Alasan Pentingnya Memiliki Dana Darurat Keluarga

dana darurat keluarga

Mempersiapkan dana darurat keluarga sangat perlu diperhatikan selain memposkan keuangan untuk kebutuhan pangan, sandang, papan.

Kehidupan adalah hal yang telah ditentukan oleh Allah SWT, dan manusia sebagai salah satu mahluk dari triliunan mahluk-Nya hanya tinggal melaksanakan apa yang telah Allah SWT gariskan.

Di dalam kehidupan juga menyimpan berbagai rahasia yang tidak bisa diketahui oleh setiap orang. Berbagai hal dalam kehidupan ini mungkin saja terjadi tanpa bisa diketahui terlebih dahulu.

Sesuatu yang bisa dilakukan hanyalah perencanaan yang bisa dilakukan dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang mungkin saja terjadi.

Dalam kehidupan ini, keuangan menjadi salah satu unsur penting untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan dalam menopang kehidupan manusia.

Berbagai kebutuhan dalam kehidupan manusia harus dipenuhi agar kehidupan bisa berjalan dengan lancar.

Namun demikian, sebagaimana berbagai hal dalam kehidupan ini, semua resiko dapat terjadi.

Apabila keseimbangan keuangan tidak terjaga dengan baik, maka berbagai kebutuhan tidak dapat terpenuhi dan kehidupan menjadi kurang lancar.

Perencanaan dan pengelolaan keuangan menjadi salah satu solusi untuk menghadapi berbagai resiko yang mungkin saja merusak keseimbangan keuangan.

Dengan menyusun perencanaan keuangan, apabila di masa depan terjadi sesuatu hal yang dapat beresiko merusak keuangan, maka hal tersebut dapat ditangani dengan baik.

Adapun adanya pengelolaan keuangan yang baik akan mengatur agar keuangan yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan dapat sejalan dengan perencanaan yang telah disusun.

Terdapat  beberapa perencanaan yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan yang mungkin saja terjadi di masa depan.

Perencanaan keuangan ini diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi resiko yang terjadi kelak. Salah satu perencanaan keuangan untuk menjaga keseimbangan keuangan di masa depan adalah dengan mempersiapkan dana darurat keluarga.

Pengertian Dana Darurat

tabungan dana daruratDana darurat merupakan sejumlah dana yang khusus disimpan dan dipersiapkan untuk menghadapi berbagai resiko yang mungkin saja terjadi di masa depan yang dapat mengganggu keseimbangan keuangan.

Dana darurat haruslah berbentuk liquid, sehingga bisa dicairkan dengan cepat dan kapan pun waktunya.

Sebab, berbagai resiko yang terjadi di masa depan juga tidak dapat diketahui kapan datangnya.

Dana cadangan/darurat berbeda dengan investasi atau penanaman aset untuk menyimpan sekaligus mengembangkan dana yang dimiliki.

Dana darurat keluarga harus dipisahkan dari berbagai kebutuhan atau simpanan lain. Hal ini bertujuan agar dana dapat digunakan dengan cepat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.

Penggunaan dana cadangan tidak hanya ditujukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial, namun juga untuk dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam hal kesehatan atau keperluan lainnya.

Tidak ada seseorang yang dapat memastikan kondisi keuangannya akan selalu lancar tanpa ada masalah.

Seseorang yang memiliki pekerjaan yang telah mapan dan memiliki penghasilan yang cukup besar, juga mungkin saja mengalami berbagai permasalahan yang dapat menganggu keseimbangan perekonomiannya.

Bisa saja seseorang mengalami kecelakaan kerja, pemutusan kontrak kerja, bangkrut, dan sebagainya. Oleh karena itu, adanya  dana darurat sangat penting bagi keseimbangan keuangan.

Memahami Pentingnya Memiliki Dana Darurat Keluarga

menabung dana darurat

Dana cadangan dapat membantu seseorang dalam mengatasi berbagai resiko yang dapat terjadi terhadap dirinya dan keluarganya.

Dana darurat akan mampu memberikan berbagai manfaat, di antaranya sebagai berikut:

Menghindari Tumbuhnya Hutang

Berbagai resiko dapat terjadi tanpa bisa diduga sebelumnya dan mampu menimbulkan berbagai gangguan keuangan.

Salah satu tujuan dari dana cadangan adalah dengan membantu pembiayaan apabila terjadi suatu keadaan darurat yang membutuhkan penanganan yang membutuhkan dana yang cukup besar.

