12 Cara Menghemat Uang Untuk Belanja Bulanan

cara menghemat uang

Belanja bulanan menjadi salah satu kegiatan yang tak bisa lepas dalam kehidupan rumah tangga.

Tentunya aktivitas tersebut dilakukan untuk memenuhi segala kebutuhan, mulai dari konsumsi atau bahan pangan, kebutuhan anak, kebutuhan pribadi, dan masih banyak lainnya.

Jika tidak mengatur keuangan dengan baik, maka pengeluaran uang untuk belanja bulanan anda akan membengkak.

Akibatnya, kondisi finansial keluarga anda akan menjadi tidak stabil. Maka dari itu, pastikan anda mengetahui cara menghemat uang yang baik.

Ada baiknya tips penting dibawah ini dapat Anda implementasikan secara perlahan saja sebab kondisi real setiap individu bisa berbeda-beda dan kebutuhannya tidak dapat disamaratakan.

Kunci utamanya adalah disiplin dan mau sedikit berkorban untuk menahan seluruh keinginan yang sifatnya konsumtif.

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan

tips menghemat uang bulanan

Untuk membantu anda dalam menganggarkan dana secara tepat, berikut kami bagikan beberapa informasi yang sudah terbukti membantu banyak orang untuk mengatur keuangannya.

Menyusun Anggaran

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah melakukan penyusunan anggaran. Hal ini dikarenakan semua acuan pengeluaran dimulai dari perencanaan awal Anda.

Pastikan anda mendahulukan hal yang berkaitan dengan tagihan atau utang seperti membayar tagihan listrik, asuransi, pendidikan, cicilan rumah, angsuran mobil dan tabungan. Baru setelah itu, anda mengeluarkan uang untuk belanja bulanan.

Kurangi Belanja Dengan Kredit atau Debit

Tak bisa dipungkiri bahwa seringkali kita tergoda untuk belanja sesuai keinginan (bukan kebutuhan) jika sudah menggunakan kartu kredit atau debit.

Hal ini dikarenakan banyak cara yang sering dilakukan oleh penjual dalam memancing minat anda sebagai pembeli.

Sebut saja mengadakan promo, mengubah tata letak rak, dan menaruh makanan kecil di dekat kasir.

Apabila anda belanja dengan memakai uang tunai, maka anda akan cenderung membeli barang yang dibutuhkan saja.

Boleh saja belanja bulanan dengan menggunakan kartu kredit, akan tetapi anda harus melunasi tagihan (jangan bayar minimum) sesegera mungkin.

Gunakan Sistem 31 Amplop

cara menghemat dan memakai uang dengan bijaksana

Cara menghemat uang belanja bulanan selanjutnya ialah dengan menggunakan sistem 31 amplop.

Untuk mencoba sistem ini, anda hanya perlu menyiapkan 31 lembar amplop kosong. Setelah itu, ambil semua uang yang anda miliki dan masukan ke amplop sesuai dengan kebutuhan.

Tulis tanggal belanja di amplop mulai dari tanggal 1 sampai 31. Jika semua sudah terisi, sisanya ialah uang untuk investasi.

Apabila dilakukan secara tertib, maka anda bisa lebih kreatif dalam mengatur uang belanja bulanan.

Belanja di Pasar Tradisional

Dengan anda membeli bahan kebutuhan di pasar tradisional, maka beban pengeluaran keuangan anda bisa terasa lebih ringan daripada belanja di supermarket.

Pasar tradisional tak membebani anda dengan beragam pajak yang terkadang membuat harga barang-barang yang dijual menjadi lebih mahal.

Terlebih lagi, anda juga diperbolehkan untuk menawar harga bahan-bahan yang akan anda beli.

Belanja Dalam Kemasan Besar

Supaya belanja bulanan terasa lebih hemat, anda bisa membelinya dalam kemasan yang besar.

Hal ini sangat disarankan dalam pembelian bumbu dapur, deterjen, sabun mandi, minyak goreng, tisu, dan berbagai bahan yang tidak cepat kadaluarsa lainnya.

Dengan belanja dalam jumlah yang banyak, anda bisa mendapatkan selisih harga yang jauh lebih murah dibandingkan harus beli secara satuan.

Bandingkan Harga Sebelum Membeli

Cara menghemat uang belanja bulanan yang satu ini bisa anda jadikan kebiasaan. Anda bisa bandingkan harga produk yang ingin anda beli di beberapa tempat.

