5 Bisnis Menjanjikan yang Bisa Dilakukan dengan Modal Kecil

bisnis menjanjikan

Bisnis merupakan salah satu jalan hidup yang dipilih oleh seseorang yang ingin mendapatkan penghasilan dengan caranya sendiri.

Selain dapat dirintis dengan kebebasan sang pelaku bisnis itu sendiri, bisnis juga memiliki peluang keberhasilan yang sangat besar.

Dalam merintis suatu bisnis, tentu saja membutuhkan modal awal untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam bisnis tersebut.

Namun demikian ada sebagian pebisnis yang mengalami kegagalan karena kekurangan modal dalam merintis bisnisnya.

Dari banyaknya jenis bisnis yang dapat dilakukan, ada beberapa jenis bisnis menjanjikan yang dapat dirintis dengan modal awal yang realtif kecil.

Dengan modal awal yang tidak besar, bisnis juga dapat dirintis dan akan memberikan hasil yang optimal.

Kunci sukses berbisnis dengan modal awal kecil adalah dengan perencanaan dan pengelolaan yang baik dan benar.

Apabila semua direncanakan dengan sangat detail, kemudian dalam pengelolaannya juga dilakukan dengan benar, maka meskipun dengan modal minim akan menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan, khususnya bagi pebisnis pemula.

Alasan Pentingnya Bisnis

usaha menjanjikan untuk pemula

Beberapa hal yang menjadi alasan bagaimana pentingnya bisnis sebagai sumber penghasilan yaitu:

Berawal dari Kreativitas dan Kemampuan Unik

Tidak sedikit bisnis sukses yang telah berkembang pesat dan terkenal berawal dari suatu bisnis sederhana dengan modal yang minim.

Dengan kreativitas yang tinggi serta kemampuan yang unik atau berbeda dengan yang lainnya, maka tercipta suatu inovasi produk atau jasa yang menarik dan berbeda dari yang lainnya.

Hal ini menyebabkan produk atau jasa hasil inovasi tersebut bisa bertahan dan terus berkembang menjadi bisnis menjanjikan.

Peluang yang Terbuka Lebar

Peluang dalam melaksanakan bisnis masih terbuka lebar. Semuanya tergantung pada kreativitas pelaku bisnis dalam menghasilkan inovasi produk atau jasa tertentu.

Meskipun ada sejumlah bisnis yang hampir sama, namun dengan keunikan tersendiri, produk atau jasa hasil inovasi tersebut dapat bersaing dengan produk atau jasa lain.

Dapat Dijadikan sebagai Usaha Sampingan untuk Menambah Penghasilan

Bisnis juga akan memberikan tambahan penghasilan yang cukup besar, khususnya bagi seseorang yang memiliki gaji yang relatif kecil.

Bahkan jika dikelola dengan baik dan benar, bisnis sampingan justru bisa menjadi sumber pemasukan yang besar.

Sebagai Sarana Aktualisasi Diri

Bagi sebagian orang, bekerja di bawah perintah orang lain adalah hal yang kurang nyaman. Bisnis bisa menjadi salah satu solusi untuk menyalurkan hobi dan aktualisasi diri.

Dengan merintis bisnis, maka sesorang dapat meningkatkan pendapatan dengan cara yang sesuai dengan passion-nya.

Bisnis Menjanjikan dengan Modal Kecil

usaha yang menjanjikan di desa

Jika melihat pada pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah atau UKM di Indonesia, akan nampak bahwa UKM memiliki peran yang besar dalam meningkatkan perkeonomian masyarakat, serta pembangunan negara. Beberapa usaha yang dapat dirintis dengan modal kecil di antaranya adalah:

Bisnis Online dengan Merintis Blog atau Web

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi saat ini semakin menunjukkan dengan jelas bahwa kedepannya internet akan semakin berkembang pesat.

Semakin lama internet telah mengalami perkembangan dan telah terintegrasi pada berbagai bidang kehidupan masyarakat. Hal ini menyebabkan bahwa kedepannya, pengguna internet akan semakin bertambah.

Dunia online dapat menjadi sarana bagi seseorang untuk merintis bisnisnya. Dengan modal awal yang minim, bisnis online dengan membuat blog atau web dapat menjadi permulaan yang dapat dilakukan.

