Cara Mengatur Tagihan Kartu Kredit, Agar Hidup Anda Jauh Dari Hutang

Cara Mengatur Tagihan Kartu Kredit

Sebelum anda ingin mengambil kartu kredit karena tahu banyak kegunaan yang akan didapatkan. Anda juga harus paham bagaimana cara mengatur tagihan kartu kredit.

Tujuannya agar tidak menimbulkan hutang yang menumpuk di kemudian hari. Di era kemajuan berbagai informasi dan teknologi, banyak dilakukan perkembangan di berbagai bidang.

Dalam menghadapi kemajuan ini, bank juga selalu mengembangkan berbagai inovasi untuk menyediakan layanan keuangan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Layanan keuangan ini telah disesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini, di mana kemajuan telah berkembang pesat. Salah satu inovasi yang telah dikembangkan oleh bank adalah kartu kredit.

Pada umumnya, orang-orang di masa sekarang ini memilih segala sesuatu yang sifatnya instan, praktis, dan memberikan berbagai kemudahan.

Hal ini dijadikan sebagai peluang yang potensial bagi bank untuk mengembangkan berbagai inovasi untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat atau nasabah.

Kartu kredit menjadi salah satu inovasi yang dikembangkan oleh bank yang memudahkan nasabah mendapatkan pinjaman dana yang kemudian bisa dibayarkan dengan cara cash maupun kredit.

Dengan kemudahan yang dapat diperoleh dari kartu kredit ini, maka akan banyak masyarakat atau nasabah yang tertarik untuk menggunakan layanan kartu kredit ini.

Selain itu, dari pihak bank juga memberikan berbagai penawaran yang menarik seperti diskon, suku bunga rendah, dan lain sebagainya dari penggunaan kartu kredit ini, sehingga akan semakin banyak nasabah yang menggunakan kartu kredit.

Dari sisi nasabah juga mendapatkan keuntungan, dari pihak bank pun juga dapat memperoleh keuntungan dari suku bunga dan pajak dari hasil pinjaman nasabah melalui kartu kredit.

Pengertian Kartu Kredit

cara kerja kartu kredit

Kartu kredit merupakan salah satu produk layanan yang dikeluarkan oleh bank berupa kartu yang dapat digunakan oleh nasabah untuk mendapatkan pinjaman dana dari bank tanpa harus membuka rekening terlebih dahulu.

Dengan adanya kartu kredit ini, masyarakat akan terbantu dalam membiayai berbagai kebutuhan yang mendadak.

Ketika tidak bisa membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup besar ke mana-mana, kartu kredit dapat membantu dalam transaksi yang akan dilaksanakan.

Baca Juga : Resiko Kredit Macet Bagi Nasabah dan Tips Penyelesaiannya

Dengan bermodalkan kartu kredit ini, maka transaksi bisa dilakukan dengan praktis. Meskipun berupa kartu yang dikeluarkan oleh bank, kartu kredit berbeda dengan kartu debit.

Kartu debit berkaitan dengan rekening tabungan yang dimiliki oleh nasabah, sehingga untuk mendapatkan kartu debit, maka nasabah harus memiliki rekening tabungan di bank.

Sedangkan untuk kartu kredit bisa diperoleh tanpa harus membuka rekening tabungan terlebih dahulu. Selain itu, penggunaan kartu debit dibatasi dengan jumlah saldo yang ada di dalam rekening tabungan. Sedangkan kartu kredit dapat digunakan tanpa dibatasi saldo tertentu, hanya saja jumlah pendanaan yang bisa diterima dibatasi oleh bank sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati di awal pengajuan kartu kredit.

Cara Mengatur Tagihan Kartu Kredit

cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk

Kartu kredit sudah banyak digunakan oleh sebagaian besar orang untuk mendapatkan berbagai keuntungan dari kartu kredit tersebut.

Namun demikian, tidak sedikit orang yang mengalami permasalahan atau terbelit hutang dari penggunaan kartu kredit ini.

Hal ini dapat terjadi apabila penggunaan kartu kredit tidak dikelola dengan baik dan hanya digunakan dengan semena-mena.

Meskipun banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan dari penggunaan kartu kredit, namun apabila tidak diatur dengan baik, maka justru dapat menimbulkan berbagai permasalahan bagi penggunanya.

Berikut beberapa cara mengatur tagihan kartu kredit agar tidak membelit penggunanya:

Tips 1: Membuat Rencana Anggaran Pengeluaran

cara mengakali kartu kredit

Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menopang kehidupan, sehingga kehidupan bisa berjalan dengan lancar.

Kebutuhan terdiri dari kebutuhan pokok dan kebutuhan sampingan. Kebutuhan pokok artinya adalah berbagai kebutuhan yang menopang kehidupan dan harus dipenuhi agar kehidupan bisa berlangsung, seperti makanan, tempat tinggal, dan sebagainya.

