Cara Mengatur Keuangan Bulanan yang Paling Mudah

cara mengatur keuangan bulanan

Manajemen keuangan merupakan suatu hal yang harus dihadapi oleh setiap orang dalam keputusan ekonominya. Mengelola keuangan bulanan merupakan salah satu kunci dari keberhasilan dalam mencapai tujuan hidup anda.

Kesalahan dalam mengatur atau pengelolaannya dapat mengakibatkan berbagai masalah dalam kehidupan.

Diantaranya seperti gagal menyelesaikan pendidikan, hutang menumpuk dan masalah lainnya. Cara mengatur keuangan bulanan ini harus anda lakukan dengan lebih berhati-hati.

Anda juga tidak perlu mendapat gelar MBA terlebih dahulu untuk menguasai strategi finansial yang sederhana seperti ini.

Karena siapa pun dapat menemukan solusinya apabila dirinya sudah mulai menyadari betapa pentingnya sebuah perencanaan keuangan.

Cara Mengatur Keuangan Bulanan Pribadi

cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga

Mulailah dari diri sendiri sebelum Anda mulai mencoba menerapkannya pada orang lain. Berikut ini adalah penjelasan sederhana mengenai hal apa saja yang perlu dilakukan.

Menentukan Tujuan

Anda harus dapat menentukan tujuan utama dalam menabung serta mampu menentukan target secara periodik.

Salah satu contohnya yaitu dalam tiga bulan kedepan anda harus sudah membeli smartphone baru, dll.

Menentukan suatu tujuan juga sangat penting bagi anda supaya dapat menyesuaikan jangka waktu yang dibutuhkan.

Baca juga: 12 Cara Menghemat Uang untuk Belanja Bulanan

Buatlah tujuan yang realistis dan jangan terlalu menggebu-gebu, akan lebih baik apabila sasaran utama dalam rencana penghematan uang adalah untuk investasi atau kegiatan lainnya yang mampu mengembangkan pendapatan Anda.

Membuat Skala Prioritas

Kenali dahulu mengenai hal yang anda butuhkan serta inginkan. Tunda sesuatu yang tidak penting atau tidak anda butuhkan saat ini.

Contohnya yaitu sering makan diluar, membeli berbagai jenis pakaian yang mahal, intinya yaitu cegah hal yang membuat kita lapar mata seperti sering main dengan teman-teman anda ke mall.

Akan lebih baik jika anda dapat membeli satu kemeja daripada harus membeli beberapa jenis pakaian yang mahal dan tidak bermanfaat.

Anda juga akan lebih bijak jika dapat membeli beberapa kebutuhan pokok dahulu. Seperti bahan makanan ketimbang memanjakan diri di salon.

Prioritaskan Menabung

Cara mengatur keuangan bulanan selanjutnya ialah menabung dengan tata cara yang benar, jangan menabung pada saat ada sisa gaji, namun mulai potong penghasilan Anda diawal.

Misalnya sepuluh hingga dua puluh persen dari gaji langsung ditabung sebelum penghasilan Anda digunakan untuk hal lain.

Baca juga: 3 Investasi Jangka Pendek yang Menjanjikan untuk Pemula

Dengan cara tersebut maka anda akan dapat lebih jelas menentukan kapan tujuan utama bisa direalisasikan.

Passive Income

Mulailah untuk menyisihkan pendapat anda untuk dapat mempunyai pendapatan pasif dengan cara investasi kecil-kecilan.

Jika saat ini memiliki properti nganggur, mungkin dapat dimanfaatkan dengan membangun sebuah tempat kos atau menyewakan ruko.

Atau apabila ada mobil yang jarang digunakan, mungkin bisa dititipkan ke jasa rental supaya bisa memberikan income bagi Anda.

Mempunyai bisnis warabala juga merupakan salah satu ide yang tepat. Namun perlu diingat bahwa anda juga harus tetap fokus dalam pekerjaan utama anda saat ini.

Karena itu merupakan salah satu sumber pemasukan pokok anda, kecuali jika bisnis tersebut telah mempunyai nilai yang lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan anda sekarang.

Dahulukan Kewajiban

cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil

Tujuan anda untuk menerapkan cara mengatur keuangan bulanan pasti adalah agar hidup lebih bahagia kedepannya.

Hal tersebut sangat realistis sebab kalau tidak ada tabungan di saat yang diperlukan, maka sudah pasti kita akan stres.

Dalam kondisi seperti itu, biasanya tindakan yang akan diambil adalah dengan berhutang kesana kemari.

Padahal kita tahu bahwa dalam jangka panjang, hutang dapat mengakibatkan beberapa kecemasan serta rasa frustasi yang bisa berlawanan dengan tujuan anda.

Namun bukan berarti kita tidak boleh berhutang sama sekali, ambilah dengan nominal yang wajar dan sesuai dengan kapasitas kita, bayarlah semua hutang dengan tepat waktu supaya tidak terbebani oleh tagihan.

Jika utang bisa dikelola dengan baik maka itu akan membuat neraca keuangan anda kembali normal.

Sebisa mungkin jauhi penggunaan kartu kredit karena dapat mengakibatkan sifat impulsif. Anda dapat menggunakan uang kas atau kartu debet supaya tidak menimbulkan hutang baru.

Apapun yang terjadi, harus tetap prioritaskan untuk membayar cicilan pada hari pertama saat menerima gaji.

Menjaga Likuiditas Pada Posisi Ideal

Ambillah satu contoh yaitu anda menaruh segala aset anda dalam properti. Memang harga dari properti tersebut selalu naik namun membuat anda tidak terlalu liquid. Hal ini dikarenakan harga dari aset tersebut tinggi sehingga sulit terjual.

