Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

asuransi pendidikan

Menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak sejak dini adalah hal yang sangat baik apabila bisa diterapkan oleh orang tua.

Dengan mempersiapkan dana khusus untuk mengatur pendidikan anak di masa depan, maka pendidikan anak akan terjamin meskipun kelak orang tua akan mengalami suatu permasalahan yang mengganggu keseimbangan keuangan.

Salah satu cara dalam mempersiapkan dana untuk pendidikan sang buah hati yakni dengan menggunakan asuransi pendidikan.

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Pendidikan merupakan salah satu unsur yang akan mempengaruhi keberhasilan sang anak di masa depan.

Pendidikan anak akan berperan dalam meningkatkan pengetahuan anak, pola pikir anak, serta yang terpenting adalah menyertifikasi hasil belajar anak, yakni melalui ijazah kelulusan.

Meskipun kesuksesan seseorang bisa diperoleh dan dipengaruhi oleh berbagai hal, namun pendidikan formal merupakan hal dasar yang penting untuk dimiliki oleh seseorang.

Terlebih lagi, faktanya Indonesia termasuk ke dalam negara yang pendidikan para penduduknya masih minim jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Anak

asuransi pendidikan manulife

Asuransi pendidikan adalah salah satu produk dari asuransi yang khusus mengurus kebutuhan pendidikan anak di masa depan.

Seperti yang terjadi saat ini, biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan antara 10 sampai dengan 20 persen, sehingga apabila orang tua tidak berusaha mempersiapkan dananya sejak awal, salah satunya adalah dengan fasilitas tadi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kelak pendidikan sang anak dapat terputus.

Meskipun saat ini telah banyak lulusan sarjana, namun tidak sedikit pula anak-anak yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya dengan alasan adanya permasalahan ekonomi.

Banyak orang tua yang tidak menyiapkan dana pendidikan untuk anaknya di masa depan, sehingga ketika ada masalah yang terjadi tiba-tiba di masa depan, orang tua hanya akan pasrah dan memutuskan untuk mengakhiri pendidikan anak karena tak mampu membiayai pendidikan sang anak tersebut.

Asuransi pendidikan akan berperan dalam menjamin tetap berlangsungnya pendidikan anak dengan akan membiayai pendidikan sang anak di masa depan.

Terlebih lagi apabila orang tua mengalami suatu permasalahan seperti kecelakaan dan meninggal dunia, maka insurance company akan menanggung seluruh biaya pendidikan anak.

Jadi, meskipun orang tua sedang mengalami permasalahan kesehatan atau bahkan meninggal dunia yang mana tentu saja perekonomian menjadi tidak seimbang, maka pendidikan anak dapat terus berlangsung karena telah mendapatkan jaminan dari layanan dan fasilitas yang sebelumnya telah diikuti oleh orang tuanya. Oleh sebab itu, antisipasi sedari awal sangatlah penting bagi masa depan anak.

Perbedaan Asuransi Pendidikan dengan Tabungan Pendidikan

asuransi pendidikan anak bri

Sebagian orang masih belum memahami mengenai asuransi pendidikan dan masih bingung untuk membedakannya dengan tabungan pendidikan.

Meskipun tujuannya sama, yakni mempersiapkan dana pendidikan untuk sang anak di masa depan, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat nyata.

Asuransi Pendidikan

Merupakan jenis produk keuangan yang dikeluarkan dan dijalankan oleh perusahaan asuransi, bukan dijalankan oleh bank.

Peran bank di sini hanyalah sebagai penyalur atau agen dari perusahaan jasa asuransi tersebut. Asuransi pendidikan juga dapat berfungsi sebagai investasi, di mana hasil dari keuntungannya tergantung pada instrumen yang telah dipilih, di antaranya ada reksa dana, pasar uang, saham, dan obligasi.

Masing-masing investasi asuransi pendidikan ini akan memberikan keuntungan yang berbeda-beda. Namun demikian, di balik keuntungannya yang berlipat, terdapat berbagai resiko yang cukup tinggi, sehingga orang tua harus pintar-pintar memilih jenis produk investasi tersebut.