Adapun kebutuhan sampingan adalah kebutuhan di luar kebutuhan pokok yang mana sifatnya tidak terlalu penting dan sebagai pelengkap kehidupan, seperti adanya kendaraan, televisi, handphone, dan sebagainya.

Berbagai kebutuhan tiap bulannya dapat direncanakan untuk menyusun anggaran pengeluaran.

Dengan mengetahui anggaran pengeluaran tiap bulannya, maka keseimbangan keuangan dapat terjaga.

Penghasilan tiap bulannya dapat dibagi-bagi untuk membayarkan kredit, memenuhi kebutuhan tiap bulan, atau untuk menabung dan berinvestasi.

Pengeluaran juga harus ditekan agar tidak melebihi atau setidaknya bisa sama dengan anggaran pengeluaran yang telah direncanakan.

Tips 2: Mencatat Pengeluaran Kartu Kredit

Salah satu cara mengatur tagihan kartu kredit adalah dengan mencatat berbagai pengeluaran yang dibayarkan dengan menggunakan kartu kredit.

Cara ini dapat membantu pengguna kartu kredit dalam mengetahui besarnya pengeluaran yang telah dilakukannya menggunakan kartu kredit.

Dengan mengeahui besarnya pengeluaran yang telah dilakukan, maka pengeluaran lain dapat ditekan agar tidak melebihi anggaran pengeluaran yang telah direncanakan sebelumnya.

Tips 3: Gunakan Layanan Notifikasi Kartu Kredit

Cara mengatur tagihan kartu kredit ke-3 adalah dengan menggunakan layanan notifikasi. Pihak bank juga telah mengembangkan kemudahan layanan bagi nasabahnya, salah satunya adalah dengan menyediakan layanan noifikasi atau pemberitahuan kepada nasabah terkait dengan aktivitas transaksi yang dilakukan pada kartu kredit.

Notifikasi ini dapa diperoleh dengan mendaftarkan nomor telepon atau email kepada bank.

Setelah diatur oleh pihak bank, maka notifikasi aktivitas transaksi kartu kredit bisa diterima melalui SMS atau email.

Tips 4: Gunakan Kartu Kredit Sesuai dengan Kebutuhan

Kartu kredit dapat digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Sesuai dengan anjuran dari pemerintah, tiap orang hanya diperkenankan memiliki maksimal 2 kartu kredit.

Hal ini berkaitan dengan berbagai resiko yang dapat dierima oleh pengguna kartu kredit itu sendiri.

Selain itu, akan lebih baik apabila hanya menggunakan karu kredit saja, sebab dengan menggunakan lebih dari satu kartu kredit akan menyulitkan dalam pengaturan keuangan, sehingga beresiko meinmbulkan berbagai permasalahan keuangan.

Tips 5: Hindari Kredit Barang yang Tidak Penting

bayar kartu kredit dengan kartu kredit lain

Barang-barang yang akan dibeli harus disesuaikan dengan kebutuhan. Membeli barang-barang yang tidak begitu penting justru dapat menambah beban pengeluaran tiap bulannya.

Perilaku konsumtif juga berpeluang besar dalam merusak perencanaan keuangan.

Jika kredit barang-barang yang tidak penting tidak bisa terkontrol dengan baik, maka anggaran pengeluaran tiap bulannya dapat membengkak yang akhirnya dapat menyebabkan seseorang terlilit tagihan kredit.

Alangkah bijaknya anda juga harus tahu cara menggunakan kartu kredit dengan aman dan tepat.

Tips 6: Hindari Meningkatkan Pengeluaran Walaupun Pemasukan Naik

Ada kalanya penghasilan seseorang tiap bulannya mengalami kenaikan. Hal ini tentu saja menjadi hal positif bagi keuangan, sebab pasti akan meningkatkan sisa hasil pendapatan dikurangi anggaran pengeluaran.

Meskipun demikian, jangan sampai karena pendapatan meningkat, maka anggaran pengeluaran juga dinaikkan untuk kebutuhan yang tidak penting.

Akan jauh lebih baik jika peningkatan sisa hasil pendapatan digunakan untuk ditabung atau bahkan berinvestasi yang dapat menambah pemasukan dalam jangka waktu tertentu.

Kartu kredit merupakan salah satu fasilitas kemudahan yang dapat digunakan oleh setiap orang dalam mendapatkan pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

Dengan adanya kartu kredit, maka juga dapat memudahkan transaksi, sehingga bisa menjadi lebih praktis. Namun demikian, agar tidak terlilit tagihan kartu kredit. Anda harus tahu cara mengatur tagihan kartu kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.