Sama halnya dengan anda menaruh semua aset dalam satu instrumen saja. Misalnya tabungan di bank, hal ini karena sangat mudah dalam pengambilannya sehingga anda terlalu mudah dalam membelanjakannya.

Jika punya uang lebih, seimbangkanlah antara tabungan di rekening dengan instrumen untuk investasi, jangan pada saat darurat malah tidak bisa mencairkan dana secara cepat.

Kurangi Pajak Barang Mewah

Barang mewah yang anda miliki dapat mengakibatkan tagihan pajak yang meningkat. Kurangi beberapa jumlah kendaraan mewah anda yang hanya menjadi sebuah pajangan serta alihkan ke aset yang produktif.

Kepemilikan berbagai jenis barang mewah tersebut hanya akan menambah beban anda. Selain itu juga dapat meningkatkan berbagai resiko kehilangan, kerusakan dan belum lagi biaya penyusutan.

Alihkan pada beberapa aset yang produktif. Anda dapat mempertimbangkan mempunyai bisnis warabala atau menanamkan saham dalam suatu perusahaan.

Hidup Sederhana

persentase pembagian gaji

Cara mengatur keuangan bulanan yang selanjutnya ialah kurangi makan dibeberapa restoran mewah. Anda harus dapat memulai dengan masak sendiri dirumah.

Selain itu juga kurangi dalam pengeluaran konsumtif yang anda masih dapat ganti dengan beberapa barang subtitusi.

Masak serta tanamlah sendiri beberapa jenis bahan makanan anda serta makanan organik yang anda tanam tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan (jika memiliki lahan yang menganggur).

Anda dapat terhindar dari pestisida serta dapat menjadi sarana penghilang stres. Hal ini dapat dilakukan tidak hanya untuk menghemat anggaran belanja namun juga sebagai peluang bisnis.

Pekerjaan Konsultan Keuangan

Anda juga dapat menggunakan jasa konsultan keuangan. Para konsultan tersebut sudah pasti obyektif dan profesional dalam membantu mengatasi masalah keuangan anda.

Mereka juga dapat membantu untuk memilih berbagai jenis produk keuangan serta beberapa instrumen investasi yang cocok bagi anda.

Membuat Perencanaan Belanja

Sebelum anda memasuki sebuah toko atau mall, hal pertama yang harus dilakukan yaitu membuat rencana pembelian barang kebutuhan.

Berapa banyak barang diperlukan serta motode apa yang digunakan dalam bertransaksi. Ketahuilah jika sudah berada di dalam mall, akan ada banyak sekali berbagai sihir marketing yang dapat membuat sifat konsumtif keluar.

Catat Arus Kas Bulanan

Oka mari kita lanjutkan pembahasan mengenai cara mengatur keuangan bulanan selanjutnya yaitu buatlah suatu pembukuan supaya anda dapat melacak arus kas anda.

Pencatatan keluar masuknya arus keuangan tersebut dapat digunakan sebagai bahan evaluasi setiap harinya.

Untuk fleksibilitas akses ke pembukuan tersebut, file dapat disimpan di cloud storage supaya Anda selalu bisa membukanya dimanapun.

Diferensi Wadah Investasi

Pertimbangkanlah beberapa opsi seperti memiliki jenis aset di pasar modal. Keunggulan fasilitas tersebut adalah Anda dapat menarik aset kapan saja.

Hal tersebut juga memiliki berbagai manfaat seperti kenaikan hasil investasi dari pasar modal (jika harga saham meningkat).

Perhatikan ini jika baru masuk ke dunia saham, berinvestasilah di berbagai perusahaan yang mempunyai laporan keuangan stabil dari tahun ke tahun.

Saat ini kita dapat memperoleh beberapa laporan keuangan yang telah diterbitkan oleh bursa efek untuk perusahaan-perusahaan yang sudah listing.

Jangan langsung menjadi spekulan dalam bisnis tersebut, serta jangan mudah terpengaruh oleh tren jangka pendek.

Gunakan Software Keuangan

cara membuat anggaran bulanan pribadi

Banyak jenis platform yang mampu bertugas menjadi asisten keuangan yang bisa Anda gunakan.

Beberapa aplikasi tersebut dapat diunduh gratis. Selain itu banyak juga jenis tools yang dapat digunakan sebagai pelacak arus kas sehingga transaksi di pasar modal semakin mudah.

Sebagai tabahan informasi, untuk tools tersebut tergantung dari perusahaan sekuritas yang Anda gunakan.

Membuat Dua Rekening Yang Berbeda

Pisahkan uang anda menjadi dua pos yang berbeda. Misalnya anda memakai satu rekening untuk kegiatan transaksi rutin, lalu kemudian membuat rekening kedua untuk kebutuhan menabung atau investasi.

Dengan cara membagi tersebut maka anda akan dapat mengontrol seluruh pendapatan dan pengeluaran dengan mudah.

Selalu ada jalan bagi yang serius ingin menerapkan cara hidup hemat.

Menyisihkan Dana Untuk Sedekah

Ini yang paling penting. Sedekah tidak akan mengurangi kekayaan anda atau tidak akan membuat kita bangkrut.

Dengan bersedekah ke anak yatim atau orang tidak mampu, maka anda akan meningkatkan hubungan dengan sesama. Selain itu juga dapat mengurangi kesenjangan sosial.

Bersedekah merupakan salah satu cara mengatur keuangan bulanan anda. Tidak ada kisah orang-orang sukses yang bangkrut karena berbagi kepada sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.