Dengan adanya dana ini, maka akan ada cukup dana yang dapat digunakan untuk mengatasi keadaan darurat tersebut tanpa menimbulkan tumbuhnya hutang.

Sebagian besar orang yang tidak memiliki dana darurat atau perencanaan dana lainnya tidak memiliki dana yang cukup besar dan harus berhutang terlebih dahulu.

Hutang ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada saat keadaan darurat terjadi. Misalnya, salah satu anggota keluarga mengalami kecelakaan dan membutuhkan perawatan dengan biaya yang cukup besar.

Dengan adanya dana darurat, maka biaya untuk perawatan anggota keluarganya tersebut dapat tertutupi.

Namun demikian, apabila tidak ada dana darurat yang dipersiapkan, maka tidak menutup kemungkinan akan tumbuhnya hutang untuk memenuhi biaya perawatan tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Menjelang Masa Pensiun

Berbagai keadaan darurat bisa terjadi kapanpun dan dimana pun tanpa di duga-duga. Namun demikian, beberapa kondisi yang sering kali terjadi adalah adanya kehilangan pekerjaan, kecelakaan kerja, dan usaha yang bangkrut.

Maka hal ini menunjukkan bahwa pentingnya mempersiapkan dana darurat keluarga.

Menyisihkan sekian persen dari penghasilan untuk mempersiapkan dana darurat jauh lebih baik daripada terlilit hutang yang kemudian akan memberatkan keuangan.

Jika memang sudah terlanjur berurusan dengan hutang, anda harus berpikir untuk mencari cara cepat melunasi hutang dalam 1 hari.

Sebagai Biaya Hidup dalam Berpindah Life Style

dana darurat adalah

Tidak sedikit orang yang berpindah dari gaya hidup yang sebelumnya kepada gaya hidup yang baru.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa keadaan yang menjadikan seseorang ingin memulai gaya hidup yang baru.

Salah satunya adalah orang yang bekerja di suatu perusahaan dan akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi karyawan dan ingin merintis bisnisnya sendiri.

Dengan merintis bisnis baru, diharapkan akan diperoleh pendapatan yang lebih besar dan menguntungkan bagi keuangannya.

Namun demikian, dalam berpindah gaya hidup, tentu saja dibutuhkan beberapa waktu untuk bisa merintis bisnisnya tersebut.

Gaya hidup yang baru ini tidak bisa langsung berjalan tanpa adanya penyesuaian terlebih dahulu.

Maka dari itu, dalam mengubah gaya hidup yang baru, maka akan dibutuhkan biaya untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama belum memilki penghasilan atau pemasukan dari bisnis barunya tersebut.

Salah satu peran dari dana darurat adalah membiayai berbagai kebutuhan selama masa peralihan dari gaya hidup yang sebelumnya pada gaya hidup yang baru.

Dengan adanya dana darurat ini, meskipun bisnis baru belum bisa menghasilkan, masih ada dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan, yakni dari dana cadangan tersebut.

Sebagai Cadangan Apabila Bisnis Tidak Berjalan Sesuai Rencana

contoh dana darurat

Dalam merintis bisnis yang baru, tidak semuanya bisa berjalan dengan lancar. Ada kalanya bisnis tidak berjalan sesuai dengan rencana dan justru mendapatkan kerugian.

Hal ini tentu saja dapat menimbulkan berbagai permasalahan apabila tidak diatasi dengan tepat.

Salah satu upaya dalam mengatasi adanya kegagalan dalam merintis bisnis adalah dengan mempersiapkan dana darurat.

Dana darurat bisa digunakan untuk menutupi kerugian dan menyusun rencana yang baru dalam merintis bisnis berdasarkan pengalaman yang telah diperoleh sebelumnya.

Dengan adanya dana darurat ini, bisnis bisa dilanjutkan dan terhindar dari tumbuhnya hutang.

Sebagai Cadangan untuk Kesehatan

Seseorang bisa saja mengalami gangguan kesehatan, mulai dari tumbuhnya penyakit, adanya kecelakaan kerja, dan lain sebagainya.

Agar bisa kembali mendapatkan kesehatan, maka diperlukan perawatan atau pengobatan yang terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Salah satu manfaat dari dana darurat adalah sebagai cadangan dana untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan dan kecelakaan yang menyebabkan kondisi kesehatan seseorang memburuk.

Dana darurat dapat digunakan untuk membiayai perawatan dan pengobatan yang segera dibutuhkan untuk menangani penyakit.

Berbagai kemungkinan atau resiko dapat terjadi pada siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai resiko tersebut adalah dengan mempersiapkan dana darurat keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.