Misalnya saja, di tempat A harga ikannya lebih murah jika dibandingkan di tempat B. Dengan kualitas yang sama, alangkah baiknya anda membeli barang di tempat yang menawarkan harga lebih murah.

Jangan Terfokus pada Merk

Semakin sering anda jalan-jalan ke mall atau swalayan, maka godaan untuk belanja juga akan semakin besar.

Godaan menjadi semakin kuat jika ada banyak promo atau diskon dari berbagai merk ternama.

Terlebih jika yang mendapatkan promo adalah kebutuhan rumah tangga. Anda jangan tergoda, alangkah baiknya anda bandingkan dengan merk lain yang jauh lebih murah.

Karena barang bermerk pun akan terasa mahal meski sudah ada diskon sehingga akan menyedot pengeluaran anda. Anda bisa membeli produk tak bermerk, akan tetapi memiliki fungsi sama.

Simpan Bahan Makanan Dengan Baik

Perlu untuk anda ketahui, menyimpan bahan makanan secara baik tentu saja bisa membuat anda menjadi lebih hemat uang.

Hal ini dikarenakan kita tak perlu lagi membelinya dalam waktu dekat. Anda bisa simpan sisa-sisa bahan makanan secara baik supaya tak mudah rusak atau basi.

Akan tetapi, anda tetap harus memperhatikan masa waktu penyimpanan bahan makanan tersebut.

Belanja Dengan Kupon

cara menghemat uang gaji kecil

Cara menghemat uang selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah belanja dengan menggunakan kupon.

Seperti yang kita semua ketahui, beberapa toko swalayan sering memberikan kupon belanja, terkadang berbentuk voucher.

Bentuk kupon bisa berupa sejumlah diskon. Selain bisa hemat uang belanja bulanan, anda juga bisa menggunakannya untuk menabung kelebihan uang dari anggaran belanja.

Simpan Nota Pembelian

Saat anda ingin belanja bulanan, pastikan anda mencatat barang apa saja yang perlu dibeli. Adapun cara yang paling mudah untuk mencatat belanja ialah dengan menempelkan catatan di kulkas mengenai barang apa saja yang sudah habis.

Dengan begitu, anda tak perlu melihat-lihat barang lain di luar kebutuhan. Selain itu, bisa juga anda mencoba membeli produk promosi, seperti produk turun harga atau beli 1 dapat 2. Dengan cara ini, anda bisa menghemat pengeluaran bulanan anda.

Anda pun akan terhindar dari pembelian produk yang sama di bulan berikutnya. Supaya pengeluaran belanja bulanan dapat terkendali secara baik, sangat disarankan untuk menyimpan bon belanja.

Tujuan menyimpan nota pembelian ini ialah agar anda bisa membandingkan harga bulan ini dengan harga bulan sebelumnya.

Dengan cara ini, anda bisa mengetahui saat harga barang sedang murah. Selain itu, anda juga bisa mengetahui tempat beli produk murah tersebut.

Buat Prioritas

cara hemat uang dalam rumah tangga

Prioritas adalah hal yang penting untuk membantu anda dalam menghemat uang belanja bulanan.

Anda bisa buat prioritas barang-barang yang nantinya hendak anda beli. Pastikan anda berbelanja sesuai dengan prioritas yang telah anda buat tersebut.

Dengan begitu, anda bisa terhindar dari banyak pengeluaran yang sebenarnya tak perlu. Dengan membuat prioritas, anda juga bisa mengatur pengeluaran uang untuk belanja bulanan anda sehingga menjadi lebih hemat.

Belanja Online Free Ongkir

Jika anda sadar, belanja secara online juga termasuk salah satu langkah dalam menghemat uang belanja bulanan.

Hal ini dikarenakan anda akan terhindar dari biaya parkir, bahan bakar kendaraan, dan biaya makan di luar.

Terlebih jika anda berbelanja di tempat yang menawarkan harga lebih murah, maka anda pastinya akan merasa lebih diuntungkan.

Selain melihat harga produk yang ditawarkan lebih murah, anda juga harus memastikan tarif ongkos kirim (ongkir).

Pastikan anda berlangganan dengan tempat belanja online yang menawarkan layanan free ongkir atau tanpa biaya ongkos kirim (gratis).

Dengan begitu, anda akan merasa jauh lebih hemat dan tak ada salahnya anda mencoba cara menghemat uang belanja bulanan yang satu ini.

Jika sudah punya kelebihan dana, sudah saatnya Anda mencoba mengembangkan pendapatan dengan cara mempelajari Keuntungan dan Cara Menabung Emas di Pegadaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.