Bisnis menjanjikan secara online ini dapat dilakukan dengan menjadikan blog atau web sebagai sumber penghasilan dengan menjalankan program periklanan, toko online, dan iklan advertorial atau content review.

Banyak pebisnis online di Indonesia telah mampu menghasilkan jutaan hingga puluhan juta rupiah tiap bulannya melalui blog atau web yang dirintisnya.

Membuka Jasa Laundry

usaha yang menjanjikan di masa depan

Jasa laundry dapat dijalankan dengan modal yang minim. Jasa laundry ini juga masih memiliki peluang yang terbuka lebar.

Sebab, saat ini tiap orang pasti memiliki banyak pakaian dan tiap harinya pasti menghasilkan pakaian yang kotor dan harus dicuci terlebih dahulu untuk bisa digunakan kembali.

Terlebih lagi, tidak sedikit orang yang memiliki rutinitas yang begitu padat, sehingga tidak sempat untuk mencuci, menjemur, hingga menyetrika pakaian sendiri. Salah satu solusi dari hal tersebut adalah dengan menggunakan jasa laundry.

Selain itu, jasa laundry akan bisa menjadi usaha besar jika dilaksanakan dengan memilih lokasi yang strategis seperti di daerah perkotaan, daerah kontrakan atau kos-kosan mahasiswa, dan sebagainya. Dengan modal yang minim, maka bisnis jasa laundry dapat menjadi bisnis menjanjikan.

Membuka Les Privat

Salah satu bisnis dengan modal kecil yang lain adalah dengan membuka les privat. Dengan bermodalkan pengetahuan yang kita punya dan mungkin dengan kendaraan dan bensin, seseorang bisa merintis usaha dengan les privat.

Langkah awal dalam merintis bisnis les privat mungkin bisa dimulai dengan mendatangi murid ke rumah-rumah.

Namun seiring dengan perkembangan dan banyak relasi, maka bisnis les privat ini dapat dilaksanakan di rumah.

Bila bisa dikelola dengan baik, bisnis ini juga bisa membuka peluang kerja bagi orang lain, yakni dengan menarik pengajar-pengajar untuk bisa membantu melaksanakan les privat.

Bisnis Jasa Penerjemahan

Di era kemajuan informasi dan teknologi saat ini juga dapat membuka peluang bisnis bagi setiap orang, salah satunya adalah jasa penerjemahan.

Bagi orang yang memiliki keahlian dalam menerjemahkan suatu dokumen dengan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya, jasa penerjemahan dapat menjadi bisnis menjanjikan dengan modal yang minim.

Saat ini, masih banyak dibutuhkan jasa penerjemahan untuk menerjemahkan suatu artikel, makalah, essay, skripsi, atau karya tulis lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa peluang bisnis penerjemahan masih terbuka lebar.

Bisnis Makelar Properti

usaha yang menjanjikan dengan modal kecil

Saat ini, banyak orang yang telah menanam investasi sebagai salah satu cara dalam menyimpan sekaligus mengembangkan aset yang dimiliki.

Investasi dapat dilakukan dengan cara investasi properti, seperti rumah, apartemen, dan tanah. Dengan banyaknya para investor properti, tentu saja juga banyak yang akan menjual properti yang dikembangkannya tersebut.

Kondisi seperti ini membuka peluang untuk merintis bisnis sebagai makelar properti. Dengan modal yang minim, bisnis ini bisa dilakukan dengan mudah.

Terlebih lagi kemajuan teknologi saat ini dapat memudahkan dalam pemasaran properti, yakni secara online.

Penjualan dari properti tentu saja akan mendapatkan hasil keuntungan yang besar. Makelar properti dapat menentukan berapa persen yang akan diperleh dari keuntungan penjualan properti tersebut.

Pemasaran properti secara online dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya adalah dengan blog marketing, display marketing, serta email marketing.

Pemasaran online seperti ini tentu saja tidaka membutuhkan modal yang besar, sehingga peluang ini bisa menjadi maju dengan modal yang kecil.

Pada dasarnya, semua jenis bisnis dapat dirintis dan menjadi bisnis menjanjikan meskipun dengan modal yang minim.

Yang terpenting adalah bagiamana perencanaan dan pengelolaan bisnis kecil-kecilan tersebut agar bisa terus konsisten dan mampu bersaing dengan berbagai produk dan jasa yang terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.