checking Anda bagus atau tidak pernah ada kredit macet di tempat pinjam uang sebelumnya.

Memulai Usaha Baru

Fungsi kredit selanjutnya yang bisa anda manfaatkan ialah sebagai penyedia modal untuk memulai usaha baru sesuai dengan rencana awal yang sudah disiapkan.

Adanya pinjaman kredit ini memungkinkan untuk menumbuhkan wirausahawan baru dengan semangat dan visi misi Indonesia maju.

Hanya saja, produk yang ditawarkan secara khusus untuk memulai usaha baru cukup sulit ditemukan, baik itu bank negara maupun swasta.

Meski begitu, anda bisa menyiasatinya dengan memilih layanan kredit multiguna di lembaga multifinance atau leasing.

Anda bisa menggadaikan aset berharga yang dimiliki, seperti BPKB kendaraan maupun sertifikat rumah / ruko.

Modal Ekspansi Bisnis

jenis jenis kredit

Pinjaman dana tunai juga bisa anda gunakan untuk ekspansi bisnis, seperti membuka cabang baru, pemutakhiran teknologi, menyewa lahan untuk produksi, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, fungsi kredit ini ditawarkan oleh pihak bank sebagai kredit investasi. Sebut saja Kredit Investasi Maybank dan Kredit Investasi BCA.

Anda juga akan memperoleh keuntungan dari sistem two step loan dalam kredit investasi yang ada di beberapa bank.

Dilihat dari Peraturan Bank Indonesia nomor 1/5/PBI/1999, two step loan berperan penting sebagai pinjaman dari Lembaga Keuangan Internasional yang diterima oleh Pemerintah Republik Indonesia dan melalui Bank Indonesia diteruskan kepada Bank Umum serta Bank Perkreditan Rakyat.

Hal ini berarti pemerintah menjadi penjamin pinjaman yang ditawarkan kreditur dari luar negeri untuk nantinya disalurkan ke bank-bank yang memberikan kredit pada masyarakat.

Ada Berbagai Pilihan Jenis Kredit

Perbankan menawarkan fungsi kredit yang beragam. Semua bank menginformasikan jenis skema dalam merayu pengusaha untuk memulai ataupun membangun bisnis.

Penghasilan nyata bagi bank datang dari bunga yang mereka tentukan pada kredit. Pilihan kredit itu sendiri seperti pinjaman bisnis standar, pinjaman kredit berjangka (jangka panjang dan jangka pendek), dan masih banyak lainnya.

Pastikan anda memilih jenis kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar angsuran utang.

Membeli Bahan Baku Kebutuhan Produksi

Bahan baku yang digunakan untuk kebutuhan produksi juga bisa anda beli dengan memanfaatkan pinjaman kredit.

Misalnya saja, anda menjalankan bisnis kerajinan dari bambu. Anda bisa gunakan dana pinjaman untuk membeli bahan baku yang berupa lem, bambu, dan lain sebagainya.

Hal ini menjadi bukti bahwa pinjaman uang tunai bisa melancarkan produksi yang anda jalankan.

Dengan begitu, perputaran uang bisnis anda bisa tetap berjalan. Anda pun akan memperoleh keuntungan.

Non Profit Sharing

pandangan islam tentang kredit

Bisnis patungan kapitalis dan investor setuju menyediakan kredit pinjaman dalam pertukaran untuk hak yang mempengaruhi pengambilan keputusan, bagian kepemilikan, dan bagian dari keuntungan.

Akan tetapi, bank tak meminta semua hal tersebut. Apabila anda melakukan sanksi pinjaman, bank hanya tertarik untuk memperoleh kepentingan mereka. Hal ini juga tak terkecuali dengan angsuran pembayaran kredit secara parsial.

Membuka Cabang Baru

Fungsi kredit lainnya adalah untuk membuka cabang baru. Walaupun masuk kategori wirausaha kecil ataupun pebisnis pemula, anda juga bisa membuka cabang baru.

Terlebih jika bisnis yang anda tekuni memberikan prospek yang bagus, mungkin dengan membuka cabang baru, anda bisa mendapatkan pemasukan ataupun penghasilan yang kian meningkat dan bisnis anda pun akan semakin dikenal oleh publik.

Suku Bunga Lebih Rendah

Manfaat selanjutnya ialah suku bunga yang lebih rendah. Hal tersebut bisa anda dapatkan apabila mengambil kredit yang ditawarkan oleh bank.

Walau cukup rumit untuk mendapatkannya karena penerapan BI Checking, namun jika berhasil, bank akan memberikan kredit dengan tingkat bunga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan lembaga peminjaman lainnya.

Meski prosedurnya sulit, bukan berarti kita tak bisa melaluinya. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba mengajukan kredit di bank.

Membeli Mesin Produksi

Kredit yang anda terima juga bisa dimanfaatkan untuk membeli mesin produksi. Seperti yang kita semua ketahui, mesin membuat pekerjaan atau produksi bisnis terasa lebih mudah, praktis, dan cepat.

Adanya mesin produksi juga bisa membuat lebih hemat tenaga dan waktu. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan akan semakin lancar dan berkembang.

Para pelanggan pun akan merasa puas apabila anda mampu menghadirkan stok yang dipesan secara cepat dengan hasil yang baik.

Jaminan Aman

unsur unsur kredit

Ketika anda mengajukan pinjaman kredit, anda akan memberikan jaminan. Sebut saja sertifikat rumah, BPKB kendaraan, sertifikat tanah, maupun aset berharga lainnya.

Sebagai nasabah, anda tak perlu khawatir mengenai jaminan yang diberikan. Hal ini dikarenakan bank dan multifinance akan menjaga semua jaminan milik nasabahnya.

Dengan begitu, anda hanya perlu fokus pada jalannya roda bisnis serta strategi yang perlu diterapkan.

Menawarkan Manfaat Pajak

Bagi para wirausaha kecil dan pebisnis pemula yang mengambil kredit pinjaman dari bank juga akan menikmati beberapa bantuan dari sisi pajak.

Hal ini dikarenakan presentase keuntungan yang dipakai untuk membayar kembali kredit tersebut dibebaskan dari biaya pajak.

Demikian penjelasan mengenai fungsi kredit yang dapat Anda manfaatkan. Semoga roda bisnis bisa terus berjalan dan keuntungan akan semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.