Selain itu, yang membedakan dengan tabungan pendidikan adalah, asuransi pendidikan ini dapat memberikan nilai perlindungan atau nilai proteksi yang tidak terbatas.

Sebab, semua itu akan dipengaruhi oleh besaran premi yang dibayarkan tiap bulannya dalam mengikuti program asuransi pendidikan tersebut.

Tabungan Pendidikan

Merupakan produk yang dikeluarkan dan dijalankan oleh pihak bank, di mana tabungan ini termasuk ke dalam tabungan berjangka.

Tabungan pendidikan termasuk tabungan dana yang telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Dengan di bawah naungan Lembaga Penjamin Simpanan ini, meskipun bank tempat kita menabung mengalami permasalahan dan akhirnya bangkrut, maka uang yang kita tabung akan tetap aman dan bisa kita peroleh kembali.

Pada dasarnya, tabungan pendidikan adalah cara yang ideal untuk menjaga keutuhan modal agar bisa digunakan untuk pendidikan sang anak di masa depan.

Berbeda dengan asuransi pendidikan yang pada dasarnya digunakan untuk simpanan sekaligus pelindung dan investasi.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan yang Tepat untuk Anak

asuransi pendidikan anak terbaik

Dalam menggunakan produk asuransi pendidikan dari suatu perusahaan, kita dapat mendapatkan berbagai keuntungan, namun di lain sisi juga terdapat resiko yang dapat kita alami.

Oleh karena itu, dalam memilih setiap produk yang tepat untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan, orang tua harus memperhatikan dan memahami berbagai hal.

Beberapa hal yang harus dipahami oleh orang tua di antaranya:

Mengenali Detail Produk Asuransi Pendidikan

Produk tersebut, pada umumnya terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi pendidikan murni dan unit link.

Asuransi pendidikan murni merupakan asuransi yang murni untuk mempersiapkan dan menjamin pendidikan anak di masa depan.

Sedangkan pada unit link adalah yang berperan dalam menjamin dan melindungi pendidikan anak di masa depan, serta melakukan investasi.

Oleh karena itu, pada akhirnya selain anak mendapatkan jaminan perlindungan pendidikan anak, maka anak akan bisa mendapatkan hasil dari investasi yang telah diikuti oleh orang tuanya tersebut.

Memahami Berbagai Resiko yang Mungkin dapat Terjadi

asuransi pendidikan axa mandiri

Memahami berbagai resiko dalam menggunakan program asuransi pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Perhatikan berbagai persyaratan atau ketentuan dalam layanan tersebut dengan baik, sehingga pada saat sudah mengikuti layanannya, tidak akan berhenti di tengah jalan.

Ketika menerima polis dari perusahaan asuransi, pahami dengan benar setiap ketentuannya. Jangan sungkan untuk menanyakan apabila ada hal yang masih kurang jelas atau kurang bisa dipahami.

Mengetahui Berbagai Biaya yang Akan Dikenakan

Dalam mengikuti program asuransi pendidikan, seseorang juga harus membayarkan berbagai biaya untuk berbagai hal, seperti biaya premi, biaya administrasi, biaya investasi, denda keterlambatan pembayaran, dan lain sebagainya.

Menyesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Semua fasilitas keuangan yang paling baik tentu saja diinginkan oleh orang tua yang ingin merencanakan pendidikan untuk anaknya di masa depan.

Namun demikian, dalam memilih program yang tepat, orang tua juga harus menyesuaikannya dengan kemampuan finansial.

Sebab, apabila tidak disesuaikan dengan kemampuan, maka bisa saja berhenti di tengah jalan karena alasan tidak mampu membayar premi dan biaya lainnya.

Oleh sebab itu, sebelum memilih dan mengikuti program asuransi pendidikan, maka sebaiknya orang tua melakukan perhitungan terlebih dahulu dan menyesuaikan dengan kemampuan finansialnya.

Bukan hanya pendidikan saja, kendaraan kesayangan kita pun seharusnya diasuransikan. Silakan baca artikel 10 perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia untuk mendapatkan referensi bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.